8 Tips Mengolah Kubis agar Tidak Pahit, Makin Lezat dan Tetap Renyah saat Dimasak!

Reporter : Arifina
Selasa, 24 Oktober 2023 14:17
8 Tips Mengolah Kubis agar Tidak Pahit, Makin Lezat dan Tetap Renyah saat Dimasak!
Pernahkah kalian memasak kubis tapi hasilnya pahit? Ikuti tips berikut untuk mengatasinya!

Tips mengolah kubis agar tidak pahit bisa kalian jadikan referensi agar hasil olahan kubismu lebih nikmat. Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang sering digunakan dalam berbagai hidangan dan resep masakan.

Sayur kubis dikenal memiliki rasa yang khas dan teksturnya yang renyah. Kubis biasa dimasak dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, ditumis, ataupun digoreng.

Kubis merupakan sumber nutrisi yang baik dan mengandung banyak gizi di dalamnya. Dilansir dari halodoc.com, sayur berwarna hijau ini memiliki kandungan protein, serat, vitamin K, vitamin C, folat, vitamin B6, kalsium, kalium, dan magnesium. Selain itu, kubis juga sayuran yang dikenal sangat rendah kalori.

1 dari 9 halaman

Ilustrasi Kubis © Diadona

Kubis bisa dijadikan sebagai olahan sayur yang serbaguna dan berbagai masakan yang lezat seperti sayur sop, kubis goreng, tumis kubis jamur, kubis rebus.

Namun, kubis juga memiliki rasa alami yang sedikit pahit dan bisa menyebabkan masakan menjadi kurang sedap jika cara mengolahnya salah. Bberikut tips mengolah kubis agar tidak pahit, yuk simak!

2 dari 9 halaman

Pilih Kubis yang segar dan Berkualitas

Ketika akanmengolah kubis untuk menjadi masakan yang lezat, pastikan untuk memilih kubis yang berkualitas baik dan masih segar. Ciri-cirinya bisa dilihat dari warnanya hijau cerah merata tanpa bercak dan bentuknya yang masih bulat utuh, tanpa ada yang patah, lembek, ataupun layu.

Kubis yang segar memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan kubis yang sudah tua cenderung memiliki rasa yang pahit. Selain itu, kubis yang segar juga memiliki tekstur yang renyah dan mengandung gizi yang lebih banyak.

3 dari 9 halaman

Rendam di Air Garam

Ada baiknya sebelum mengolah sayuran hijau satu ini, kubis direndam dengan air garam terlebih dahulu. Proses perendaman ini bertujuan untuk mengurangi rasa pahit pada kubis.

Rasa pahit ini berasal dari senyawa yang terkandung dalam kubis, terutama pada daun yang lebih tua. Selain untuk mengurangi rasa pahit, air garam juga dapat membantu kubis menjadi lebih lembut dan tidak terlalu keras ketika dimakan.

Proses perendaman kubis ini tidak memerlukan waktu yang lama, cukup sekitar 15-20 menit saja. Setelah itu, bilas kubis dengan air mengalir untuk menghilangkan sisa garam yang berlebihan.

4 dari 9 halaman

Pilih Metode Memasak yang Tepat

Ilustrasi Kubis atau Kol © Diadona

Kubis merupakan sayuran yang serbaguna dan dapat dimasak dengan berbagai metode, tergantung dengan jenis hidangan yang dimasak. Kubis dapat dimasak dengan cara ditumis, direbus, dan juga dipanggang.

Menumis kubis dapat memberikan rasa yang renyah dan gurih. Merebus kubis dapat membantu tekstur kubis menjadi lebih lunak. Sementara memanggang kubis dapat memberikan rasa yang manis dan renyah.

Pilihan metode memasak yang sesuai dengan jenis hidangan yang diinginkan ini dapat menghindari olahan sayur menjadi pahit. Sebab, tambahan bumbu pada masakan akan mengurangi kadar rasa pahit yang terdapat pada kubis, sehingga masakan semakin lezat.

