12 Manfaat Telur Asin untuk Ibu Hamil dan Diet

Reporter : Sofi
Jumat, 21 Februari 2020 14:11
12 Manfaat Telur Asin untuk Ibu Hamil dan Diet
Kenapa sih telur asin selalu menggunakan telur bebek? Berikut jawaban dan manfaat telur asin yang harus kamu tahu.

Telur asin adalah telur yang telah mengalami proses pengawetan dengan menggunakan garam sehingga mampu bertahan lama. Bahan utama telur asin yang biasa digunakan oleh produsen adalah telur bebek. Tekstur yang dimiliki oleh telur bebek lebih kenyal dan rasanya lebih gurih daripada telur ayam.

Dalam hal kandungan gizi, telur bebek memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi terutama kandungan protein. Berikut adalah manfaat telur asin yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Telur Asin untuk Ibu Hamil

Telur asin mengandung banyak nutrisi yang bisa mengisi kebutuhan harian ibu hamil. Berikut adalah manfaat telur asin untuk ibu hamil.

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Baik untuk kesehatan tulang ibu hamil

Manfaat telur asin untuk ibu hamil juga baik untuk kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi telur asin di saat hamil, maka jumlah kalsium yang terkandung dalam tubuh ibu hamil akan meningkat sebanyak 25 kali. Hal ini tentu sangat mencukupi kebutuhan kalsium di masa kehamilan. Dengan begitu, ibu hamil akan terhindar dari keluhan pegal-pegal, nyeri pinggang hingga osteoporosis (tulang keropos).

Selain itu, tentunya janin di dalam kandungan juga membutuhkan kalsium untuk membentuk struktur tulang dan gigi yang kuat. Hal inilah yang juga bisa dipenuhi oleh manfaat telur asin. Selain itu, kalsium mendukung pengembangan irama jantung pada janin dan membentuk sistem pembekuan darah yang normal.

Menjaga kesehatan mata pada masa kehamilan

Manfaat telur asin untuk ibu hamil ternyata juga dapat menjaga kesehatan mata di masa kehamilan. Hal ini tentunya diperolah dari kandungan vitamin A yang terdapat pada telur asin. Di mana kandungan vitamin A pada manfaat telur asin bisa menguatkan daya pandang, terutama di tempat yang kurang cahaya. Selain itu juga dapat menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem imunitas tubuh ibu hamil.

Tidak hanya itu, dengan vitamin A, pertumbuhan visual janin juga terjaga, sehingga janin bisa berkembang dengan baik dan sempurna dalam rahim. Dalam 1 buah telur asin, didapatkan 950 IU vitamin A yang memenuhi 19% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Meningkatkan metabolisme tubuh selama kehamilan

Protein merupakan kandungan gizi utama yang ada di dalam telur asin. Karena itu, manfaat telur asin untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat meningkatkan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh dan memperbaiki kerusakan sel. Kandungan protein pada telur asin memberikan energi yang cukup pada sel-sel tubuh ibu hamil.

Di mana telur asin mengandung 8,9 gram protein atau setara dengan 18% dari kebutuhan harian. Bahkan dibandingkan dengan susu dan daging merah, telur asin masih jauh lebih kaya akan kandungan proteinnya. Kandungan protein yang kaya tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencegah bayi terlahir dengan kondisi berat badan rendah, membantu pembentukan organ dan pertumbuhannya di dalam kandungan.

Dengan terpenuhinya kebutuhan protein, maka janin akan terhindar dari cacat tabung saraf. Manfaat telur asin untuk ibu hamil memang sangatlah luar biasa. Namun, kamu harus memperhatikan porsi dan jumlah konsumsinya, jangan sampai terlalu berlebihan sehingga malah menimbulkan masalah kesehatan yang tidak diinginkan nantinya.

Membantu perkembangan otak bayi

Manfaat telur asin untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk membantu perkembangan otak bayi. Manfaat telur asin memiliki asam lemak omega 3 yang baik untuk perkembangan otak serta sumsum tulang belakang janin. Hal ini dapat membuat bayi nantinya lahir dengan tingkat kecerdasan yang baik.

Kandungan asam lemak omega 3 ini dapat berasal dari banyaknya kandungan protein yang terdapat di dalam telur asin. Makan telur asin juga mencegah adanya kecacatan pada janin.

