16 Manfaat Terong Ungu Goreng untuk Wanita, Ibu Hamil dan Kesehatan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 19 Januari 2021 20:07
16 Manfaat Terong Ungu Goreng untuk Wanita, Ibu Hamil dan Kesehatan
Manfaat terong ungu yang banyak banget ini membuktikan kalau nggak perlu sayuran mahal untuk bisa makan makanan sehat. Eh, tapi perhatikan cara memasaknya juga ya!

Manfaat terong ungu untuk kesehatan beragam banget lho karena kandungan serat, rendah kalori namun kaya antioksidan ini. Wah, penikmati terong kegirangan banget nih!

Terong bisa diolah sebagai tambahan sayuran untuk lalapan, disayur dengan tambahan santan, atau tumis bumbu balado. Harganya murah banget dan mudah ditemui. Meski banyak yang suka, namum nggak sedikit orang yang nggak nyaman dengan rasa pahit terong yang dihasilkan dari kandungan polifenolnya. Tapi dengan cara memasak yang tepat, rasa pahit ini bisa dengan sedikit hilang dan digantikan dengan rasa manis.

Mau tahu apa aja manfaat terong ungu untuk kesehatan? Simak ulasan Diadona berikut yuk!

1 dari 4 halaman

Manfaat Terong Ungu untuk Wanita

Manfaat Terong UnguManfaat Terong Ungu © 2021 snaped.fns.usda.gov/

Dikutip dari berbagai sumber, seperti ini nih manfaat terong ungu untuk wanita

Membantu Mengobati Anemia

Kekurangan zat besi merupakan salah satu akar penyebab anemia. Makanya nih dokter menyarankan diet kaya zat besi untuk memerangi anemia.

Dan tahu nggak sih kalau terong ungu mengandung sekitar 0,2 mg zat besi per 100 gram. Sayuran bergizi ini juga kaya tembaga lho. Kedua mineral ini secara aktif dan efektif bersama-sama membantu produksi dan distribusi sel darah merah yang tepat, sehingga meningkatkan energi dan tingkat hemoglobin.

Wah, manfaat terong ungu ini cocok banget untuk kamu yang sedang menstruasi dan berisiko terkena anemia.

Kesehatan Jantung

Serat, kalium , vitamin C, vitamin B-6, dan antioksidan yang terkandung dalam terong ungu semuanya berperan dalam mendukung kesehatan jantung. Manfaat terong ungu ini disamakan dengan hasil penelitian tentang konsumsi blueberry dan strawberry sebagai sumber antosianin.

Nah antosianin ini ada dalam kandungan terong ungu bersama dengan nasunin, lutein, dan zeaxanthin. Asupan antosianin ini juga tampaknya berkaitan dengan tekanan darah yang lebih rendah.

2 dari 4 halaman

Manfaat Terong Ungu untuk Ibu Hamil

Manfaat Terong UnguManfaat Terong Ungu © 2021 tasteofhome.com/

Ngomongin makanan yang boleh atau nggak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, terong ungu berada dalam kelompok sayuran yang boleh banget dikonsumsi oleh ibu hamil. Meski begitu ingat yah kalau jumlahnya nggak boleh berlebihan.

Terong ungu punya kandungan rendah lemak jenuh dan kolesterol. Juga terdapat kandungan serat makanan, vitamin K, thiamin, folat, piridoksin, kalium, fosfor, dan magnesium.

Gimana manfat terong ungu untuk kehamilan? Simak uraian Diadona dari Mom Juction berikut ini yuk!

Mengandung Folat

Tahu kan kalau folat bagus banget untuk perkembangan otak dan kemampuan kognitif pada bayi. Folat juga dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf dan membantu perkembangan sel darah merah.

Membantu Mengantur Kadar Gula dalam Darah

Terutama bagi ibu hamil yang punya risiko terkena diabetes gestasional, manfaat terong ungu ini bagus banget untuk mengontrol kenaikan kadar gula.

Membantu Mengatur Keseimbangan Elektrolit

Mengutip dari Parenting Firstcry, terong kaya akan berbagai mineral seperti magnesium, zat besi, kalium, tembaga, kalsium, fosfor, seng, dan mangan. Mineral ini bersama-sama membantu mengatur keseimbangan elektrolit tubuh dan mengatur suplai darah pada ibu dan bayi.

Mendukung Pencernaan Ibu Hamil

Ibu hamil emang rawan sembelit. Tapi tenang aja, salah satu manfaat terong ini adalah bisa meredakan sembelit dan meningkatkan penyerapan nutrisi

Mengatur Tekanan Darah

Bioflavonoid yang ada dalam terong cenderung mengontrol tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan mencegah risiko komplikasi kesehatan selama kehamilan

Sayangnya selain punya manfaat, terong ungu ternyata juga punya risiko dan efek samping untuk ibu dan juga janin yang dikandungnya nih. Apa saja?

Membuat Bayi Lahir Prematur

Sama seperti buah atau sayuran lainnya, terong harus dicuci sampai bersih sebelum dimasak. Ini karena terong tumbuh di tanah yang kaya akan toksoplasmosis yang diketahui menyebabkan persalinan prematur.

Meningkatkan Keasaman

Terong ungu diketahui bisa meningkatkan keasaman pada ibu hamil dan bikin mereka merasa cemas dan nggak nyaman. Tapi efeks amping terong ungu ini baru terjadi ketika mengkonsumsinya secara berlebihan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Terong Ungu Goreng

Manfaat Terong UnguManfaat Terong Ungu © 2021 sinceindependence.com/

Salah satu olahan terong yang paling dikenal adalah terong goreng. Irisan terong digoreng di minyak panas untuk dimakan bersama dengan lalapan atau dibumbui balado untuk mengahsilakn terong balado yang nikmat.

Tapi, gimana dengan manfaat terong ungu untuk kesehatan?

Terong ungu punya kalori yang rendah dan juga kandungan serat yang lumayan. Menggorengnya bakalan meningkatkan jumlah kalori dalam terong dan nggak cocok untuk kamu yang lagi diet.

Selain itu antioksidan yang menjadi keunggulan terong tersebut rentan rusak karena perlakuan panas tinggi, sehingga bila kamu ingin mendapatkan manfaat terong ungu karena kandungan antioksidannya, oalh terong dengan waktu dan suhu seminimal mungkin.

4 dari 4 halaman

Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan

Manfaat Terong UnguManfaat Terong Ungu © 2021 momjunction.com/

Lebih lanjut mengenai manfaat terong ungu nih!

Menurunkan Kolesterol Darah

Asam klorogenat, yakni antioksidan utama yang ada pada terong bermanfaat untuk menurunkan kadar lipoprotein densitas rendah atau kolesterol " jahat" , dan mengurangi risiko penyakit hati berlemak non-alkohol.

Pencegahan Kanker

Antosianin dan asam klorogenat pada terong mampu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Cara kerjanya adalah dengan mencegah pembentukan pembuluh darah baru di tumor, mengurangi peradangan, dan memblokir enzim yang membantu penyebaran sel kanker. Manfaat terong ungu dalam jangka panjang berarti bisa mencegah pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker.

Manajemen Berat Badan

Mengkonsumsi makanan tinggi serat dan rendah kalori adalah cara yang baik untuk kamu yang pengen menurunkan berat badan dan ini adalah salah satu manfaat terong ungu lho.

Sayangnya manfaat terong ungu untuk menjaga berat badan nggak sesuai kalau kamu makannya terong ungu goreng. Ini karena terong bisa menyerap banyak minyak yang berkontribusi sama kesehatan kamu.

Bagus untuk Kesehatan Mata

Ini karena terong mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang berperan dalam kesehatan mata dan membantu mencegah degenerasi makula karena usia.

Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Terong ungu punya serat yang lumayan tinggi sehingga bisa melewati sistem pencernaan secara utuh. Nah serat ini bisa menurunkan gula darah dengan cara laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh. Kalau gula lambat diserap, maka kadar gula dalam darah jadi lebih stabil trsu mencegah terjadinya lonjakan dalam kadarnya.

Manfaat terong ungu dalam menjaga gula darah ini juga didapat dari kandungan polifenolnya yang mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin. Kedua hal ini punya peran penting dalam membantu menurunkan gula darah

Menjaga Fungsi Kognitif Tubuh

Nasunin, yakni antosianin pada kulit terong dapat membantu melindungi membran sel otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Nasunin juga membantu mengangkut nutrisi ke dalam sel dan mengeluarkan limbah lho.

Penelitian tentang manfaat terong ungu ini juga membuktikan bahwa nasunin dapat mengurangi pemecahan lemak di otak, suatu proses yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Rasanya Enak dan Harganya Murah

Manfaat terong ungu yang banyak akan semakin mudah dimasukkan ke dalam tubuh karena rasanya yang enak. Coba deh kamu cari resep terong, pasti kamu bakalan nemuin banyak banget olahan terong yang sesuai dnegan lidah, mulai dari terong balado, terong goreng hingga terong bakar. Harganya juga murah banget serta gampang ditemui di pasar.

Manfaat terong ungu yang banyak banget ini membuktikan kalau kamu nggak perlu sayuran mahal untuk bisa mengkonsumsi makanan sehat. Eits, tapi perhatiakn jumlah dan cara pengolahannya ya!

 

Beri Komentar