10 Cara Agar Adonan Cepat Mengembang dengan Sempurna, Biar Bikin Roti Nggak Pake Lama

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 19 September 2022 09:49
10 Cara Agar Adonan Cepat Mengembang dengan Sempurna, Biar Bikin Roti Nggak Pake Lama
Salahs atu cara agar adonan cepat mengembang secara efektif yakni dengan memanaskannya. Seperti apa?

Bikin roti sendiri kayaknya seru nih! Selain lebih murah, kita jadi bisa mengontrol bahan apa saja yang kita gunakan sekaligu menambahkan bahan tertentu yang kita sukai, misalnya tambahan rasa atau aroma. Sayangnya bikin roti sendiri terasa sangat lama! Terutama pada bagian proses menembangkan adonannya. Tapi btw kenapa sih adonan lama banget mengembang? Ada nggak ya cara agar adonan cepat mengembang?

Sebelum kita ke cara dan tips agaradonan cepat mengembang, kita ketahui dulu deh gimana proses proofing aau fermentasi roti menjadi adonan yang besardan terisi udara di dalamnya.

Melansir Busby's Bakery, untuk membuat adonan jadi mengembang nih, ragi mengkonsumsi gula ada dalam tepung untuk melepaskan gas karbon dioksida. Gluten, protein yang ada di dalam tepung, membentuk jaringan yang menjebak gas karbon dioksida yang dihasilkan tersebut. Semakin banyak gas yang dihasilkan, kantong udara di dalam roti jadi mengembang dan membuat adonan mengembang menjadi roti yang ringan dan lembut.

Dalam melakukan tugasnya itu, ragi membutuhkan makanan, suhu hangat dn juga kondisi lembab. Makanya nih sebagi cara membuat adonan cepat mengembang, kamu harus ngasih tiga komponen tersebut ke dalam ragi biar aktivitasnya makin cepat.

1 dari 5 halaman

Cara Agar Adonan Cepat Mengembang © Diadona

Tempatkan di Suhu Hangat

Adonan mengembang lebih cepat di lingkungan yang lebih hangat. Fyi nih, aktivitas ragi memuncak pada suhu sekitar 38 C. Dan bukan berarti semaki inggi suhunya maka semakin baik ya, karena ini adalah suhu optimum. Lebih hangat atau lebih panas dari ini bisa bikin adonan jadi cepat mengembang lagi karena retensi dan produksi gas akan berkurang. Jadi nih misalnya dapur kamu ber-AC, pindahkan adonan ke tempat yang lebih hangat.

Gunakan Microwave

Masukkan secangkir air ke dalam microwave dan atur selama sekitar dua menit dengan daya tinggi. Microwave akan menjadi hangat dan beruap sekarang, jadi masukkan adonan ke dalam dan tutup pintunya. Di dalam microwave bakalan jadi lebih hangat dan kondisi ini bisa sebagai cara agar adonan cepat mengembang.

 

2 dari 5 halaman

Jemur di Bawah Sinar Matahari

Beberapa orang mencoba teknik menjemur adonan di bawah sinar matahari yang hangat atau biasanya nih untuk skala pembuatan roti yang lebih besar, digunakan lemari proofing.

Saat menjemur sebagai cara membuat adonan cepat mengembang, pastikan kebersihan lingkungannya ya! Trus tutup adonan menggunakan kain bersih agar tidak kering.

Buat Adonan Jadi Hangat

Biasanya nih digunakan air bersuhu dingin agar selama proses menguleni adonan yang menghasilkan panas, adonan jadinggak bertambah panas. Tapi untuk kondisi tertentu dan sebagi cara agar adonan cepat mengembang, kamu bisa menggunakan air hangat-hangat kuku nih untuk ditambahkan pada tepung saat menguleni adonan.

Ada beberap hal yanghrus kamu perhatikan dalam menambahkan air hangat pada adonan. Adonan yang hangat lebih sulit untuk diuleni dan sering kali menghasilkan adonan yang kurang kental dan, oleh karena itu, struktur glutennya lebih lemah. Selain itu, suhu air di atas 68C akan membunuh ragi dan memperlambat pertumbuhannya.

3 dari 5 halaman

Cara Agar Adonan Cepat Mengembang © Diadona

Tutup Adonan Agar Tidak Kering

Salah satu cara agar adonan cepat mengembang secara mudah yakni dengan menutupi adonan tersebut. Tutup adonan dengan platik atau mangkuk untuk menjebak kelembapan dan kehangatan ke dalam adonan.

Kalau kamu membiarkan adonan nggak tertutup, adonan jadi mengering dan mengeras di permukaan. Pastikan adonan nggak terlalu lembab karena adonan bisa jadi terlalu basah dan lengket untuk proses selanjutnya.

Menambahkan Ragi Sedikit Lebih Banyak

Yup, ini memang merupakan cara agar adonan cepat mengembang nih. Tapi hanya lkukan ketika benarbenar terdesak sebab kenaikan ragi sebanding dengan penurunan kualitas roti.

Tingkat ragi yang tinggi menambah rasa ragi pada roti. Rasa ini bisa menjadi sangat kuat dan banyak orang nggak suka. Selain itu, saat adonan naik begitu cepat, rasa roti akan menjadi lemah, musky dan kurang enak karena adonan belum matang.

Jika menggunakan ragi kering aktif (paling umum), gunakan 0,8-1,1% dari berat tepung. Lebi dari itu memang bikin adonan jadi lebih cepat mengembang tapi rasa ragi yang nggak enak tadi kemungkinan akan tetap ada.

4 dari 5 halaman

Menambahkan Cairan Lebih Banyak

Menambahkan lebih banyak air atau susu ke dalam resep adonan akan meningkatkan kecepatan pengembangan adonan. Karena perpindahan molekul di dalam dan di sekitar adonan dapat terjadi lebih cepat ketika lebih banyak air tersedia untuk membawa sel. Hasilnya adalah sel ragi bekerja lebih efisien dan menghasilkan lebih banyak karbon dioksida.

Menguleni Adonan Lebih Banyak

Cara agar adonan lebih cepat mengembang di atas yang udah Diadona sebutkan tersebut berfokus pada memproduksi lebih banyak gas karbodioksida, tapi gimana kalau kita memerangkap lebih banyak saja? Caranya yakni dengan membangun struktur gluten yang lebih kuat yang akan meregang dan mengandung lebih banyak gas yang dihasilkan.

Cara paling sederhana untuk melakukannya adalah dengan menguleni adonan lebih banyak. Uleni adonan menggunakan teknik menguleni tangan yang efektif hingga kalis dan membentuk windowpane.

Menggunakan Tepung Protein Tinggi

Tepung membutuhkan waktu untuk mematangkan struktur glutennya dan menahan gas secara efektif. Tapi kalau kamu pengen roti kamu lebih cepat mengembang, kematangan alami yang terjadi akan berkurang drastis.

Untuk mengatasinya, gunakan tepung roti berprotein tinggi dengan kandungan protein minimal 12,5%. Ini akan membentuk jaringan gluten yang lebih baik yang akan menangkap sebagian besar gas, sehingga adonan kamu cepat mengembang.

Periksa Kesegaran Ragi

Kalau adonan kamu nggak segera mengembang, kemungkinan nih kamu menggunakan ragi yang sudah tidak segar. Selalu perhatikan kapan kamu membeli ragi tersebut dan cara penyiimpanannya. Lakukan tes efektivitas ragi dengan cara memasukkan ragi di air hangat yang beris gul.a Bila muncul buih, berarti ragi masih efektif. Begitu pula sebaliknya.

5 dari 5 halaman

Cara Agar Adonan Cepat Mengembang © Diadona

Perlu dicatat kalau cara agar adonan cepat mengembang memang akan memangkas waktu produksi roti, tapi bisa jadi sangat mengurangi kualitas produk.

Gini nih. Produksi gas dan retensi gas adalah dua elemen inti dalam pembuatan roti. Saat roti difermentasi dengan pelan, rasa dalam adonan akan terbuka. Rasa ekstra ini berasal dari lebih banyak gula yang dibuka oleh pemecahan pati, dan ragi memiliki lebih banyak waktu untuk berfermentasi.

Dibutuhkan gula yang sama yang digunakan dalam respirasi ragi untuk menghasilkan asam organik, etanol, serta karbon dioksida. Produk tambahan ini membuat roti dengan tekstur yang lebih menarik dan rasa yang lebih baik jika dibandingkan dengan roti yang cepat mengembang.

Selain itu ya asama organik yang dihasilkan melalui fermentasi juga meningkatkan struktur gluten. Struktur gluten akan kurang matang jika adonan mengembang dalam waktu singkat. Artinya, struktur ini nggak bsia menangkap gas secara efektif sehingga akan menghasilkan roti dengan tekstur padat, renyah dan mengembang.

Beri Komentar