Resep Kembang Goyang 1 Kg, Camilan Jadul Super Renyah dan Gurih untuk Sajian Lebaran

Reporter : Arifina
Senin, 18 Maret 2024 19:07
Resep Kembang Goyang 1 Kg, Camilan Jadul Super Renyah dan Gurih untuk Sajian Lebaran
Renyah, legit, gurihnya gak bisa dilewatkan deh!

Resep kembang goyang 1 Kg bisa kamu buat untuk sajian hidangan di moment Lebaran nanti. Kembang goyang bisa dibilang salah satu camilan jadul khas Betawi yang begitu menggoda untuk dinikmati.

Kembang goyang sendiri hadir dengan berbagai nama berbeda di berbagai daerah. Di Jawa Timur misalnya, kudapan ringan ini disebut sebagai jajan matahari karena bentuknya yang menyerupai bunga matahari.

Olahan camilan satu ini terbuat dari tepung beras, santan, gula, dan telur. Biasanya, kembang goyang dibuat dengan cetakan khusus yang berbentuk seperti bunga matahari.

1 dari 6 halaman

Resep Kembang Goyang, Camilan Renyah Gurih dan Manis Cocok Buat Suguhan Tamu © Diadona

Umumnya, tampilan dari kembang goyang berwarna kecoklatan. Namun, seiring perkembangan zaman, makanan ringan ini juga hadir dengan aneka warna yang lebih menarik, bahkan dengan tambahan topping wijen agar cita rasanya semakin gurih.

Nah, resep kembang goyang 1 Kg ini cocok dibuat bagi kamu yang ingin menyajikan camilan dalam jumlah banyak untuk keluarga ataupun stok di Hari Raya Idul Fitri nanti. Kamu bisa dengan mudah lho membuatnya, yang penting siapkan bahan dan alat cetaknya ya. Langsung simak yuk!

2 dari 6 halaman

Resep Kembang Goyang 1 Kg

Teksturnya yang super renyah dan gurih dihasilkan dari bahan-bahan yang masih bagus dan berkualitas ya. Selain tepung beras, maka kamu masih perlu mencampurnya dengan bahan lain untuk membuat adonan kembang goyang.

Bahan-Bahan:

  • 1 kg tepung beras
  • 250 gram tepung terigu
  • 250 gram tepung tapioka
  • 2 sdt vanilli bubuk
  • 5 kuning telur
  • 1 1/2 liter santan kental
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 50 gram wijen (optional)
  • Minyak goreng

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Kembang Goyang 1 Kg

Resep Kembang Goyang 1 Kg © Diadona

Siapkan wadah besar, lalu campurkan telur dengan gula pasir di dalamnya. Kocok kedua bahan hingga tercampur rata, mengembang dan berwarna pucat.

Masukkan santan. vanili bubuk, dan garam dalam kocokan telur. Adu-aduk sampai semuanya tercampur sempurna.

Kemudian, campur tepung beras dan tepung tapioka. Ayak halus, lalu masukkan ke dalam adonan telur dan gula sedikit demi sedikt. Aduk-aduk menggunakan spatula hingga rata sampai kekentalan yang diinginkan.

 

4 dari 6 halaman

Tambahkan wijen jika ingin tampilan adonan lebih menarik dan rasanya semakin gurih ya. Lalu, aduk-aduk adonan kembali sampai tercampur dengan rata.

Panaskan cetakan kembang goyang di aatas minyak panas dengan api kecil. Lalu, masukkan cetakan dalam adonan dan goreng di dalam minyak smabil digoyang-goyang.

Penggoyangan cetakan ini agar adonan kembang goyang terlepas dan berbentuk tipis saat proses penggorengan. Lalu, lanjutkan menggoreng hingga warnanya kecoklatan.

Lakukan hingga semua adonan habis, angkat, tiriskan, lalu diamkan sejenak hingga uap panasnya menghilang. Kembang goyang siap dinikmati. Masukkan kembang goyang di wadah kedap udara, lalu simpan untuk stok Lebaran deh!

5 dari 6 halaman

Tips Memasak Kembang Goyang Renyah dan Anti Gagal

Kembang Goyang © Diadona

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil olahan camilan yang super renyah. Di antaranya sebagai berikut:

  • Gunakan santan kental agar kembang goyang lebih renyah.
  • Panaskan cetakan kembang goyang dengan api kecil agar tidak gosong.
  • Goyang-goyangkan cetakan dengan gerakan yang cepat dan teratur agar adonan tipis dan merata saat proses penggorengan.

Itulah resep kembang goyang 1 Kg yang bisa kamu recook di rumah. Sangat mudah dibuat bukan? Jajan Lebaran satu ini cocok dinikmati dengan teh hangat atau kopi. Selamat mencoba!

Beri Komentar