Resep Rengginang Terasi, Gurih dan Super Renyah Cocok untuk Camilan Lebaran Nih!

Reporter : Arifina
Selasa, 5 Maret 2024 14:17
Resep Rengginang Terasi, Gurih dan Super Renyah Cocok untuk Camilan Lebaran Nih!
Gurih terasi dan renyahnya nagihin banget deh!

Resep rengginang terasi menjadi salah satu yang kiranya tak boleh dilewatkan. Menu camilan krenyes tradisional Indonesia ini banyak disukai masyarakat karena cita rasanya yang khas dan renyah.

Pembuatan rengginang ini menggunakan bahan dasar beras ketan yang diolah dengan tambahan terasi. Menu camilan olahan ketan yang ringan ini seakan memberikan karakteristik khas yang sulit dilupakan saat dinikmati.

Meski proses pembuatannya cukup memakan waktu yang panjang, tetapi rengginan terasi salah satu camilan yang banyak disajikan untuk acara tertentu. Biasanya, menu camilan ini muncul di momen-momen acar pernikahan hingga Lebaran tiba.

1 dari 7 halaman

Resep Rengginang Terasi © Diadona

Rengginang muncul dengan berbagai variasi yang lezat. Selain rengginang terasi ada juga rengginang bawang, rengginang original, rengginang singkong, dan masih banyak lainnya.

Sebelum membuat rengginang terasi, kalian perlu untuk menyiapkan bahan utamanya beras ketan putih. Bahan yang satu ini perlu direndam terlebih dahulu setidaknya selama 3 jam baru diolah menjadi adonan rengginang.

Ingin membuatnya sendiri untuk camilan keluarga atau persiapan Lebaran nanti? Simak yuk resepnya berikut!

2 dari 7 halaman

Resep Rengginang Terasi

Selain beras ketan putih, kamu juga harus menyiapkan terasi sebagai bahan utamanya ya. Rasa khas terasi membuat sajian camilan jadul satu ini semakin lezat deh!

Bahan-Bahan:

  • 400 gram beras ketan putih
  • Minyak goreng
  • 1 sdt terasi (bakar)
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm garam
  • ¼ merica bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 200 ml air

 

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Rengginang Terasi

Resep Rengginang Terasi © Diadona

Siapkan beras ketan, cuci bersih dan rendam terlebih dahulu dalam air selama kurang lebih 3 jam. Selanjutnya, kukus beras ketan dalam dandang panas selama 20 menit.

Kukus hingga butiran beras ketan mulai lengket, angkat dan pindahkan dalam wadah lain, sisihkan.

Campurkan bawang putih, terasi yang sudah dibakar, garam, gula, dan merica lalu haluskan. Setelah itu, masak bumbu halus hingga benar-benar harum.

 

4 dari 7 halaman

Tumisan bumbu halus tersebut kemudian tuangkan ke dalam wadah berisikan beras ketan. Aduk-aduk sampai merata, lalu diamkan selama 10-15 menit hingga cairan terserap sempurna.

Selanjutnya, kukus kembali beras ketan tersebut selama kurang lebi 30 menit. Pastikan hingga benar-benar matang, lalu angkat.

Buat rengginang, ambil satu sendok makan nasi ketan lalu pipihkan berbentuk bulat. Letakkan di atas tampah yang bersih dan kering. Lakukan proses pembentukan rengginang hingga adonan nasi ketan habis.

5 dari 7 halaman

Resep Rengginang Terasi © Diadona

Jemur rengginang yang sudah dibentuk di bawah matahari langsung. Jemur sampai adonan benar-benar mengering ya!

Selanjutnya, siapkan wajan dan isi dengan minyak goreng. Panaskan sejenak, lalu goreng rengginang hingga mengembang sempurna.

Angkat, dan biarkan rengginang dingin. Baru simpan di dalam wadah kedap udara. Rengginang terasi siap dinikmati.

6 dari 7 halaman

Tips Memasak Rengginang Terasi Anti Gagal

Mendapati hasil olahan rengginang terasi yang sempurna dan renyahnya pas perlu beberapa trik. Di antaranya sebagai berikut:

  • Gunakan beras ketan pitih berkualitas.
  • Pastikan terasi dibakar dengan benar-benar matang agar tidak bau amis.
  • Jangan buat adonan rengginang terlalu tebal.
  • Goreng rengginang dengan api sedang agar matang sempurna dan tidak gosong.
  • Campur bahan lain seperti daun jeruk, kencur hingga cabai rawit untuk variasi rasa.

Itulah resep rengginang terasi yang bisa kamu recook di rumah. Meski proses pembuatannya memakan waktu, tapi kamu bisa puas dengan hasil olahan sendiri bukan? Selamat mencoba ya!

Beri Komentar