22 Manfaat Putih Telur Rebus untuk Wajah dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Selasa, 18 Februari 2020 11:11
22 Manfaat Putih Telur Rebus untuk Wajah dan Kesehatan
Putih telur tenyata bebas kalori loh! Berikut manfaat putih telur yang harus kamu tahu.

Tidak hanya kuning telur, putih telur juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Meski telur mengandung kolesterol, namun kolesterol tertinggi dalam telur adalah kolesterol baik (HDL). Lemak tertinggi dalam telur adalah lemak tidak jenuh, di mana hal ini justru diperlukan oleh tubuh.

Berikut adalah manfaat putih telur yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Masker Putih Telur

Sudah menjadi rahasia umum jika putih telur ini biasa digunakan sebagai masker. Lalu, apa saja manfaat yang didapat dari menggunakan masker putih telur ini? Berikut manfaat putih telur sebagai masker yang harus kamu tahu.

Ilustrasi Masker WajahIlustrasi Masker Wajah © 2019 https://www.diadona.id

Mengencangkan kulit

Manfaat putih telur dipercaya mampu mengencangkan kulit wajah yang kendur dan keriput. Kamu bisa mencobanya dengan mengoleskan putih telur tipis-tipis di atas wajah. Kemudian, bilas wajah kamu dan keringkan.

Mencegah jerawat dan bekas jerawat

Jerawat yang muncul bisa disebabkan oleh sekresi sebum berlebih ke permukaan kulit. Manfaat putih telur dapat menjadi solusi mengatasi masalah tersebut. Caranya, oleskan putih telur yang dicampurkan dengan 2 tetes tea tree oil dan usapkan secara perlahan dengan ujung jari. Akan tetapi, pastikan bahwa ujung jari yang kamu gunakan untuk mengusapkan putih telur sudah bersih.

Mengecilkan kantung mata

Manfaat putih telur dipercaya mampu mengecilkan kantung mata. Caranya yaitu dengan menggosokkan dengan lembut putih telur di bagian kantung mata menggunakan jari telunjuk perlahan-lahan. Setelah itu, bilas hingga bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Kemudian, oleskan minyak kelapa untuk hasil yang optimal.

Mengkilapkan rambut

Manfaat putih telur selanjutnya adlaah mengkilapkan rambut. Caranya, kocok putih telur hingga berbusa dan tambahkan satu sendok teh perasan lemon. Kemudian, usapkan pada rambut dan bungkus menggunakan shower cap. Setelah didiamkan selama 10 menit, bilas menggunakan air dan keringkan menggunakan handuk. Kamu akan melihat hasilnya.

Menghilangkan minyak di rambut

Mengoleskan putih telur di rambut mungkin akan terasa sangat menjijikkan. Akan tetapi, putih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya tidak akan berbau amis. Manfaat putih telur dapat mengencangkan folikel rambut, sehingga mencegah sebum berlebih yang disekresikan ke kulit kepala. Hal inilah yang membuat minyak di kepala menjadi berkurang atau hilang.

2 dari 3 halaman

Manfaat Putih Telur untuk Wajah

Untuk kecantikan wajah, kamu bisa menggunakan manfaat putih telur untuk wajah berikut ini.

Ilustrasi Putih TelurIlustrasi Putih Telur © 2020 https://http://homemadefacialmasksforacne.blogspot.com/

Mengecilkan pori-pori

Kamu yang memiliki lubang pori-pori besar di wajah wajib mencoba manfaatkan putih telur. Caranya, campurkan 1 sendok teh putih telur dan 1 perasan lemon. Oleskan secara merata ke seluruh wajah atau cukup di daerah yang berpori-pori besar. Tunggu hingga 15 menit, dan setelah itu bilas menggunakan air hangat. lakukan perawatan ini selama dua kali seminggu, dan pori-pori di wajah akan menyusut.

Menghilangkan rambut wajah

Manfaat putih telur mampu menghilangkan rambut-rambut yang ada di wajah. Cukup oleskan putih telur ke seluruh wajah, lalu tempelkan kertas masker di atasnya.

Setelah itu, oleskan kembali sedikit putih telur di atas kertas masker yang sudah menempel di wajah. Apabila sudah kering, kamu bisa mengupas kertas masker yang menempel di wajah, dan rambut-rambut yang ada di wajah pun akan ikut tercabut bersama dengan kertas masker tersebut.

Mengurangi minyak di wajah

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa manfaat putih telur mampu meminimalkan pori-pori di wajah, putih telur sangat baik bagi mereka yang wajahnya berminyak. Perawatan yang dilakukan pun sama dengan perawatan mengecilkan pori-pori. Hanya saja, kamu perlu membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Menyingkirkan bintik hitam di wajah

Bintik hitam di wajah bisa menjadi salah satu masalah besar bagimu. Masalah ini sangat mungkin membuat kepercayaan diri anda menurun. Dengan mengusapkan putih telur ke wajah, pori-pori yang ada di kulit pun menciut, dan bintik hitam yang ada di wajah pun hancur.

Menyamarkan keriput dan garis halus di wajah

Faktor usia mungkin akan membuat wajah kamu menjadi keriput dan mulai muncul garis halus. Masker putih telur dapat menjadi solusinya. Dengan menggunakan masker ini sebanyak dua kali seminggu, kulitmu akan terasa kencang dan tampak muda kembali.

3 dari 3 halaman

Manfaat Putih Telur Rebus

Selain digunakan untuk kecantikan dan diaplikasikan sebagai masker, manfaat putih telur ini juga bisa kamu rasakan dengan mengonsumsinya. Salah satu cara untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan merebusnya. Berikut adalah manfaat putih telur rebus.

Ilustrasi Telur RebusIlustrasi Telur Rebus © 2020 https://rawpixel.com/

Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat putih telur bisa menurunkan tekanan darah. Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa salah satu senyawa yang ditemukan pada putih telur memiliki efektivitas yang sama dalam menurunkan tekanan darah. Manfaat putih telur ini menyerupai efek obat penurun tekanan darah captopril.

Adapun bahan yang memiliki potensi menurunkan tekanan darah tersebut merupakan senyawa peptida bernama RVPSL. Di dalam penelitian sebelumnya, RVPSL dinyatakan sebagai substansi yang mampu menghalangi aksi enzim pengubah angiotensin (angiotensin converting enzyme/ACE). Enzim ini merupakan enzim yang diproduksi oleh tubuh dan mampu meningkatkan tekanan darah.

Karena penelitian ini baru dilakukan pada hewan, sehingga pembuktian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfaat putih telur bagi manusia.

Menjaga pertumbuhan otot

Manfaat putih telur yang satu ini sering kali dimanfaatkan oleh mereka yang ingin membentuk tubuhnya lebih kekar. Hal ini karena kandungan protein merupakan salah satu keutamaan dari manfaat putih telur bagi tubuh. Bagi para atlet dan siapa saja yang menjalani latihan kekuatan secara rutin, asupan protein dan karbohidrat yang cukup sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan otot-otot tubuh. Jumlah protein dan karbohidrat tentu saja bergantung kepada kegiatan yang dilakukan.

Mencegah penuaan dini

Mengonsumsi putih telur secara teratur juga membantu peremajaan sel dan jaringan yang akan menghasilkan kulit halus. Jadi, manfaat putih telur dapat digunakan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus dan kerutan.

Kaya zat besi

Seperti sayuran hijau, ternyata putih telur kaya akan zat besi yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah.

Mengandung kolin

Kolin atau choline adalah salah satu unsur yang terkandung dalam putih telur, kolin ini sangat membantumu untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jika kamu salah satu penderita insomnia, tak ada salahnya untuk mendapatkan manfaat putih telur. Selain itu, fungsi utama yang terkait dengan kolin adalah memastikan proses metilasi yang tepat. Fungsi ini penting untuk detoksifikasi, kreasi DNA, dan sinyal saraf. Tingkat kolin yang memadai dalam tubuh mencegah sistem saraf dari faktor-faktor yang merusak

Kaya vitamin B12

Telur merupakan makanan tepat untuk mendapatkan asupan vitamin B12, vitamin yang satu ini bisa membantu untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Mengandung zat antikanker

Manfaat putih telur berikutnya adalah kemampuannya melindungi tubuh dari kanker berkat kandungan seleniumnya. Selain itu, manfaat putih telur juga efektif untuk menghindari kanker prostat yang banyak menyerang pria.

Tinggi kalsium

Manfaat putih telur untuk wanita adalah karena mengandung tinggi kalsium, wanita membutuhkan banyak kalsium untuk meningkatkan kekuatan tulang dan menghindarkan diri dari osteoporosis.

Sarapan rendah kalori

Manfaat putih telur lainnya adalah cocok untuk mereka yang membutuhkan asupan yang rendah kalori. Putih telur menjadi pilihan cocok untuk sarapan, memilih putih telur sebagai menu sarapan merupakan salah satu diet rendah kalori yang baik

Bebas kolesterol

Sebutir telur utuh mengandung kolesterol yang sangat tinggi, bahkan sebutir telur berukuran besar sudah cukup memenuhi kebutuhan kolesterol harian yang direkomendasikan. Total jumlah kolesterol dalam sebutir telur hanya terdapat di dalam kuningnya saja, yaitu sebesar 213 miligram. Kebutuhan normal kolesterol tubuh perhari adalah 300 miligram, namun hanya boleh maksimal 200 miligram perhari, jika kamu mengalami diabetes atau gangguan kardiovaskular.

Jika kamu takut makan telur karena tidak ingin semakin menambah jumlah asupan kolesterol harian, maka kamu hanya cukup mengeluarkan kuning telur dan menikmati putih telurnya saja.

Putih telur kaya protein

Manfaat putih telur kaya akan albumin yang merupakan sumber protein, kalau kamu ingin membentuk otot, mengonsumsi putih telur adalah jawabannya.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat putih telur di atas? Bagaimana kamu mengolah putih telur ini untuk mendapatkan manfaatnya? Berikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar