6 Tips Membuat Rujak Buah, Segar, Pedas, Manis yang Menggugah Selera

Reporter : Arifina
Selasa, 24 Oktober 2023 18:17
6 Tips Membuat Rujak Buah, Segar, Pedas, Manis yang Menggugah Selera
Aneka buah dicampur dengan sambal pedas manis dari bumbu rujak yang menggugah selera, begini cara buatnya!

Tips membuat rujak buah bisa kamu terapkan untuk membuat camilan pedas manis dan segar ini. Olahan rujak buah cocok menjadi kudapan untuk disantap saat berkumpul bersama kerabat atau keluarga.

Berbagai buah yang disajikan dengan cocolan bumbu rujak dari gula merah dan cabe membuat menu makanan satu ini banyak digemari masyarakat Tanah Air. Berbagai buah yang segar dan bumbu rujak yang menjadi pelengkap hidangan dengan bumbu kacang dan gula merah menghadirkan rasa gurih dan manis untuk memberikan sensasi yang menggoda.

1 dari 8 halaman

Tips Membuat Rujak Buah © Diadona

Selain rasanya yang menyegarkan dan nimat, ternyata rujak buah kaya manfaat lho! Dilansir dari biotifor.or.id, rujak buah memiliki sumber antioksidan yang alami, mampu melindungi sel tubuh dari adanya kerusakan akibat radikal bebas.

Antioksidan sendiri mampu membantu mengurangi risiko penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. Walaupun rujak buah memiliki rasa yang lezat dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, tetap konsumsi dengan sewajarnya ya!

Nah, membuat rujak buah sebenarnya mudah kok asal kamu mengetahui triknya dengan tepat. Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips membuat rujak buah yang segar, pedas manis dan nikmat!

2 dari 8 halaman

Pilih Buah yang Segar

Kunci utama rujak buah adalah dengan memilih buah yang segar. Buah yang segar memiliki tekstur renyah, rasa yang manis atau asam, dan aroma yang khas.

Perhatikan bagian kulitnya apakah terdapat kerusakan, ini untuk memastikan kondisi buah masih segar. Kulit buah yang segar memiliki tekstur yang halus dan mulus atau tidak ada kerusakannya.

Contohnya, buah nanas yang segar memiliki kulit yang tampak menarik, aroma yang enak dan harum, dan daun mahkota yang dengan mudah ditarik. Kemudian jambu air, memiliki kulit yang berwarna cerah dan bebas dari kerusakan.

Pilih potongan jambu air yang berwarna putih atau merah muda, dijamin jambu air renyah dan matang.

3 dari 8 halaman

Variasikan Buah untuk Diolah

Membuat rujak buah yang segar dan leat bergantung pada variasi buah-buahan yang kamu pilih. Semakin bervariatif, maka rujak buah lebih lezat.

Sebab, setiap buah memiliki rasa dan tekstur yang berbeda, jika digabungkan dalam satu hidangan akan memberikan variasi rasa dan tekstur yang lebih menarik dan nikmat. Kamu bisa memilih buah bengkuang, jambu air, belimbing manis, mangga muda, jeruk bali, pepaya, nanas, hingga mentimun.

Kombinasi beberapa buah-buahan tersebut akan membuat hidangan memiliki tampilan visual yang menarik dan menggugah selera.
Selain itu, variasi buah pada rujak buah ini merupakan bagian dari warisan kuliner dan tradisi lokal. Di berbagai wilayah, variasi rujak buah dapat mencerminkan kekayaan bahan makanan lokal.

4 dari 8 halaman

Perhatikan Potongan Buahnya

Ilustrasi Buah-buahan © Diadona

Jangan lupa untuk memotong semua buah-buahan yang akan dijadikan rujak buah. Memotong buah terlebih dahulu akan lebih memudahkan untuk menikmati rujak buah ini.

Potongan buah dalam bentuk kecil dan merata agar lebih nyaman untuk dimakan. Apalagi jika kamu menghidangkan rujak buah dalam piring atau mangkok dan menikmatinya bersama keluarga atau kerabat.

Tampilan potongan buah yang sama merata akan tampak menarik dan menggugah selera untuk dikonsumsi lho!

5 dari 8 halaman

Buat Bumbu Rujak dengan Takaran yang Tepat

Selain buah yang segar, bumbu rujak menjadi peran yang penting untuk hidangan ini. Bumbu rujak sangat mudah dibuat dan bahannya sangat mudah dicari.

Hanya dengan gula merah dan kacang, kamu bisa menghasilkan bumbu rujak buah yang nikmat. Namun, sebagian orang lebih nikmat untuk menikmatinya jika dengan menambahkan cabe agar sensasi pedas manisnya lebih terasa.

Perpaduan gula merah, asam jawa, kacang tanah goreng, garam, dan cabe rawit akan menghasilkan bumbu rujak yang sedap. Cara membuatnya juga sangat mudah, cukup menghaluskan gula merah bersama cabe, garam, dan asam jawa. Kemduian, sesuaikan tingkat kepedasan dan banyak tidaknya bumbu rujak.

6 dari 8 halaman

Tambah Topping

Makan rujak buah dengan bumbu rujak saja sudah lezat, tapi lebih nikmat lagi jika diberi topping. Topping yang biasa ditambahkan saat akan disajikan, seperti kerupuk, bawang merah atau bawang putih goreng, hingga tahu gireng.

Dengan menambahkan topping saat menikmati rujak buah akan memberikan tekstur dan rasa tambahan yang lebih enak dan lezat.
Jangan lupa untuk pecinta pedas untuk menambahkan sambal di bumbu rujaknya.

7 dari 8 halaman

Sajikan Rujak Buah Dingin

Tips Membuat Rujak Buah © Diadona

Rujak buah akan lebih lezat jika disajikan dingin. Sebelum buah disajikan, sebaiknya taruh dalam kulkas selama 10-20 menit saja. Cukup sampai buah dingin atau jangan terlalu lama ditaruh kulkas, karena beberapa buah akan lebih mudah berair jika ditaruh kulkas cukup lama.

Buah yang dinikmati dengan keadaan dingin akan cenderung lebih renyah dan lezat jika dibandingkan dengan buah yang terlalu hangat atau didiamkan terbuka dalam suhu ruang. Selain itu, jika buah disimpan dalam kulkas akan mempertahankan rasa dan tekstur buah yang segar.

Itulah beberapa tips membuat rujak buah yang kesegarannya menggugah selera dikala cuaca yang terik saat ini. Nikmati rujak buah dengan sewajarnya agar merasakan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar