10 Cara Memilih Telur yang Baik, Anti Busuk dan Aman Dikonsumsi

Reporter : Arifina
Jumat, 26 Mei 2023 17:17
10 Cara Memilih Telur yang Baik, Anti Busuk dan Aman Dikonsumsi
Ini nih caranya biar tida salah pilih telur!

Telur adalah salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi di seluruh dunia. Kandungan nutrisi yang kaya, keanekaragaman dalam penggunaan, serta kepraktisannya membuat telur menjadi pilihan menarik untuk hidangan sehari-hari.

Namun, untuk memastikan kualitas dan kesegaran telur yang dikonsumsi, penting untuk mengetahui jenis telur dengan tepat. Sebab, jika asal, bukan tidak mungkin kamu justru mendapati telur yang sudah busuk.

Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber cara memilih telur yang baik!

1 dari 10 halaman

1. Perhatikan Warna Cangkang

Saat memilih telur, hal pertama yang harus diperhatikan adalah pada warna cangkangnya. Sebaiknya, pilih telur dengan warna cangkang pekat atau kecokelatan dan cerah, serta tidak berbintik.

Jangan membeli telur yang terdapat bintik-bintik hitam pada cangkangnya. Hal ini dimungkinkn telur sudah disimpan cukup lama dan berjamur.

2 dari 10 halaman

2. Pastikan Ukuran Telur Normal

Cara Memilih Telur yang Baik © Diadona

Selain cangkang, bentuk dan ukuran telur perlu diperhatikan. Telur yang bagus memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Pastikan kamu memilih telur dengan ukuran normal tersebut. Sebab, jenis ukuran besar tidk menjamin akan kualitas dari telur itu.

3 dari 10 halaman

3. Pilih Cangkang yang Bertekstur Kasar

Untuk memastikan telur yang baik, kamu bisa memperhatikan kondisi permukaan cangkangnya. Telur yang masih segar biasanya memiliki permukaan cangkang yang kasar dan ada butiran-butiran warna putih.

Jika mendapati telur yang mengkilap, kamu perlu hati-hati. Kemungkinan telur itu sudah disimpan dalam waktu yang lama.

4 dari 10 halaman

4. Lihat Bentuk Telur

Cara Memilih Telur yang Baik © Diadona

Hal lainnya untuk memastikan telur dalam kondisi yang bagus adalah dengan memperhatikan bentuknya. Rata-rata, telur memiliki bentuk yang bulat dan lonjong.

Nah, kamu bisa pilih yang bulat agar mendapatkan ukuran kuning telur lebih padat dan banyak. Tentu saja, nutrisi di dalam telur juga lebih banyak.

5 dari 10 halaman

5. Pastikan Melalui Aroma Telur

Pilih telur yang memiliki aroma segar. Meski cangkangnya tampak kuat, bukan berarti kamu tidak bisa mencium bau telur yang busuk lho!

Pastikan telur tidak beraroma amis saat kamu membelinya, maka hal itu akan didapati kualitas yang baik.

6 dari 10 halaman

6. Guncang-Guncang Telur

Cara Memilih Telur yang Baik © Diadona

Mengguncang telur secara perlahan dapat menjadi alternatif dalam memastikan kondisinya baik. Guncangkan dengan pelan dan dekatkan pada telinga.

Tanda telur berkualitas baik adalah yang tidak mengeluarkan suara saat diguncang. Berbeda dengan telur yang sudah lama, dia akan mengeluarkan suara saat dikocok.

7 dari 10 halaman

7. Tenggelamkan dalam Air

Kulitas telur yang baik dapat dilihat saat berada di dalam air. Jika telur tenggelam dalam dasar wadah, maka dipastikan kondisinya masih segar.

Namun, jika mengambang saat ditenggelamkan dalam air, maka isi dari telur itu sudah mencair dan kemungkinan juga busuk.

8 dari 10 halaman

8. Pastikan Tidak Retak dan Berlendir

Cara Memilih Telur yang Baik © Diadona

Telur yang cangkangnya sudah retak maka rentan terinfeksi bakteri. Maka, pastikan kamu memilih telur yang memiliki cangkang utuh ya!

Cangkang yang retak juga akan memunculkan lendir karena kondisi telur telah terbuka. Alhasil lebih cepat busuk.

9 dari 10 halaman

9. Sorot dengan Senter

Kamu juga bisa memastikan kondisi telur itu baik melalui sorotan senter atau didekatkan pada lampu. Jika bagian dalam telur terlihat terng dan jernih, kuning telur juga tidk bergerk maka dipastikan kondisinya baik.

Sebaliknya, jika cangkang berwarna buram maka telur sudah dalam kondisi yang tidak segar.

10 dari 10 halaman

10. Pecahkan dalam Wadah

Cara Memilih Telur yang Baik © Diadona

Ini adalah cara paling mudah untuk mengethui kualitas telur. Sebelum mengonsumsinya, mk pechkan dahulu telur ke dalam suatu wadah.

Telur yang baik, bagian kuningnya berbentuk bulat sempurna dan memiliki lapisan putih yang tebal dan kental. Jika kuning telur memecah dan lapisan putihnya encer, maka telur tidak layak dikonsumsi.

Itulah sederet cara memilih telur yang baik. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar