Resep Tomyam Seafood ala Thailand, Bisa Dicoba di Rumah nih!

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 3 Agustus 2022 12:00
Resep Tomyam Seafood ala Thailand, Bisa Dicoba di Rumah nih!
Resep Tomyam ini bisa banget dicoba pas cuaca lagi dingin-dingin kayak gini.

Siapa yang suka makan Tomyam? Tentunya banyak ua yang suka makana khas Thailand ini. Bagi yang belum tahu, Tomyam ini adalah Hidangan yang identik dengan kuah kaldu berwarna merah ini memiliki cita rasa asam, pedas, dan gurih. Pingin tahu resep tomyam ini nggak? hehehe

Resep Tomyam ini umumnya nggak pernak luput dari rempah-rempah dan juga bumbu seperti bawang putih, serai, jahe, lengkuas, cabai, ketumbar, jeruk nipis, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk isiannya, Tomyam banyak menggunakan makanan seafood.

Resep Tomyam ini mulai dari bahan-bahan yang dibutuhkan dan juga cara membuatnya cukuplah mudah. Berikut Diadona.id merangkum beberapa resepnya dari berbagai sumber. Jadi, yuk simak beberapa resep di bawah ini.

1 dari 5 halaman

1. Resep Tomyam Seafood

Resep TomyamResep Tomyam © Shutterstock.com

Nih resep tomyam seafood ini pastinya cocok untuk kamu yang memasak skala rumahan alias sederhana banget. Tapi rasanya bisa diadu ya guys ya.

Bahan-bahan:

  • 5 ekor udang
  • 5 buah bakso ikan
  • 5 buah crab stick
  • 8 buah jamur kancing
  • 1 batang daun bawang
  • 8 buah cabai rawit
  • 400 ml air
  • ½ buah perasan jeruk lemon
  • Kaldu jamur, garam, dan gula secukupnya

Bumbu utuh:

  • 1 batang serai, geprek
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 1 ruas jahe, geprek
  • 4 lbr daun jeruk
  • 3 lbr daun salam

Bahan bumbu halus:

  • 4 buah cabai keriting
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara membuat:

1. Rebus air di dalam panci.

2. Sembari menunggu air mendidih, kamu bisa menumis bumbu halus dengan sedikit minyak. Jangan lupa juga tambahkan bumbu utuh tumis hingga harum.

3. Lalu, masukkan bumbu yang telah ditumis ke dalam air yang mendidih.

4. Jika sudah, tambahkan udang, cabai rawit utuh, bakso ikan, dan jamur kancing.

5. Tambahkan bumbu seperti garam, kaldu jamur dan gula.

6. Masukkan perasan jeruk lemon. Masak hingga mendidih.

7. Terakhir masukkan crab stick dan irisan daun bawang.

8. Terakhir tinggal koreksi rasa aja. Jika sudah pas sesuai selera angkat dan sajikan selagi hangat.

2 dari 5 halaman

2. Resep Tomyam Udang dan Cumi

Resep Tomyam Udang dan CumiResep Tomyam Udang dan Cumi © Sajian Sedap

Jika kamu ingin membuat tomyam dengan isian khusus sesuai selera kmu juga bisa banget loh. Misalnya resep tomyam dengan isian udang dan cumi.

Bahan tom yam (4 porsi):

  • 1 liter air kaldu udang
  • 3 batang serai, digeprek
  • 3 cm jahe, digeprek
  • 2 buah jeruk nipis diambil airnya
  • 5 lembar daun jeruk
  • 300 gr udang, kupas kulitnya
  • 200 gr cumi dibersihkan tinta hitamnya & dipotong seperti cincin
  • Minyak untuk menumis

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabai keriting

Cara membuat:

1. Cuci bersih kulit dan kepala udang, rebus dalam 1,5 liter air sampai mendidih. Saring dan ambil satu liter air kaldu udang, sisihkan.

2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Msukkan serai, daun jeruk dan jahe. Aduk rata.

3. Masukkan udang, masak sebentar hingga berubah warna. Lalu, tuang air kaldu udang dan masukkan cumi.

4. Bumbui dengan garam, merica bubuk, dan gula. Masukkan cabai rawit. Kemudian masak hingga mendidih dan bahan matang. Koreksi rasa.

5. Sesaat sebelum diangkat, masukkan air jeruk nipis. Matikan api. Angkat dan sajikan saat masih hangat.

3 dari 5 halaman

3. Resep Tomyam Sederhana

Resep Tomyam memang bisa dibilang cukup ribet sih dari makanan kuah lainnya. Tapi jangan khawatir, ada kok resep sederhana yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan:

  • 1 liter air
  • secukupnya baun jeruk
  • 2 btr bawang uptih, bagi 2 bulatan
  • 6 bawang merah, bagi 2 bulatan
  • 5 cm lengkuas, geprek
  • 4 btg serai, geprek
  • 500 gr udang, buang sungut
  • 250 gr jamur tiram dan kancing
  • 2 bh tomat potong-potong
  • 2 sdm kecap ikan
  • 10-20 buah cabe merah, blender
  • secukupnya garam
  • Secukupnya daun ketumbar
  • Secukupnya air jeruk nipis

Cara membuat:

1. Masak air kuah dgn bumbu tomyam, lalu masukan daun jeruk, bawang, serai, lengkuas, tomat, blender cabe merah. Masak dgn api sedang, hingga mendidih dan wangi, koreksi rasa.

2. Siapkan udang, jamur, daun ketumbar, jeruk nipis.

3. Masukkan udang, masak sebentar saja agar tidak mengeras atau alot. Jangan lupa campurkan jamur. Tinggal tuang ke mangkuk dan siap disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Resep Tomyam Tahu

Resep Tomyam TahuResep Tomyam Tahu © Pinterest.com

Resep tomyam tahu juga bisa kamu coba loh. Ini nggak kalah bergizi kok dengan isian tomyam yang lain.

Bahan-bahan:

  • 250 gr tahu putih
  • 12 buah bakso belah jadi dua
  • 3 buah wortel
  • 100 gr udang
  • 2 batang bawang daun
  • 1 buah tomat
  • 1 genggam kemangi
  • Bumbu-bumbu
  • 7 buah cabe merah buang bijinya
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 buah jeruk nipis, peras ambil airnya
  • 1 sendok makan kaldu rasa jamur
  • 1/2 sendok makan kaldu rasa ayam/sapi
  • Sesuai selera garam
  • 800 ml air atau sesuai selera

Cara membuat:

1. Rebus Tahu selama 5 menit, angkat lalu tiriskan dan sisihkan dahulu.

2. Rebus Bakso selama 5 menit, angkat lalu tiriskan dan sisihkan juga.

3. Cuci bersih udang

4. Potong-potong wortel sesuai selera dan juga bawang daun serta jangan lupa tomat.

5. Lanjut, haluskan cabe merah, bawang putih dan bawang merah dengan menggunakan chopper atau ulekan ya guys ya.

6. Siapkan wajan yang diberi minyak secukupnya, tumis bumbu yang dihaluskan pada langkah sebelumnya tadi.

7. Kemudian masukkan udang, Tumis bumbu dan udang hingga tanak. Masukkan air, kaldu rasa jamur, kaldu rasa ayam/sapi, dan garam secukupnya.

8. Kemudian, masukkan wortel. Setelah wortel empuk, masukkan bakso, dan tahu. Masak hingga matang.

9. Terakhir, masukkan air perasan jeruk nipis, daun bawang, tomat dan kemangi.

10. bon appétit, tomyam siap untuk disajikan.

Jadi itu ya Diazens, beberapa resep tomyam yang bisa kamu coba untuk kreasikan. Kalau kamu punya resep tomyam yang lebih yahud, kamu bisa bagikan di kolom komentar ya!

5 dari 5 halaman

Beri Komentar