7 Cara Memilih Sawo yang Matang, Dijamin Segar dan Manisnya Pas

Reporter : Arifina
Selasa, 7 November 2023 16:07
7 Cara Memilih Sawo yang Matang, Dijamin Segar dan Manisnya Pas
Memstikan buah sawo yang kamu beli matang atau nggak ternyata mudah banget lho!

Cara memilih sawo yang matang bisa untuk kamu terpkan saat memilih jenis buah berwarna coklt ini. Sawo merupakan salah satu jenis buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat.

Buah sawo memiliki tekstur yang lembut, empuk, dan berair saat digigit. Sawo juga memiliki rasa yang manis legit dan unik, seperti kombinasi rasa madu, stroberi, dan pisang.

Sawo memiliki ciri khas yaitu kulitnya yang berwarna coklat dan biasanya berbentuk bulat atau lonjong. Selain itu, buah sawo juga memiliki aroma khas yang manis dan menggugah selera.

1 dari 8 halaman

Cara Memilih Sawo yang Matang © Diadona

Selain rasanya yang lezat, buah sawo juga memiliki banyak kandungan gizi dan khasiat baik di dalamnya. Dilansir dari hellosehat.com, manfaat buah sawo terdapat kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, natrium, dan kalium yang baik untuk tubuh.

Sementara itu, khasiat buah sawo antara lain, dapat melancarkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, menangkal radikal bebas, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah sawo yang matang memiliki ciri-ciri tertentu yang perlu diperhatikan. Berikut diadona.id rangkumkan cara memilih sawo yang matang dengan mudah, yuk simak!

2 dari 8 halaman

Perhatikan Warna Kulitnya

Salah satu cara memilih buah sawo yang matang adalah dengan memperhatikan warna kulitnya.  Warna kulit merupakan salah satu penanda apakah buah sawo sudah matang atau belum.

Sawo yang sudah matang memiliki warna kulit coklat tua dan merata di seluruh permukaan. Hindari memilih sawo yang masih terdapat warna kehijauan atau bintik-bintik hijau karena menandakan sawo belum cukup matang.

3 dari 8 halaman

Tekan Bagian Tekstur Buh Sawo

Selain warna kulit, tekstur pada buah sawo juga dapat menjadi penanda yang kuat akan kematangan buah. Sawo yang matang memiliki tekstur yang lebih lembut dan empuk saat permukaan kulitnya ditekan dengan menggunakan tangan.

Sawo mengalami perubahan tekstur seiring dengan proses pematangannya. Sawo yang belum matang cenderung memiliki tekstur yang keras dan kaku saat ditekan. Karena itu, selalu pastikan kamu menekan tekstur kulitnya saat memilih buah sawo agar bisa mendapatkan buah yang matang sempurna.

4 dari 8 halaman

Hindari Sawo yang Bergetah Pada Kulitnya

Ilustrasi Sawo © Diadona

Sawo merupakan buah yang kulitnya mengandung getah. Sawo menghasilkan getah untuk melindungi dirinya dari hama dan kerusakan fisik. Biasanya getah pada sawo tidak hanya ditemukan pada kulitnya saja, tetapi juga di dalam daging buahnya.

Sehingga, saat memilih buah sawo sebaiknya hindari buah yang terdapat getah di kulitnya. Daging buah yang berada di bawah getah bisa jadi sudah rusak dan kurang nikmat saat dimakan.

Getah dapat mengganggu rasa manis alami pada buah sawo karena memiliki rasa yang pahit dan tidak enak. 

5 dari 8 halaman

Perhatikan Aroma Buah Sawo

Sawo memiliki aroma alami yang manis dan harum. Aroma alami dari sawo inilah yang membuat sawo menjadi buah yang digemari banyak orang. Selain itu, ternyata aroma sawo yang manis,dan harum juga bisa menjadi tanda bahwa sawo sudah matang dan siap dimakan.

Sementara sawo yang belum matang, biasanya memiliki aroma yang lebih ringan, tidak begitu manis, dan bahkan tidak ada aromanya sama sekali jika dibandingkan sawo yang matang.

6 dari 8 halaman

Jangan Pilih Sawo yang Keriput

Untuk bisa mendapatkan buah sawo berkualitas dan matang sempurna, maka hindari memilih sawo yang kulitnya sudah keriput dan lembek. Hal ini dikarenakan, sawo yang keriput dan lembek menandakan bahwa buah tersebut sudah melewati tahap kematangan yang baik.

Sawo yang keriput dan lembek berarti sawo sudah terlalu matang dan mengakibatkan tekstur daging buahnya menjadi sangat lembek dan tidak enak saat dikonsumsi. 

Selain itu, sawo yang sudah keriput dan lembek juga tidak akan memiliki daya tahan yang lama sehingga akan menjadi lebih cepat busuk dan tidak enak untuk dimakan.

7 dari 8 halaman

Pilih Sawo yang Kulitnya Mulus

Cara Memilih Sawo yang Matang © Diadona

Ketika memilih sawo, pilihlah sawo yang kulitnya mulus tanpa ada kerusakan, baik bekas lubang, goresan, bulu, ataupun sisik keras. Kulit sawo yang berlubang menandakan buah tersebut sudah dimakan oleh ulat.

Sementara kulit sawo yang berbulu dan bersisik menunjukkan bahwa sawo masih mentah. Buah sawo yang kulitnya mulus dan baik menandakan buah tersebut berkualitas bagus.

8 dari 8 halaman

Lihat Ukuran Berat Buah Sawo

Berat buah sawo ternyata juga dapat menjadi penanda kematangannya lho! Sawo yang matang akan terasa lebih berat, lebih padat, dan penuh.

Perhatikan berat sawo dengan cara memegangnya, jika sawo terasa ringan maka buah belum matang dengan sepenuhnya. Namun jika buah sawo terasa berat untuk ukurannya ketika dipegang, berarti buah sudah matang dan memiliki daging yang berisi.

Nah, itulah tadi beberapa cara memilih sawo yang matang dengan mudah. Ciri-ciri sawo yang sudah matang tidak sulit bukan untuk dikenali? Buah sawo tidak hanya bisa langsung dikonsumsi, bisa juga diolah menjadi hidangan penutup yang lezat lho! Selamat mencoba!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar