Cara Blanshing Sayuran MPASI agar Praktis, Sehat dan Segar Lebih Lama

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 9 September 2022 15:05
Cara Blanshing Sayuran MPASI agar Praktis, Sehat dan Segar Lebih Lama
Blanshing sayuran adalah metode yang tepat untuk menyiapkan MPASI secara praktis, sehat dan mudah

Punya banyak stok sayuran di kulkas bikin hati tenang, tapi bila tak menyimpannya maka sayuran berpotensi cepat busuk. Nah, kayaknya kamu butuh metode blanshing nih apalagi sebagai bahan untuk resep MPASI si kecil. Sebab saat memasak MPASI, kita hanya membutuhkan sedikit sekali bahan makanan bukan?

Memasak sayuran dalam jumlah sedikit sama repotnya dengan memask dalam jumlah banyak. Sayuran yang tersimpan lama di kulkas juga rawan busuk.

Selain bikin sayuran tahan lebih lama, blanshing juga merupakan metode menyiapkan bahan makanan atau meal prep yang bikin kegiatan masak kamu jadi makin cepat.

1 dari 3 halaman

Apa itu blanshing?

Cara Blanshing Sayuran MPASI © Diadona

Blanshing adalah teknik dua langkah yang dimulai dengan memasukkan bahan makanan ke dalam panci besar berisi air mendidih dalam waktu yang sangat singkat – terkadang detik, terkadang menit – lalu dengan cepat memindahkannya ke wadah berisi es batu.

Panas yang diterima oleh sayuran atau bahan makanan bakalan memblokir aktivitas enzim yang tertentu yang bikin sayuran jadi perubahan rasa, warna dan juga tekstur. Saat diblanshing, rasa, warna, tekstur, dan nilai gizi sayuran dipertahankan. Blanching melembutkan bagian luar sayuran sambil menjaga bagian dalamnya tetap segar.

Blanshing cocok banget nih untuk masakan yang dimasak dengan cepat atau untuk sayuran yang akan dibekukan. Nah dengan blashing sayuran yang akandibekukan, kamu tinggal cemplung-cemplungin aja deh tuh saat memasaknya, skip kegiatan memotongi sayuran dan bikin sayuran jadi lebih tahan lama.

2 dari 3 halaman

Kenapa sih sayuran itu perlu diblanshing?

  • Mengurangi rasa pahit pada sayuran contohnya pada kangkung dan juga kol
  • Menghentikan reaksi enzim penyebab sayuran jadi makin tua, berubah rasa dan juga warna. Blanshing biasanya juga dilakukan pada sayuran yang akan dibekukan.
  • Mengunci rasa segar dan bikin warna syuran makin cantik. Ini berlaku untuk sayuran hijau.
  • Perlakukan awal untuk sayuran yang dimasak cepat sebab blanching akan melunakkan sayuran yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak seperti brokoli dan wortel.
  • Blanching mengendurkan kulit pada buah-buahan seperti tomat sehingg alebih mudah dikupas.

Manfaat blanching sayuran di atas cocok banget untuk penanganan sayuran yang akan diolah untuk MPASI, bukan?

3 dari 3 halaman

Cara Blanshing Sayuran

Cara Blanshing Sayuran MPASI © Diadona

Secara umum nih, cara blashing sayuran MPASI yakni sebagai berikut :

  • Siapkan peralatannya yakni panci, air rendaman es yang berada di wadah dan sendok berlubang untuk meniriskan sayuran. siapkan juga piring dan kain bersih.
  • Potong sayuran, cuci bersih menggunakan air mengalir
  • Didihkan air dalam jumlah agak banyak dalam panci, tambah sedikit garam untuk memberikan rasa gurih sekaligus menaikkan titik didih air. Beberapa usmber juga menyebut garam akan mencegah gula dan nutrisi pada sayuran larut ke dalam air.
  • Setelah sekitar 30 detik, tes kematangan. Angkat satu potong, celupkan ke dalam mangkuk berisi air es, dan cicipi. Terus cicipi setiap 30-60 detik sampai sayuran matang sesuai keinginan
  • Untuk sayuran yang akan direbus dan disimpan lagi, blanshing dengan waktu yang lebih sedikit ketimbang sayuran yang akan ditumis
  • Setelah diblanshing, rendam sayuran di air es untuk menghentingan pematangan lebih lanjut. Aduk agar pendinginan merata.
  • Saat sayuran benar-benar dingin, keluarkan dari air es dan tiriskan di atas piring berlapis kain bersih.
  • Dalam cara blanshing sayuran MPASI yang setiap kali memasak hanya membutuhkan jumlah kecil, kamu bisa membaginya per porsi seklai masak dalam wadah kecil atau ziplock.
    Sayuran siap dibekukan

Selain itu, cara blanshing sayuran MPASI juga bisa dilakukan tanpa memberikan kontak pada sayuran dengan air mendidih, yakni seperti mengukusnya.

  • Sebuah panci berisi air mendidih ditempatkan sebuah wadah kukusan di bagian atasnya. Didihkan air trus ambahkan sayuran atau buah-buahan ke keranjang dalam satu lapisan.
  • Tutup panci dan lanjutkan memasak dengan menggunakan api besar. Karena cara blanshing sayuran MPASI ini hanya menggunakan uap panas, maka waktu yang dibutuhkan 1.5 kali lebih lama dibanding dengan teknik perebusan.
  • Setelah sayuran cukup empuk, pindahkan ke wadah berisi air es.

Cara blanshing sayuran MPASI juga bsia kamu lakukan dengan menggunakan mgelombang micro lho!

  • Caranya tempatkan sayuran dalam wadah tahan microwave lalu tambahkan 1/4 sampai 1/2 gelas air.
  • Tutup dan operasikan microwave dengan suhu tinggi selama setengah dari waktu yang dibutuhkan dalam blanshing rebus.
  • Aduk lalu segera pindahkan ke air es.


Beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam cara blanshing sayuran MPASI :

  • Perendaman dengan air es mungkin adalah cara blanshing sayuran MPASI yang bikin ribet, tapi percaya deh kalau langkah ini worth it banget. Perlakukan suhu tinggi lalu pemberian suhu dingin secara tiba-tiba akan meberikan efek kejut pada sayuran yang menjamin tekstur dan warna yang ideal.
  • Setelah sayuran dimasukkan ke air mendidih, normalnya nih air akan mendidih kembali dalam waktu satu menit. Kalau lebih lama dari itu, kemungkinan panci yang kamu gunakan terlau besar atau air di dalamnya terlalu banyak.

Cara blanshing sayuran MPASI adalah cara cepat, sehat dan praktis untuk menghadirkan makanan sehat untuk buah hati.

 

Beri Komentar