Resep Sumpia Abon Kulit Pangsit, Camilan Lebaran Super Kriuk dan Gurih Abis

Reporter : Arifina
Kamis, 28 Maret 2024 12:47
Resep Sumpia Abon Kulit Pangsit, Camilan Lebaran Super Kriuk dan Gurih Abis
Renyah dan gurih rasa abonnya nagihin banget deh!

Resep sumpia abon kulit pangsit bisa menjadi pilihan hidangan menu camilan yang super praktis. Kudapan ringan satu ini memiliki cita rasa yang gurih dengan tekstur super renyah dalam setiap gigitan.

Sumpia abon bisa dijadikan camilan harian, acara-acara penting, hingga hidangan jajanan Lebaran yang menggugah selera. Perpaduan kulit pangsit yang renyah dengan isian abon sapi yang gurih dan manis membuat camilan ini disukai banyak orang.

Proses pembuatan dari olahan camilan renyah ini tidaklah sulit. Kamu hanya memerlukan bahan utama kulit pangsit dan abon sapi sebagai isiannya.

1 dari 6 halaman

Resep Sumpia Abon Kulit Pangsit © Diadona

Namun, isian abon ini bisa disesuaikan dengan selera ya. Kamu bisa menggantinya dengan abon ayam, abon udang, ataupun menambahnya dengan aneka sayuran agar semakin menambah variasi rasa.

Bahan-bahan pembuatan untuk sumpia abon juga sangat mudah ditemui di pasaran. Kulit pangsitnya kamu bisa menggunakan yang siap pakai, agar lebih praktis tentu saja.

Nah, langsung saja simak resepnya berikut untuk bisa kamu recook di rumah yuk!

 

2 dari 6 halaman

Resep Sumpia Abon Kulit Pangsit

Bahan-bahannya super simple dan mudah untuk didapatkan di pasaran lho! Tapi, rasanya lezat dan kriuk abis. Kalau menikmati sumpia abon ini rasanya nggak cukup cuma satu gigitan deh!

Bahan-Bahan:

  • 1 bungkus kulit pangsit
  • 200 gram abon sapi (bisa rasa abon lainnya sesuai selera)
  • 200 gram bawang goreng (tumbuk)
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 putih telur
  • Minyak goreng

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Sumpia Abon Kulit Pangsit

Resep Sumpia Abon Kulit Pangsit © Diadona

Langkah awal, siapkan isian abonnya terlebih dahulu. Campurkan abon sapi dengan bawang goreng dan gula pasir, lalu aduk sampai tercampur rata. Sisihkan.

Selanjutnya, siapkan kulit pangsit potong-potong dengan ukuran 6x6 cm atau sesuai selera. Kemudian, mulai ambil satu per satu kulit pangsit dan isi dengan 1 sdt campuran abon sapi.

Gulung kulit pangsit yang sudah diisi abon membentuk silinder. Oleskan putih telur di ujung-ujungnya untuk merekatkan.

 

4 dari 6 halaman

Lakukan proses pembentukan adonan sumpia abon hingga semua bahan habis. Lalu, sisihkan dan masuk ke tahap penggorengan. Kamu bisa juga mengganti bentuk sumpia dengan model segitiga, sesuaikan juga dengan selera ya.

Panaskan minyak di wajan, lalu goreng sumpia dengan api sedang. Goreng hingga sumpia berubah warna menjadi kuning keemasan, angkat dan tiriskan sejenak.

Sumpia abon kulit lumpia siap dinikmati langsung sebagai camilan harian. Simpan juga dalam toples kedap udara untuk stok jajanan Lebaran ya.

 

5 dari 6 halaman

Resep Sumpia Abon Kulit Pangsit © Diadona

Selain untuk camilan biasa, sumpia abon kulit pangsit ini juga dapat dinikmati sebagai lauk pendamping nasi hangat lho. Tambahkan saus sambal agar cita rasanya semakin lezat.

Mudah sekali bukan cara pembuatannya? Itulah resep sumpia abon kulit pangsit yang bisa kamu recook untuk hidangan di saat Lebaran nanti. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar