Resep Selada Krispi, Sensasi Gurih dan Renyahnya Nagihin Banget!

Reporter : Arifina
Selasa, 23 April 2024 17:47
Resep Selada Krispi, Sensasi Gurih dan Renyahnya Nagihin Banget!
Gak cuma jadi masakan lezat, selada juga bisa jadi camilan gurih lho!

Resep selada krispi menjadi salah satu olahan makanan yang wajib dicoba di rumah nih! Jika biasanya kamu mengolah selada dengan model tumisan, direbus, ataupun berkuah, cobalah untuk membuatnya sebagai camilan kriuk yang lezat.

Dengan tekstur yang renyah dan rasa yang segar, selada krispi cocok disantap sebagai camilan ringan. Selain itu, kamu juga bisa menjadikannya sebagai lauk pendamping  hidangan utama masakan harian lho!

Daun selada sendiri banyak kandungan manfaatnya. Tak ayal, sayuran hijau ini banyak dipilih untuk olahan berbagai masakan, seperti salad sayur, tumis selada, dan masih banyak lainnya.

 

1 dari 7 halaman

Resep Selada Krispi © Diadona

Selada air salah satunya, memiliki kandungan vitamin A, B6, B12, zat besi, magnesium, kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan. Dalam selada juga rendah kalori, makannya olahan sayur hijau ini cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Nah, selada krispi menjadi salah satu olahan masakan yang bisa kamu coba untuk mengolah sayuran hijau ini lho! Camilan hijau krispi satu ini menjadi bagian dari deretan sayuran lain dengan olahan yang sama, seperti bayam krispi hingga kangkung krispi.

Cara membuatnya juga tak jauh berbeda, karena kamu hanya perlu mencampurkannya dengan tepung khusus untuk hasil yang krispi. Yuk, simak resepnya berikut!

 

2 dari 7 halaman

Resep Selada Krispi

Olahan selada krispi ini bisa bervariasi. Kamu bisa menjadikannya sebagai sayur selada goreng krispi, keripik selada krispi, ataupun diolah menjadi bakwan selada renyah yang lezat.

Dengan bahan yang simple, kamu akan mudah untuk menghasilkan camilan gurih, renyah, dan tentunya tetap bisa disantap dengan nasi hangat! Resep kali ini akan menampilkan bahan-bahan untuk keripik selada krispi yang gurih dan renyah.

Bahan-Bahan:

  • 120 gram selada (buang pangkalnya, cuci bersih)
  • 60 gram tepung kanji
  • 280 gram tepung beras
  • 1 butir telur
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • 300 ml santan encer
  • 1 sdt kaldu bubuk Masako sapi
  • 1/4 sdt kunyit bubuk
  • 3/4 sdt garam
  • 1/4 sdt micin
  • 1/4 sdt ketumbar bubuk

 

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Selada Kripsi

Resep Selada Krispi © Diadona

Pisahkan terlebih dahulu selada dari pangkalnya, cuci bersih, dan sisihkan. Kemudian, siapkan larutan santan encer.

Kamu bisa mencampurlan 30 ml santan instan kental dan tambahkan air hingga mencapai 300 ml santan cair.

Siapkan baskom, campurkan tepung beras, tepung kanji, ketumbar bubuk, kaldu sapi, garam, micin, dan kunyit bubuk. Aduk-aduk rata, lalu masukkan santan encer ke dalamnya.

 

4 dari 7 halaman

Aduk-aduk kembali adonan tepung sampai tingkat kekentalan yang diinginkan. Kemudian, tambahkan bawang putih yang sudah diulek halus dan 1 butir telur.

Aduk adonan tepung kembali sampai mencapi tingkat kekentalan yang diinginkan. Sehingga, dapat membalut daun selada dengan pas.

Siapkan minyak goreng dalam wajan, panaskan. Kemudian, celupkan daun selada satu per satu ke dalam adonan tepung, lalu goreng.

 

5 dari 7 halaman

Resep Selada Krispi © Diadona

Lakukan proses penggorengan keripik selada dengan api sedang di awal. Kemudian, kecilkan api dan goreng selada hingga matang.

Bolak balik saat proses penggorengan agar selada matang sempurna dan tidak gosong. Angkat, tiriskan atau letakkan di atas tempat yang sudah dilapisi tisu agar bisa menyerap minyak.

Diamkan selama 12 jam dengan ditutup tisu saja. Lalu, keripik selada crispy siap dinikmati.

 

6 dari 7 halaman

Kreasikan olahan selada kripsi satu ini dengan aneka tambahan bahan lainnya. Misalnya, ingin cita rasa yang lebih pedas bisa dengan menambahkan irisan cabai.

Kamu juga bisa menyajikan selada krispi dengan cocolan saus sambal, bubuk cabai, bubuk balado, bubuk keju dan variasi rasa lainnya yang lebih menarik dan menggugah selera.

Nah, itulah tadi resep selada krispi yang bisa kamu recook sebagai menu camilan untuk keluarga atau menu pendamping masakan utama. Selada krispi juga cocok disantap dengan nasi hangat lho! Selamat mencoba ya!

Beri Komentar