8 Cara Memasak Daging Biar Empuk dengan Cepat, tapi Tetap Hemat Gas

Reporter : Nasa
Kamis, 1 September 2022 18:16
8 Cara Memasak Daging Biar Empuk dengan Cepat, tapi Tetap Hemat Gas
Deretan tips memasak daging sapi cepat empuk berikut ini musti kamu coba

Daging sapi jadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Banyak banget hidangan khas dari berbagai daerah yang menggunakan daging mamalia pemakan rumput yang satu ini.

Mulai dari soto, rawon, semur, sampai dengan hidangan yang pernah dijadikan sebagai olahan daging terenak di dunia, yakni rendang. Ada satu kesamaan di antara olahan-olahan tersebut, yaitu akan semakin lezat jika daging sapinya diolah dengan baik.

Semakin keras atau alot olahan daging sapi, maka bisa dibilang kalau olahan tersebut gagal. Nah, sedih banget kan ya kalo masak daging sapo mahal-mahal tapi gagal. Tenang, ternyata ada banyak tipsnya yang bisa kamu terapkan untuk membuat olahan daging jadi empuk dan enak.

Ini dia deretan tips atau cara memasak daging sapi cepat empuk tapi tetap hemat gas:

1 dari 8 halaman

Cara Memasak Daging Biar Empuk dengan Cepat

Ternyata ada banyak sekali cara efektif untuk membuat daging jadi empuk dengan cepat. Menariknya, deretan cara berikut ini dijamin bisa kamu menghemat penggunaan gas, sehingga proses memasak daging jadi lebih efisien dan praktis.

1. Daun Pepaya

Cara Memasak Daging Biar Empuk © Diadona

Cara pertama yang cukup sederhana adalah dengan menggunakan daun pepaya. Daging sapi yang sudah dibersihkan diolesi dengan daun pepaya yang sudah diremas-remas dan keluar getahnya, lalu diamkan selama beberapa saat.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan daun pepaya saat merebus daging sapi dengan air mendidih selama beberapa saat. Tak hanya daunnya, getah pada pepaya muda juga bisa kamu gunakan untuk melunakkan daging sapi loh, Diazens.

2 dari 8 halaman

2. Buah Nanas

Cara Memasak Daging Biar Empuk © Diadona

Selain menggunakan daun pepaya, kamu bisa menggunakan potongan buah nanas segar. Saat merebus daging kamu bisa menambahkan potongan daun nanas seukuran jari. Jangan menggunakan potongan nanas terlalu banyak ya, satu atau dua potong nanas bisa digunakan untuk 1-2kg daging.

Jika terlalu banyak menambahkan potongan buah nanas, maka daging yang diolah kemungkinan akan cepat hancur.

3 dari 8 halaman

3. Bubuk Pengempuk Daging

Cara Memasak Daging Biar Empuk © Diadona

Nah, kalau kamu gak mau ribet mencari bahan tambahan untuk mengolah daging, kamu bisa membeli bubuk pengempuk daging yang bisa kamu beli di pasar atau toko bahan pangan. Pakai sesuai instruksi yang tertera pada kemasan ya.

4 dari 8 halaman

4. Potong Daging dengan Tepat

Cara Memasak Daging Biar Empuk © Diadona

Hal yang tak boleh terlewat saat mengolah daging adalah cara pemotongan yang tepat. Usahakan untuk memotong daging sapi mengikuti seratnya. Kemudian yang perlu kamu lakukan adalah merebus daging dengan tepat, dengan mengecilkan api saat air rebusan mulai mendidih. Lalu, tunggu, hingga matang.

5 dari 8 halaman

5. Teknik 5-30-7

Cara Memasak Daging Biar Empuk © Diadona

Cara yang satu ini juga patut kamu coba, yakni menggunakan teknik 5-30-7 agar daging cepat empuk. Caranya, rebus daging dengan air mendidih selama 5 menit, matikan kompor dan tutup panci untuk merebus daging selama 30 menit kemudian rebus lagi daging selama 7 menit.

6 dari 8 halaman

6. Daun Jeruk dan Cuka

Cara Memasak Daging Biar Empuk © Diadona

Cara membuat daging biar empuk dengan cepat juga bisa kamu lakukan dengan menambahan daun jeruk pada rebusan pertama. Untuk 500 gram daging sapi, kita bisa menggunakan 3 lembar daun jeruk. Rebus selama sekitar 10 menit, lalu tiriskan daging. Lalu perebusan kedua, tambahkan 2 sdm cuka masak dalam air rebusan.

Dengan cara ini, daging bisa dengan cepat empuk dan lembut

7 dari 8 halaman

7. Gunakan Presto

Cara Memasak Daging Biar Empuk © Diadona

Kalau kamu punya alat presto di rumah, bisa gunakan cara yang satu ini untuk membuat daging jadi empuk. Umumnya 1-2 kg daging akan cepat empuk jika dipresto selama 30 menit setelah uap panasnya berbunyi.

Jika ingin membuat air kaldu sekalian, tambahkan air lebih banyak satu cm dari air yang sudah merendam daging

8 dari 8 halaman

8. Diamkan pada Suhu Ruangan

Cara Memasak Daging Biar Empuk © Diadona

Jika kamu memiliki stok daging yang sudah disimpan dalam lemari pendingin, ada baiknya jangan langsung diolah. Diamkan dalam suhu ruang terlebih dahulu, setidaknya selama 30 menit atau sesuai dengan kondisi daging ya.

Itu dia deretan cara memasak daging biar empuk dengan cepat yang sudah dihadirkan sama Diadona. Kamu bisa coba cara-cara tersebut sesuai dengan kebutuhan hidangan yang akan kamu buat ya. Selamat mencoba!

Beri Komentar