5 dari 9 halaman

Beri Tambahan Gula atau Madu

Supaya rasa kubis tidak pahit saat diolah, kamu bisa menambhakan gula atau madu sedikit saja. Kedua bahan ini dapat membantu mengimbangi rasa pahit pada kubis dengan memberikan rasa manis pada hidangan yang dimasak.

Namun yang perlu diperhatikan, penambahan gula atau madu juga harus dalam jumlah yang tepat. Jangan menambahkan gula atau madu terlalu banyak agar rasa pada kubis tetap seimbang dan tidak terlalu manis. Selain itu, gula dan madu juga bisa membantu membuat tampilan pada kubis menjadi semakin menarik karena terjadinya proses karamelisasi.

6 dari 9 halaman

Hindari Memasak Kubis Terlalu Lama

Ketika memasak kubis, perhatikan waktunya. Jangan memasak terlalu lama karena bisa menyebabkan kubis menjadi pahit dan teksturnya berubah menjadi terlalu lembut atau bahkan hancur.

Perubahan ini dikarenakan adanya proses oksidasi yang bisa meningkatkan rasa pahit pada kubis sebab adanya kandungan senyawa alami yaitu glukosinolat pada kubis yang bisa menghasilkan rasa pahit jika terpapar panas berlebihan. Semakin lama kubis dimasak, maka semakin banyak pula kandungan nutrisi yang hilang.

Masak kubis selama beberapa menit saja sampai teksturnya agak lunak agar rasa, tekstur, dan nutrisi di dalam kubis tetap terjaga.

7 dari 9 halaman

Gunakan Minyak Secukupnya

Tips Mengolah Kubis agar Tidak Pahit © Diadona

Jika ingin mengolah kubis dengan minyak, pastikan kamu menggunakan minyak secukupnya saja. Jangan memasak kubis dengan terlalu banyak minyak karena dapat mengakibatkan kubis menjadi berminyak dan bahkan pahit.

Kubis yang dimasak dengan minyak yang banyak dapat menghasilkan rasa yang sangat berat dan berlemak. Selain itu, kubis juga memiliki kemampuan untuk menyerap minyak dengan cepat, sehingga jika memasak dengan minyak yang banyak, maka kubis akan menjadi sangat berminyak dan rasa serta teksturnya berubah.

8 dari 9 halaman

Tambah Bumbu Lain

Untuk menambah cita rasa pada olahan kubis, maka tambahkanlah bumbu-bumbu alami atau buatan yang bisa meningkatkan rasa. Tambahkanlah bumbu-bumbu seperti bawang putih, jahe, merica, garam, gula, lada, ataupun kaldu bubuk saat mengolah kubis.

Penambahan bumbu ini dapat membantu dapat memberikan rasa yang lebih dalam dan kaya serta mengimbangi rasa pahit yang dihasilkan oleh kubis sehingga hidangan akan menjadi lebih lezat dan nikmat saat disantap.

9 dari 9 halaman

Buat Variasi Masakan dengan Kubis

Ketika mengolah kubis, jangan hanya menggunakan kubis saja. Tambahkanlah bahan-bahan lain seperti daging, tahu, tempe, telur, ataupun sayur-sayuran.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa pahit pada kubis dan meningkatkan tekstur serta rasa pada hidangan. Menggabungkan kubis dengan bahan lain dapat membantu meningkatkan nilai kandungan gizi pada hidangan.

Selain itu, penambahan bahan ini juga membuat variasi hidangan kubis menjadi lebih menarik dan menggugah selera.

Itulah tadi tips mengolah kubis agar tidak pahit dan tetap renyah saat dimasak. Setelah mengikuti tips di atas, dijamin olahan kubis yang kalian masak tidak akan pahit lagi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P. 

Beri Komentar