19 Manfaat Makan Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Rambut

Reporter : Sofi
Rabu, 1 Januari 2020 13:03
19 Manfaat Makan Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Rambut
Tentu kamu sudah tidak asing dengan bawang merah. Kandungan tanaman ini sungguh banyak sehingga manfaat yang terkandung pun banyak. Berikut manfaat bawang merah yag harus kamu ketahui.

Bawang merah adalah anggota genus Allium dari tanaman berbunga. Sayuran ini mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa tanaman kuat yang telah terbukti meningkatkan kesehatan dalam banyak hal. Bahkan, sidat obat bawang ini telah diakui sejak zaman kuno, ketika mereka digunakan untuk mengobati penyakit seperti sakit kepala, penyakit jantung dan sariawan. Masih ada banyak lagi manfaat bawang merah yang harus kamu ketahui. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat bawang merah.

1 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Merah Mentah

ilustrasi bawang merahilustrasi bawang merah © thai-food-online.co.uk

Bawang merah mentah juga biasanya digunakan untuk metode pengobatan. Salah satunya adalah biasa digunakan pada bayi untuk meredakan demam mereka dengan mencampurkan minyak goreng dan bawang merah mentah. Selain itu masih ada manfaat dari bawang merah ini, apa saja? Berikut adalah manfaat bawang merah mentah yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menurunkan demam

Manfaat bawang merah juga dipercaya mampu menurunkan demam pada bayi dan anak. caranya cukup campurkan bawang merah dengan minyak goreng. Lalu balurkan keseluruh tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah

Dalam jurnal Pharmacological Reports yang diterbitkan pada tahun 2009, disebutkan juga bahwa zat quercetin yang cukup tinggi ada di dalam bawang merah mampu menurunkan tekanan darah yag tinggi. Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi berisiko untuk mengalami berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung koroner, stroke, gagal ginjal, dan diabetes mellitus.

3. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah membantu kesehatan mata. Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang merah ternyata baik untuk kesehatan mata. Zat tersebut mampu merangsang produksi protein yaitu glutathione, yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin E yang terkandung pada bawang merah sangat baik untuk mata.

4. Membantu menormalkan kadar gula darah

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah membantu menormalkan kadar gula darah.Kadar gula darah yang tinggi terbukti mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes mellitus. Bahkan, menurut Center for Disease Control Prevention, kadar gula darah yang tinggi merupakan sumber dari segala penyakit degeneratif dan penyakit kronis.

5. Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang seringkali terjadi karena infeksi atau peradangan pada tenggorokan. Untuk mengatasi radang tenggorokan kamu bisa memanfaatkan bawang merah. Karena manfaat bawang merah untuk kesehatan lainnya adalah mengatasi radang tenggorokan. Ini berkat kandungan quercetin dalam bawang merah dipercaya dapat menurunkan radang.

6. Mengatasi Sembelit

Bawang merah adalah rempah yang tepat untuk mengatasi masalah susah buang air besar. Kandungan yang terdapat di bawang merah dapat membantu proses pembuangan racun oleh tubuh, sehingga pencernaan akan lebih lancar. Dengan ini manfaat bawang merah untuk kesehatan adalah mengatasi sembelit.

 

 

2 dari 4 halaman

Manfaat Makan Bawang Merah Mentah

ilustrasi bawang merahilustrasi bawang merah © rawpixel.com

Bawang merah sudah sering kita konsumsi sehari-hari tentunya. Tapi apakah kamu tahu bahwa bawang merah dapat dikonsumsi secara mentah? Berikut adalah manfaat bawang merah mentah yang harus kamu ketahui.

1. Memperlancar sistem pernapasan

Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah salah satu obat antiradang. Oleh sebab itu, penderita asma dan alergi disarankan mengonsumsi umbi-umbian yang satu ini. Bawang merah pun dipercaya dapat memperlancar sistem pernafasan.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Tulang merupakan salah satu hal terpenting di dalam tubuh yang bertugas untuk menopang tubuh kita. Untuk menjaganya, selain mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya kalsium seperti susu juga bisa dengan memakan bawang merah. Pasalnya, manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu meningkatkan kepadatan tulang. Bawang merah dipercaya dapat mencegah osteoporosis, serta dapat menjaga massa tulang.

3. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerang kuman, virus maupun bakteri yang masuk dari luar tubuh. Nah, manfaat bawang merah untuk kesehatan yang pertama adalah membantu meningkatkan sistem imun. Kandungan selenium di bawang merah dipercaya dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, sehingga kita dapat terhindar dari penyakit.

4. Mencegah kanker

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang terkenal adalah menjadi salah satu obat mujarab guna menghancurkan kanker sel kolon dan payudara. Kandungan quercetin dan antosianin dalam bawang merah dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, dalam penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, peneliti melihat seberapa sering orang Italia dan Swiss mengonsumsi bawang merah, bawang putih dan sayuran. Hasilnya orang yang mengonsumsi lebih banyak bawang merah, risiko terkena kanker semakin rendah.

5. Meningkatkan produk ASI

Manfaat bawang merah juga bisa dirasakan oleh ibu yang sedang menyusui dan berharap memiliki ASI melimpah buat buah hati, disarankan untuk mengonsumsi bawang merah mentah. Para ahli percaya jika kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada bawang merah bisa meningkatkan produksi ASI.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

ilustrasi lalapanilustrasi lalapan © rawpixel.com

Dalam sehari-hari sudah bukan rahasia lagi jika memasak dengan salah satu bahan makanan ini. Dengan kandungan nutrisi yang terkandung dapat memberi kesehatan untuk badan kita. Berikut adalah manfaat bawang merah untuk kesehatan yang dapat kamu ketahui.

1. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat bawang merah juga bisa dirasakan oleh bayi. Jika bayi sudah memasuki usia yang siap MPASI, sertakan bawang merah halus pada makanannya. Pasalnya kandungan sulfur dan juga vitamin A pada bawang merah mampu menyehatkan mata.

2. Mengobati tuberkolosis

Manfaat bawang merah adalah sebagai antiseptik dan anti mikroba. Untuk itu, bawang merah sangat bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah tuberkolosis. Akan lebih bermanfaat lagi jika bawang merah dikonsumsi secara rutin setiap hari bersama sedikit garam.

3. Menyehatkan jantung

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang sangat penting yaitu bisa menyehatkan jantung. Kandungan sufida methylallyl dan asam amino sulfur yang ada di dalam bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang terkandung dalam tubuh. Selain itu, bawang merah juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat.

4. Membantu menurunkan kolesterol

Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menurunkan kolesterol. Hal ini berdasarkan dari sebuah penelitian menunjukan wanita yang kelebihan berat badan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS). Mereka terbagi dalam dalam dua kelompok, ada yang diminta mengonsumsi banyak bawang merah, kelompok kedua diminta sedikit konsumsi bawang merah. Hasilnya orang yang mengonsumsi banyak merah, tingkat kolesterol jahat turun.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Buat kamu yang sulit tertidur pulas, mulailah untuk mengonsumsi bawang merah. Pasalnya, manfaat bawang merah untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan kualitas tidut. Rempah-rempah yang satu ini mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan stress. Di samping itu, bakteri baik yang terdapat bawang merah dipercaya mampu merangsang kinerja otak.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Merah Untuk Rambut

Ilustrasi RambutIlustrasi Rambut © 2019 https://www.diadona.id/@thursdayplantation

Bawang merah adalah obat rumah yang aman, alami, dan terjangkau yang bagus untuk rambutmu. Tidak menyangka bukan, bahwa manfaat bawang merah ini bisa digunakan untuk rambut. Berikut adalah manfaat bawang merah untuk rambut.

1. Menumbuhkan rambut baru

Manfaat bawang merah unuk rambut yang pertama adalah untuk menumbuhkan rambut baru. Kandungan belerang pada bawang merah bisa mengatasi penipisan rambut dan menumbuhkan rambut baru. Hal ini karena bawang merah mampu melancarkan peredaran darah pada kepala sehingga memacu rambut untuk cepat tumbuh.

2. Menebalkan rambut

Manfaat bawang merah selanjutnya ternyata bisa digunakan untuk menebalkan rambut. Kamu cukup menyiapkan bawang merah yang sudah diblender. Aplikasikan ke seluruh permukaan kulit kepala kemudian diamkan selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih. Jika terasa sangat perih pada kulit harus segera dibilas tanpa menunggu lama.

3. Mencegah rambut rontok

Manfaat bawang merah sebagai masker rambut juga bisa mengatasi rambut rontok. Sebelum menggunakan masker bawang merah, pastikan kulit kepala dalam keadaan baik dan tidak memiliki luka sedikitpun. Gunakan masker bawang merah secara rutin untuk mendapatkan rambut yang tidak rontok lagi.

Bagaimana menurutmu mengenai manfaat bawang merah ini? Apakah masih ada manfaat yang belum ditulis di daftar atas? Jika ada, tulis jawabanmu di kolom komentar ya kami ingin tahu! 

Beri Komentar