10 Manfaat Telur Puyuh untuk Ibu Hamil dan Bayi Sebagai Pengganti Telur Ayam

Reporter : Sheila Fathin
Jumat, 7 Mei 2021 16:39
10 Manfaat Telur Puyuh untuk Ibu Hamil dan Bayi Sebagai Pengganti Telur Ayam
walaupun kecil, telur puyu punya kandungan yang lebih besar daripada telur ayam

Manfaat telur puyuh untuk ibu hamil dan bayi sangat membantu untuk asupan nutrisi mereka. Telur puyuh walau kecil merupakan makanan yang paling sering dikonsumsi oleh banyak orang. Telur puyuh ini biasanya diolah menjadi berbagai macam makanan lezat yang disukai oleh anak-anak.

Berbicara tentang nutrisi yang terkandung di dalam telur puyuh menyediakan sebagian besar kebutuhan vitamin B12, selenium, riboflavin, dan kolin. Satu porsi telur puyuh mengandung sekitar 14 kalori. Untuk tahu lebih lanjut manfaat telur puyuh bagi ibu hamil dan bayi, kamu bisa simak artikel di bawah ini, ya!

1 dari 2 halaman

Manfaat Telur Puyuh untuk Ibu Hamil

10 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Cocok Buat yang Alergi Telur Ayam10 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan, Cocok Buat yang Alergi Telur Ayam © Shutterstock

Kaya Nutrisi untuk Ibu Hamil

Telur puyuh jika dibandingkan dengan telur ayam memiliki kandungan gizi yang lebih baik. Telur puyuh mengandung 13% protein dan telur ayam hanya 11%. Telur puyuh sendiri juga memiliki hampir 3 kali lebih banyak vitamin B1, B2 dan vitamin A. Terdapat data penelitian yang mengatakan telur puyuh kaya akan vitamin E, asam amino, asam lemak, zat besi, dan seng. Sehingga, kandungan nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya. 

Membantu Mencegah Diabetes

Ternyata, manfaat telur puyuh untuk ibu hamil ini bisa menangani diabetes. Telur puyuh dapat menurunkan kadar glukosa darah dan kreatinin. Telur puyuh juga memberikan manfaat yang baik pada fungsi ginjal.  Telur puyuh memiliki indeks glikemik yang rendah. Dengan demikian, ia melepaskan gula secara perlahan ke dalam darah, yang membantu mengatur kadar glukosa darah.

Membantu Mengurangi Risiko Anemia

Ibu hamil sering kali mengalami anemia karena kelelahan. Dengan mengonsumsi telur puyuh yang memiliki kandungan zat besi untuk meningkatkan kadar darah merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Manfaat telur puyuh ini dapat mengurangi anemia karena kandungan zat besinya. Selain itu kandungan kalium yang lima kali lebih banyak daripada telur ayam dapat meningkatkan sistem peredaran ibu hamil.

Meredakan Rasa Sakit pada Perut

Telur puyuh mengandung antioksidan dan asam amino. Manfaat telur puyuh dapat mengembalikan sel mukosa lapisan lambung dan telur puyuh diklaim dapat membantu mengobati gangguan perut seperti sakit perut dan maag. 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Metabolisme

Mengandung antioksidan dan vitamin B1, manfaat telur puyuh dapat meningkatkan metabolisme karena terlibat dalam berbagai proses seluler, seperti pertumbuhan sel dan regulasi sel. Leusin, asam amino yang penting dalam menjaga sistem kekebalan yang kuat, juga ditemukan dalam telur puyuh. 

Membantu Mengurangi Kolesterol Dan Resiko Penyakit Jantung

Telur puyuh mengandung sekitar 60% lemak esensial, yaitu high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Lemak sehat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Kelebihan low-density lipoprotein (LDL) dapat menyumbat arteri dan menyebabkan aterosklerosis. Manfaat telur puyuh untuk ibu hamil jika ditarik garis dari segi kandungannya dapat membantu mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung. 

Telur Puyuh Membantu Selama Masa Kehamilan

Telur puyuh bermanfaat bagi wanita hamil karena mengandung kolin dan vitamin B12 dalam jumlah tinggi. Kolin penting untuk perkembangan otak janin. Telur ini juga kaya protein dan nutrisi penting seperti seng, selenium, dan zat besi.

Manfaat Telur puyuh bagus untuk dikonsumsi oleh wanita selama dan setelah kehamilan karena dipercaya baik untuk menyusui. Efek telur puyuh untuk menyusui menunjukkan bahwa kandungan kolesterolnya tinggi, tapi mereka tidak mempengaruhi profil lipid atau berat badan. Dibandingkan dengan telur ayam, yang dapat membawa infeksi seperti salmonella, telur puyuh adalah alternatif yang lebih aman. Namun, telur puyuh mentah sebaiknya dihindari selama kehamilan.

2 dari 2 halaman

Manfaat Telur Puyuh untuk Bayi

Manfaat Telur PuyuhManfaat Telur Puyuh © 2021 en.farmforage.com

Selain itu, terdapat manfaat telur puyuh juga untuk bayi. Apa saja?

Tidak Menimbulkan Alergi

Memiliki jumlah protein ovomucoid yang baik, manfaat telur puyuh untuk bayi ini memiliki protein khusus sebagai obat anti alergi. Jika menunda memperkenalkan telur kepada anak  karena takut alergi telur, maka telur puyuh adalah pilihan yang lebih baik. Telur puyuh tidak menyebabkan alergi telur seperti telur ayam.

Tidak Mengandung Bakteri Salmonella

Manfaat telur puyuh untuk bayi adalah tidak mengandung bakteri salmonella. Bakteri salmonella biasanya ada di dalam telur yang mentah atau setengah matang dan bakteri ini tidak baik karena bisa menyebabkan tifus. 

telur puyuh aman dari bakteri salmonella karena suhu tubuh butuh burung puyuh lebih tinggi dibandingkan dengan ayam. Selain itu, lisosom adalah enzim yang ditemukan dalam telur puyuh dan dapat membunuh bakteri. Ini membuat mereka lebih kecil kemungkinannya untuk terkontaminasi dan terinfeksi dibandingkan dengan telur ayam.

Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa untuk Bayi

Manfaat telur puyuh bagi kesehatan sangat banyak, apalagi untuk bayi. Telur puyuh dianggap sebagai obat berbagai penyakit. Telur puyuh berhasil mengobati berbagai penyakit antara lain asma, penyakit metabolisme, maag, gangguan sistem saraf dan lain sebagainya.

Manfaat telur puyuh untuk ibu hamil dan bayi sangat bermanfaat sekali karena bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Apalagi ibu hamil sangat membutuhkan asupan makanan yang sehat untuk janin di dalamnya.

 

Beri Komentar