Mengatasi anemia pada masa kehamilan

Manfaat telur asin untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat mengatasi masalah anemia pada masa kehamilan. Selain itu, manfaat telur asin juga dapat memberi energi pada masa kehamilan. Hal ini berkaitan dengan kandungan zat besi yang ada di dalam telur asin, yang bisa membantu tubuh ibu hamil untuk mengatasi gejala-gejala anemia seperti pusing, mual dan kelelahan.

Selain itu, fungsi zat besi ialah membentuk sel darah merah (eritrosit) dan mengatarkan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan jumlah sel darah merah yang cukup maka suplai oksigen dan nutrisi ke janin akan lancar, sehingga pertumbuhan dan perkembangan janin pun akan optimal.

Membantu perkembangan bayi secara keseluruhan

Manfaat telur asin untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat membantu perkembangan bayi secara keseluruhan. Hal ini terkait dengan kandungan asam amino pada telur asin. Karena asam amino yang terkandung dalam protein adalah unsur pembangun sel-sel tubuh, penting bagi ibu hamil mengonsumsi makanan kaya protein untuk membantu bayi berkembang secara normal.

2 dari 3 halaman

Manfaat Telur Asin untuk Diet

Ilustrasi Diet © Diadona

Dalam sebutir telur asin rebus, kira-kira terdapat sebanyak 195 kkal. Kandungan kalori yang cukup tinggi dalam telur asin ini membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga membantu kamu untuk mengurangi makanan lain. Dengan asumsi kebutuhan kalori kira-kira sebanyak 2000 kkal perhari, maka manusia membutuhkan kira-kira sebanyak 666 kkal per makan dengan catatan makan tiga kali sehari.

Nah, apabila kamu mengganti diet telur asin rebus sebanyak 1 butir ketika makan yang sebanyak 195 kkal, maka jumlah asupan kalori kamu akan berkurang sebanyak 471 kkal.

3 dari 3 halaman

Manfaat Telur Bebek Asin

Sebenarnya, telur asin bisa menggunakan telur ayam sebagai bahan utama. Tapi, hampir semuanya menggunakan telur bebek atau telur itik. Ini dikarenakan telur bebek atau telur itik memiliki kualitas cangkang yang lebih baik dalam menyerap garam sehingga lebih mudah untuk pengawetan. Berikut adalah manfaat telur bebek asin yang harus kamu tahu.

Ilustrasi Telur Asin © Diadona

Menurunkan kadar lipid darah

Kadar lipid darah seperti kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi masalah medis lainnya seperti penyakit degeneratif. Kandungan yang ada pada telur asin bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah.

Menjaga kesehatan kulit

Ternyata manfaat telur asin tidak hanya untuk kesehatan organ dalam atau tulang saja. Telur asin juga memiliki manfaat untuk kulit. Asupan telur asin bisa menjaga kesehatan kulit. Ini dikarenakan kandungan vitamin E yang ada di dalam telur asin.

Selain itu, vitamin E juga bisa mencerahkan kulit dan menghaluskan kulit. Kulit akan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti iritasi, gatal-gatal, ruam, dan lain-lain. Konsumsilah telur asin untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Menjaga kesehatan mata

Selain kesehatan kulit, manfaat telur asin juga untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A membantu tubuh untuk menjaga mata tetap memiliki penglihatan yang baik. Berbagai masalah mata bisa dicegah dengan asupan vitamin A yang cukup. Kamu bisa mendapatkan vitamin A dengan mengonsumsi telur asin.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang baik akan menjaga tubuh tetap fit. Manfaat telur asin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam telur asin terdapat selenium yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan begitu, pengonsumsian telur asin secara rutin mampu menjaga vitalitas tubuh.

Mengatasi tekanan darah tinggi

Konsumsi telur asin bisa mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Manfaat telur asin melalui kandungan protein bisa menurunkan tekanan darah terhadap dinding arteri. Hipertensi penting untuk diatasi karena bisa memicu penyakit jantung, stroke, dan masalah sistem kardiovaskular lainnya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi bagian putih pada telur asin bisa menurunkan tekanan darah.

Biasanya kamu makan telur asin ini dengan apa? Berikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar