13 Resep Cumi Asin Pedas dan Sedap dengan Berbagai Olahan beserta Tips Agar Tidak Alot

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 2 Agustus 2022 11:02
13 Resep Cumi Asin Pedas dan Sedap dengan Berbagai Olahan beserta Tips Agar Tidak Alot
Resep cumi asin yang sedap bakalan terasa kurang tanpa kamu tau gimana cara agar tekstur bahan ini tidak alot dan keras, bukan?

Seperti namanya, cumi asin adalah cumi yang diproses dengan garam kering untuk menghilangkan kadar air sehingga lebih awet. Sebelum diolah dengan berbagai resep cumi asin, bahan ini direndam atau direbus terlebih dahulu untuk mengembalikan teksturnya yang kenyal dan nikmat.

Sama halnya ikan asin, cumi asin memiliki rasa khas asin yang membuat kamu harus hati-hati ketika mengolahnya. Biasanya sih biar makin nikmat, olahan cumi asin biasanya terdiri dari resep cumi asin yang pedas dengan sambal merah atau hijau dengan penambahan pete, kemangi, dan lainnya.

Bila tak dimasak dnegan benar, tekstur cumi asin bisa alot dan cenderung keras lho. Nah ini dia tips dan trik dalam mengolahnya.

  • Agar tidak alot, rendam cumi asin di air panas selama kurang lebih 15 menit. Lanjutkan dengan cuci dengan air dingin mengalir.
  • Mencuci cumi dengan air panas untuk menghilangkan aroma
  • Tutup wajan saat menggoreng cumi karena akan meletup-letup
  • Jangan memasak cumi terlalu lama karena pada dasarnya cumi ini sudah matang.
  • Goreng cumi terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu agar aroma tidak sedap dari cumi berkurang
  • Dalam resep cumi asin, perhatikan penggunaan garam karena cumi sudah asin

1 dari 13 halaman

Resep Cumi Asin Pete

Resep Cumi Asin PeteResep Cumi Asin Pete © youtube.com/c/WilliamGozaliChannel

Sudah bisa menebak bagaimana sedapnya resep cumi asin yang satu ini?

 Bahan :

  • 250 gram cumi asin
  • 2 tangkai pete
  • 150 gram jamur merang / jamur tiram
  • 1 tomat iris
  • 5 cabe rawit
  • 1 sdt gula
  • 1/2 gula merah

Pewangi / Aroma :

  • 1 sereh geprek
  • 1 ruas lengkuas
  • 5 daun jeruk
  • 2 daun salam

Bumbu Dihaluskan :

  • 20 cabe merah keriting
  • 1 blok kecil terasi abc
  • 10 bawang merah
  • 5 bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt micin jika suka / totole
  • Minyak secukupnya utk menumis. ( 5 sdm )

Cara membuat resep cumia asin ini ada di video berikut ya!

2 dari 13 halaman

Resep Cumi Asin Pete dan Kemangi

Resep Cumi Asin Pete dan KemangiResep Cumi Asin Pete dan Kemangi © Youtube.com/Reza in Holland

Pete dan kemangi? Wah, dua bahan ini adalah penghasil rasa dan aroma makanan yang eksotis. Dipadukan dengan resep cumi asin maka akan menghasilkan sajian yang nggak akan bisa kamu tolak.

Bahan :

  • cumi asin, cuci bersih
  • bawang merah
  • bawang putih
  • cabe ijo
  • cabe merah
  • laos
  • daun salam
  • daun jeruk
  • tomat
  • pete
  • kemangi
  • garam, kaldu dan gula

Cara membuat :

  • Iris tipis bawang merah dan cabe
  • Geprek loas dan potong dadu tomat
  • Tumis sampai benar benar wangi,masukan daun jeruk dan daun salam
  • Tambahkan tomat dan kemangi
  • Masukan kaldu bubuk
  • Tambahkan cumi ,aduk sebentar lalu diangkat

3 dari 13 halaman

Resep Cumi Asin Sambal Hijau Tahan 6 Bulan

 Resep Cumi Asin Sambal Hijau Tahan 6 BulanResep Cumi Asin Sambal Hijau Tahan 6 Bulan © Youtube.com/Ade Koerniawan

Sedap dan nikmatnya cumi asin pedas bikin sajian ini laris manis di meja makan atau sebagai menu berjualan. Salah satu tantangan dalam membuat bisnis sambal cumi, selain punya resep cumi asin yang endeus kamu juga harus tau cara gimana agar masakan kamu tahan lama. Nah, di akun youtubenya, Ade Koerniawan membagikan resep dan juga caranya:

Bahan :

  • 150 gram cumi asin
  • 100 gram cabe rawit ijo
  • 100 gram cabe keriting hijau
  • 100 gram bawang merah
  • 50 gram bawang putih
  • 10 lbr daun jeruk
  • 1 genggam daun kemangi
  • 200 ml minyak
  • 2 sdm kaldu jamur
  • 1/4 sdm garam
  • 1/2 sdm gula
  • 1/4 sdt merica bubuk

Pantengin video berikut ini untuk tau gimana cara membuatnya:

4 dari 13 halaman

Resep Cumi Asin Cabe Hijau dan Tomat

Resep Cumi Asin Cabe Hijau dan TomatResep Cumi Asin Cabe Hijau dan Tomat © Instagram/@dapur.uri

Penambahan tomat pada resep cumi asin ini bakalan ngasih rasa asam yang segar banget. Penampilannya juga makin menarik, bukan?

Bahan:

  • 1/4 kg cumi asin cuci bersih
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 butir tomat hijau
  • 5 buah cabai hijau gendut,potong bulat
  • Cabai merah gendut (potong bulat)
  • 10-15 cabai rawit merah
  • Garam dan gula

Cara membuat:

  • Potong-potong cumi sesuai selera, buang plastiknya, cuci bersih, iris semua.
  • Tumis bawang merah, bawang putih, semua cabai, tomat, hingga harum. Masak hingga bumbu hingga harum, masukkan cumi asinnya.
  • Beri air sedikit supaya cumi matang.
  • Terakhir beri sedikit garam dan gula siap sajikan.

5 dari 13 halaman

Resep Cumi Asin Sambal Balado Devina Hermawan

Resep Cumi Asin Sambal BaladoResep Cumi Asin Sambal Balado © Youtube.com/.Devina Hermawan

Nyari resep masakan tak akn lebngkap rasanya bila tak mengunjungi akun Youtube jebolan ajang MasterChef ini. Khusus untuk resep cumi asin, Devina Hermawan ngasih resep cumi asin yang dipadukan dengan sambal balado.

Bahan:

  • 300 gr cumi asin
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 5 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 50 ml minyak
  • 2 buah terasi
  • 30 cabai rawit
  • 8 cabai merah besar
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula
  • 1 sdt penyedap
  • 1 buah jeruk limau

Cara membuat :

  • Rendam cumi dengan air panas, tiriskan. Potong-potong cumi sesuai selera, cuci hingga bersih
  • Panaskan sedikit minyak, tumis cumi dan tutup penggorengan agar cumi tidak meletup-letup. Masak hingga berubah warna, angkat dan tiriskan
  • Untuk bumbu halus. Blender bawang merah, bawang putih, dan minyak hingga halus
  • Untuk bumbu cincang. Masukkan cabai merah, cabai rawit, dan terasi ke dalam food processor. Cincang hingga halus
  • Panaskan pan bekas cumi. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, dan daun salam hingga wangi. Masukkan bumbu cincang dan tumis lagi hingga wangi dengan api sedang
  • Bumbui dengan garam, gula, penyedap, dan jeruk limau. Aduk rata
  • Sambal cumi dapat disimpan hingga 1 minggu dengan dimasukkan ke dalam toples yang sudah disteril ataupun plastik vacuum

6 dari 13 halaman

Resep Cumi Asin Sambal Merah dan Hijau

Resep Cumi Asin Sambal Merah dan HijauResep Cumi Asin Sambal Merah dan Hijau © instagram.com/resepmasakanemakku/

Nggak cuman tampilannya yang menarik tapi rasanya juga dijamin pasti enak!

Bahan:

  • 200 gr cumi asin, rendam air panas hingga lunak, lalu cuci bersih
  • 2 papan petai

Bumbu iris:

  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 2 buah cabe merah besar
  • 2 buah cabe hijau besar
  • 10 buah cabe rawit
  • 2 buah tomat hijau, potong2
  • 3 cm lengkuas, geprek
  • 3 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdt kecap manis
  • Gula, garam, merica, kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  • Panaskan minyak tumis bumbu kecuali tomat hingga harum
  • Masukkan cumi asin,aduk2 sebentar kemudian tambakan sedikit air
  • Bumbui dengan saos tiram, kecap manis, gula, garam, merica dan kaldu bubuk
  • Masukkan pete dan potongan tomat hijau
  • Koreksi rasanya, angkat dan sajikan

7 dari 13 halaman

Resep Cumi ASin Sambal Dabu-Dabu

Resep Cumi ASin Sambal Dabu-DabuResep Cumi ASin Sambal Dabu-Dabu © instagram.com/aras_galeri/

Ciri khas dari sambal dabu-dabu ini adalah irisan tomat dan cabai mentah yang disiram dengan minyak panas. Bagaimana bila dimasak dengan resep cumi asin?

Bahan :

  • 150 gr cumi asin
  • 20 cabe rawit merah
  • 5 cabe ijo kriting
  • 2 cabe merah kriting
  • 8 siung bawang merah
  • 1 tomat merah
  • 1 jeruk nipis
  • 2 lbr daun jeruk
  • Garam & kaldu bubuk

Cara membuat :

  • Rebus cumi asin sekitar 5-10 menit, buang kotoran, potong cumi lalu cuci sampai bersih
  • Tumis irisan bawang merah dan daun jeruk sampai harum, masukkan cumi dan irisan cabe-cabean, bumbui garam & kaldu bubuk, masak sampai cumi matang, trakhir masukkan potongan tomat dan tetesi air jeruk limo, aduk sampai rata

8 dari 13 halaman

Resep Sambal Baby Cumi Asin

Resep Sambal Baby Cumi AsinResep Sambal Baby Cumi Asin © Youtube.com/Kokiku TV

Apa bedanya dengan resep cumi asin sambal balado sebelumnya? Dalam resep ini ditambahkan buah sehingga nantinya sambal baby cumi memiliki rasa asam yang segar khas sambal tomat.

Bahan:

  • 250 gram baby cumi asin
  • 500 ml air panas
  • 3 bh atau 200 gram tomat merah, iris
  • 1 keping terasi bakar, remukkan
  • 400 ml minyak sayur
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 3 lembar daun jeruk

Blender kasar:

  • 300 gram cabe keriting merah
  • 100 gram bawang merah
  • 50 gram bawang putih

Iris tipis:

  • 75 gram cabe rawit
  • 100 gram bawang merah

Resep lengkapnya bisa kamu lihat di sini ya!

9 dari 13 halaman

Resep Cumi Asin Lombok Hijau Bumbu Iris

Resep Cumi Asin Lombok Hijau Bumbu IrisResep Cumi Asin Lombok Hijau Bumbu Iris © youtube.com/c/CeceromedKitchen_1228

Males ngulek? Tinggal iris saja bahan cabai untuk resep cumi asin yang pedas nampol.

Bahan :

  • 300 gram cumi asin
  • air secukupnya dan 1 sdm tepung beras untuk merendam cumi asin.
  • 250 gram cabe ijo
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 12 siung bawang merah
  • 4 buah tomat
  • 1 batang daun bawang ukuran besar
  • 1 batang sereh
  • 4 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 2 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  • Air secukupnya
  • 1/2 sdm garam
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdm kecap manis

Cara membuat :

  • Rendam cumi asin di air lalu tambhakan 1 sdm tepung beras untuk mengurangi kadar garam dan diamkan semalaman. Cuci bersih
  • Buangi tulang cumi, potong-potong
  • Potong serong cabai hijau, bawang bombay, bawang putih dan bawang merah
  • Potong tomat, daun bawang
  • Geprek jahe, serah, dan lengkuas
  • Panakan minya, tumis bawang-bawangan sampai harum dan mulai transparan
  • Masukkan sereh, lengkuas dan jahe. Aduk rata
  • Tambahkan daun salam, daun jeruk
  • Masukkan cabai hijau, tambahkan air secukupnya
  • Masukkan garam, gula, kaldu bubuk
  • Tambahkan cumi dan kecap manis untuk warna yang lebih gelap. Masukkan tomat. Terakhri tambahkan daun bawang, aduk sebnetar, koreksi rasa dan matikan api.

10 dari 13 halaman

Resep Oseng Cumi Asin

Resep Oseng Cumi AsinResep Oseng Cumi Asin © instagram.com/yoanitasavit/

Nggak cuman dibumbui sambal aja, resep cumi asin juga bisa dengan dioseng dengan bumbu yang sedap.

Bahan :

  • 150gr cumi asin
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam, kaldu bubuk, gula pasir secukupnya
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 buah tomat uk besar, potong
  • 1 btg daun bawang, potong

Bumbu iris :

  • 3 buah cabe merah besar
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 1/2 bwg bombay kecil
  • 3 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara buat :

  • Rendam cumi asin dengan air biasa selama 20 menit (aku gak potong karna ukuran cumi nya kecil) cuci bersih.Tiriskan
  • Panaskan sedikit minyak, goreng cumi namun jangan sampai kering ya. Sisihkan
  • Panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay, bawang merah, bawang putih dan cabai rawit hingga harum
  • Masukan saus tiram, garam, kaldu bubuk, gula pasir lalu masukan cumi asin, cabai merah, daun bawang, tomat. Aduk2 hingga meresap. Koreksi rasa. Sajikan

11 dari 13 halaman

Resep Oseng Jagung Cumi Asin

Resep Oseng Jagung Cumi AsinResep Oseng Jagung Cumi Asin © instagram.com/yscooking/

Kalau ingin resep cumi asin yang diolah dengan oseng menghasilkan sajian yang lebih banyak dan lebih nikmat, tambhakan pipilan jagung.

Bahan :

  • 200gr cumi asin, rebus sebentar, potong2
  • 1 bonggol jagung pipil
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm gula
  • Garam, merica

Bumbu iris :

  • 3 bawang putih
  • 3 bawang merah
  • 2 cabe ijo
  • 2 cabe merah
  • 1 tomat
  • cabai rawit

Cara membuat :

  • Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bumbu iris yang lain, tumis sampai wangi dan layu
  • Masukkan cumi, jagung dan bumbu. Masak sampai matang

12 dari 13 halaman

Resep Sambal Goreng Cumi Asin

Resep Sambal Goreng Cumi AsinResep Sambal Goreng Cumi Asin © instagram.com/yoanitasavit/

Ada sambal goreng ati ampel, sambal goreng daging, dan yang kali ini ada sambal goreng cumi asin yang kenyal, pedas dan lezat.

Bahan :

  • 250 gram cumi asin
  • 5 lembar daun jeruk, buang batang lalu iris tipis
  • garam, gula, kaldu bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Bumbu blender kasar :

  • Segenggam cabai merah keriting campur rawit merah
  • 2 buah tomat ukuran sedang
  • 5 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah

Cara buat :

  • Rendam cumi 15 menit dgn air suhu ruang, potong sesuai selera lalu cuci bersih. Tiriskan
  • Panaskan minyak tumis bumbu ulek, bawang bombay dan daun jeruk hingga harum.
  • Masukan cumi tambahkan gula, kaldu bubuk dan sedikit air. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga bumbu meresap dan cumi matang empuk. Koreksi rasa. Angkat dan Sajikan

13 dari 13 halaman

Resep Cumi Asin Cabai Gendot

Resep Cumi Asin Cabe GendotResep Cumi Asin Cabe Gendot © Youtube.com/Devina Hermawan

Kalau resep cumi asin dengan cabai rawit yang melimpah masih kurang nampol buat kamu, saatnya bikin cumi asin dengan cabai gendot.

Bahan:

  • 100 gr cumi asin, rebus
  • 3 siung bawang putih, iris
  • 8 siung bawang merah, iris
  • 3 buah cabai gendot, potong
  • 2 buah tomat hijau, potong
  • 10 buah cabai rawit merah, iris
  • 40 gr petai, belah dua, opsional
  • 100 ml air
  • ¼ sdt garam
  • 2 sdt gula
  • ½ sdt penyedap

Cara membuat:

  • Untuk oseng cumi, tumis bawang putih dan bawang merah, aduk kemudian masukkan cumi, goreng hingga kering
  • Masukkan cabai gendot, cabai rawit, tomat hijau, dan petai, aduk, lalu tambahkan air, garam, gula, dan penyedap, aduk rata

Aduh bacain resep cumi asin di artikel di atas jadi pengen segera bikin nggak sih?

Beri Komentar