5 Tips Agar Gorengan Renyah Tahan Lama dan Tidak Berminyak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 16 September 2022 20:54
5 Tips Agar Gorengan Renyah Tahan Lama dan Tidak Berminyak
Selain jenis dan komposisi tepung, perhatikan juga cara menggorengnya

Suka penasaran nggak sih kenapa gorengan yang dijual bisa renyah tahan lama? Sedangkan kalau bikin sendiri, gorengan gampang lembek setelah dingin. Nah itu berarti kamu butuh tips gorengan renyah tahan lama, pastinya tanpa bahan yang aneh-aneh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips gorengan renyah tahan lama:

1 dari 3 halaman

Jenis dan Komposisi Tepung

Tips Agar Gorengan Renyah Tahan LamaTips Agar Gorengan Renyah Tahan Lama © shutterstock.com/Poetra.RH

Bukan cuman sebagai tips gorengan renyah tahan lama yang pertama, tapi juga yang utama nih. Waktu bikin gorengan, perhatikan jenis tepung dan juga komposisinya.

Lapisan kriuk gorengan biasanya dibuat dengan menggunkaan tepung terigu. Tapi kalau ingin lebih renyah lagi, tepung beras biasanya juga ditambahkan. Selain jenis teupng, perhatikan juga nih takaran kedua bahan tersebut.

Tepung terigu harus lebih banyak ketimbang tepung beras dalam adonan gorengan sebagai tips agar gorengan renyah tahan lama. Biasanya nih perbandingan yang digunakan adalah 3 : 1.

Menambahkan Soda Kue

Menambahkan baking soda atau soda kue dalam adonan tepung sebagai tips agar gorengan renyah tahan lama, past sudah sering kamu ketahui bukan?

Tapi apa yang dilakukan oleh baking soda dalam proses ini? Nah untuk itu kamu perlu tahu dulu nih gimana prinsip menggorengn.

Jadi penggorengan terjadi ketika makanan diletakkan dalam minyak bersuhu lebih dari 100 derajat celcius. Saat itu, molekul air di permukaan bahan makanan ini mulai menguap dengan cepat. Penguapan molekul air yang cepat ini menciptakan beberapa pancaran uap yang melindungi bagian dalam makanan dari minyak di sekitarnya. Ini juga memberi waktu buat panas untuk meresap ke bagian dalam makanan dan menciptakan kerak coklat yang renyah dengan menguapkan kelembapan permukaan.

Soda kue dalam gorengan akan menciptakan CO2 dalam jumlah besar. CO2 ini tadi nih membuat uap air dalam bahan jadi lebih gampang keluar. Pada akhirnya, gorengan jadi lebih renyah dan juga krispi.

2 dari 3 halaman

Goreng dengan Minyak Banyak

Apakah kamu pernah memperhatikan seberapa besar wajan dan berapa banyak minyak yang digunakan tukang gorengan? Banyak banget kan?

Memang salah satu tips gorengan renyah tahan lama yakni pada jumlah minyaknya nih gengs. Selain itu gunakan minyak yang sudah panas ya!

Kalau kamu ingin gorengan yang lebih renyah dan tidak berminyak, kamu bisa menggunakan minyak padat. Perbandingannya adalah 6:1 antara minyak dan makanan yang digoreng.

Menggunakan Api Sedang dan Minyak Panas

Api yang terlalu panas bisa bikin adonan jadi cepat gosong. Dengan api yang panas dan tapi minyak sedikit lalu kamu menggoreng dalam jumlah banyak, maka suhu minyak jadi cepat turun. Akibatnya, gorengan yang masuk minyak di awal akan gosong lalu jadi lembek karena suhu berkurang drastis. Hasilnya adalah gorengan yang ngga renyah dan berminyak.

Bahan Tidak Basah

Contohnya nih saat akan menggoreng jamur, sebaiknya jamur dilap dikeringkan terlebih dahulu dengan tap-tap menggunakan lap bersih untuk menghilangkan kadar airnya. Sebab kadar air dalam bahan yang terlalu tinggi akan membuat minyak jadi harus berusaha lebih keras untuk mematangkan bahan.

Kita cobain resep bakwan sayur yang katany super renyah dari Xander's Kitchen berikut ini yuk!

  • 3 buah jagung manis, disisir
  • 7 sdm penuh tepung terigu (sy pake segitiga)
  • 2 sdm tepung beras
  • 4 siung bawang putih ditumbuk halus
  • 8 butir bawang merah diiris halus
  • 5 batang seledri iris halus
  • 2 batang daun bawang kecil iris halus
  • secukupnya air
  • secukupnya Garam, merica

Cara membuat :

  • Cuci jagung, sisir dengan menggunakan pisau dan tempatkn dalam bakom
  • Campur semua bahan dalam baskom. Aduk rata
  • Perhatikan konsistensi adonan. Bila terlal kental, kamu bisa ambahkan air atau tambahkan tepung tergu bila terlalu encer.
  • Masukkan garam dan merica
  • Goreng adonan bakwan dalam minyak panas

Jangan lupa pratikkan tips agar gorengan renyah tahan lama ini ya!

3 dari 3 halaman

Beri Komentar