Resep Kue Kering Mawar, Jajan Lebaran Jadul yang Renyah, Legit dan Lembut di Setiap Gigitan

Reporter : Arifina
Kamis, 28 Maret 2024 10:00
Resep Kue Kering Mawar, Jajan Lebaran Jadul yang Renyah, Legit dan Lembut di Setiap Gigitan
Kue kering jadul ini saying banget kalau dilewatkan!

Masih bingung mau buat kue Lebaran? Resep kue kering mawar ini bisa jadi pilihan nih!

Kue kering mawar biasa juga disebut kue semprit namun dengan variasi bentuk seperti bunga. Biasanya, kue renyah dan lembut ketika digigit ini menjadi salah satu camilan di moment Lebaran tiba.

Olahan kue kering satu ini biasanya dihadirkan dengan topping aneka selai di bagian tengahnya atau chocochips. Tampilannya yang cantik membuat siapa saja ingin menikmati sajian kue mawar di berbagai kesempatan.

 

1 dari 6 halaman

Resep Kue Kering Mawar © Diadona

Kue kering mawar cocok dinikmati dengan teh hangat, ataupun hanya sebagai kudapan biasa. Membuat olahan camilan kue ini tidaklah sulit.

Apalagi, bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah ditemui di pasaran. Kamu hanya perlu tepung terigu, mentega, gula hingga telur yang dicampur menjadi satu adonan.

Ingin mencoba buat di rumah? Simak resepnya berikut yuk!

 

2 dari 6 halaman

Resep Kue Kering Mawar

Pastikan kamu selalu menggunakan bahan-bahan berkualitas ya. Sehingga, hasil olahan kue kering yang dibuat akan lebih lezat dan pas.

Siapkan beberapa variasi topping pilihan sesuai selera untuk tampilan kue mawar yang lebih menggoda.

Bahan-Bahan:

  • 125 gram tepung terigu
  • 2 butir kuning telur
  • 100 gram mentega
  • 80 gram gula halus
  • 50 gram tepung maizena
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • Chocochips atau selai aneka rasa (topping)

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Kue Kering Mawar

Resep Kue Kering Mawar © Diadona

Siapkan wadah, lalu mulai masukkan mentega dan gula halus ke dalamnya. Kocok dengan mixer sampai adonan mengembang dan berwarna putih pucat.

Tambahkan vanili bubuk sambil adonan terus di mixer. Kemudian, tuang kuning telur satu per satu dan terus mixer hingga adonan tercampur rata, matikan.

Langkah berikutnya, campurkan tepug terigu dan tepung maizend dalam wadah. Ayak tepung biar teksturnya lebih halus.

 

4 dari 6 halaman

Kemudian, masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung tersebut ke adonan mentega dan telur. Aduk-aduk menggunakan spatula sampai merata.

Uleni adonan hingga kalis, dan pastikan tidak lengket di tangan. Lalu, masuk ke tahapan pembentukan kue.

Siapkan plastik segitiga yang telah dipasangi spuit bentuk bunga mawar. Lalu masukkan adonan ke dalam plastik, dan mulai keluarkan membentuk bunga mawar di atas loyang yang sudah diolesi margarin.

Lakukan prosesnya hingga adonan habis, tambahkan topping selai aneka rasa buah, strawberry, nanas, jeruk dan lainnya ataupun chocochips untuk menambah variasi rasa. Lalu, masuk ke tahap pemanggangan kue.

 

5 dari 6 halaman

Resep Kue Semprit © Diadona

Panaskan oven di suhu 150 derajat Celcius, lalu panggang kue mawar selama 20-25 menit atau hingga matang. Keluarkan dari oven, dinginkan sejenak dan simpan di toples kedap udara.

Kue kering mawar siap dinikmati untuk suguhan Lebaran nanti nih!

Itulah resep kue kering mawar yang praktis dibuat sendiri di rumah. Kamu bisa memberi tambahan kacang almond hingga kismis dalam adonan untuk variasi tekstur dan rasa yang lebih lezat lho! Selamat mencoba ya.

Beri Komentar