10 Cara Memilih Buah Nanas yang Bagus, Manis, dan Matang!

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 24 Maret 2023 15:08
10 Cara Memilih Buah Nanas yang Bagus, Manis, dan Matang!
Begini lho cara memilih buah nanas yang bagus, biar nggak ketipu!

Nanas merupakan salah satu nama buah yang populer di Indonesia dengan warna kuning yang segar dan rasanya manis. Selain dapat dikonsumsi langsung, buah ini juga sering dijadikan bahan makanan seperti selai, es buah, bumbu masakan, dan sebagainya.

Namun, meski dikenal dengan rasa manisnya, terdapat beberapa jenis nanas yang rasanya hambar. Hal ini biasanya terjadi karena nanas belum matang dengan sempurna. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara memilih nanas yang tepat.

Enggak hanya bertanya langsung pada penjual, kamu juga dapat mencoba beberapa trik untuk memilih buah nanas yang matang. Seperti apa cara memilih buah nanas yang bagus? coba simak ulasannya berikut ini kuy!

1 dari 14 halaman

Cek Warna Buahnya

Cara Memilih Buah Nanas yang Bagus © Diadona

Dalam hal warna, pastikan untuk memilih nanas dengan daun yang hijau cerah dan sehat, karena ini menunjukkan kesegarannya. Idealnya, kulit nanas harus memiliki warna kuning kehijauan yang menunjukkan bahwa buah tersebut sudah matang sepenuhnya.

Ini karena nanas akan perlahan-lahan berubah warna dari hijau menjadi kuning ketika matang, dan tidak akan matang lagi setelah dipetik. Hindari memilih nanas dengan kulit berwarna oranye tua, karena menurut Bonappetit nanas dengan kulit oranye tua sudah terlalu matang. Namun, ada juga nanas berkulit hijau yang sudah matang dalam beberapa kasus. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain selain warna ketika memilih nanas yang sudah matang.

2 dari 14 halaman

Lihat Warna Mahkota

Buah nanas memiliki mahkota atau daun hijau di bagian atasnya. Cara memilih nanas matang yang pertama adalah dengan memperhatikan mahkota tersebut. Pilihlah nanas dengan mahkota yang tegak dan berwarna hijau cerah, karena itu menandakan bahwa buah nanas sudah matang. Sebaliknya, jika mahkota nanas sudah kecoklatan, kemungkinan besar nanas tersebut sudah hampir busuk.

3 dari 14 halaman

Perhatikan Bagian Bawah Buah Nanas

Cara Memilih Buah Nanas yang Bagus © Diadona

Cara lain untuk memilih buah nanas yang bagus adalah dengan melihat bentuk bagian bawah buahnya. Jika bentuknya masih terlihat lonjong, maka nanas tersebut belum matang dengan sempurna. Sebaliknya, pilihlah nanas yang bentuk bagian bawahnya cenderung lebih bulat, karena itu menandakan bahwa nanas tersebut sudah matang.

4 dari 14 halaman

Pilih Nanas yang Berukuran Besar

Sebaiknya perhatikan dengan detail, pilih nanas yang memiliki ukuran yang besar. Hal ini tidaklah tanpa alasan, karena nanas yang besar cenderung sudah matang dan rasanya lebih manis.

5 dari 14 halaman

Remas Buah Nanas

Cara Memilih Buah Nanas yang Bagus © Diadona

Seperti buah-buahan lainnya, tekstur nanas juga bisa menjadi petunjuk untuk menentukan apakah nanas sudah matang dengan sempurna. Nanas yang bagusg seharusnya memiliki kulit yang kokoh, tetapi sedikit empuk dengan sedikit rasa lembut saat diremas. Sebaliknya, jika nanas sangat padat atau keras saat diremas, kemungkinan besar nanas tersebut belum matang dengan sempurna.

6 dari 14 halaman

Cium Aromanya

Metode terbaik untuk mengetahui apakah nanas sudah matang dan siap dimakan adalah dengan mencium aromanya. Nanas yang bagus biasanya memiliki aroma manis yang bisa tercium di dekat pangkal buahnya. Jika nanas tidak memiliki aroma, kemungkinan besar nanas belum matang sepenuhnya. Namun, jika aroma nanas sangat kuat seperti aroma terfermentasi atau pahit, itu menunjukkan bahwa nanas mungkin sudah terlalu matang.

7 dari 14 halaman

Tekan Permukaan Buah Nanas

Untuk memastikan bagus tidaknya nanas, kamu bisa menekan permukaan kulitnya dengan menggunakan jari. Bila saat ditekan teksturnya cukup empuk, artinya nanas tersebut sudah siap disantap, namun bila masih terasa keras, lebih baik pilih nanas lainnya.

8 dari 14 halaman

Jangan Pilih Nanas yang Berkerut

Disarankan untuk tidak membeli nanas yang kulitnya keriput atau berkerut. Buah nanas dengan kondisi tersebut biasanya sudah terlalu tua atau melebihi batas kematangannya. Nanas yang matang biasanya berwarna kekuningan dan memiliki permukaan kulit yang licin dan mengkilap ketika terkena cahaya.

9 dari 14 halaman

Bandingkan Beratnya

Cara Memilih Buah Nanas yang Bagus © Diadona

Cara lain untuk menentukan apakah nanas sudah matang atau belum adalah dengan memperhatikan beratnya. Memeriksa berat bisa menjadi strategi yang efektif untuk mengukur kematangan nanas. Pilihlah nanas yang terasa berat sesuai ukurannya.

Minta penjual untuk menimbang nanas sebelum membeli. Karena nanas yang lebih berat cenderung menandakan bahwa buahnya lebih matang. Selain itu, nanas yang berat juga umumnya cenderung lebih manis.

 

10 dari 14 halaman

Cara Memotong Nanas yang Benar

Pada umumnya, nanas diiris menjadi dua jenis potongan, yaitu potongan kecil dan potongan lingkaran atau cincin. Untuk mengiris nanas menjadi potongan kecil, kamu bisa memulainya dengan memotong bagian atas nanas menjadi dua dan kemudian memotongnya menjadi empat bagian. Setelah itu, buang bagian tengahnya yang keras, kupas kulitnya, dan cabut " mata" yang mengganggu. Setelah itu, iris nanas sesuai dengan ukuran dadu yang kamu inginkan dan nikmati hasil kreasimu.

Sedangkan, untuk mengiris nanas menjadi potongan lingkaran atau cincin, kamu bisa memulainya dengan memotong bagian atas dan bawah nanas terlebih dahulu. Kupas kulitnya dan buang " matanya" . Kemudian, iris nanas sesuai dengan ketebalan yang kamu inginkan dan potong bagian tengahnya untuk membentuk lingkaran atau cincin.

11 dari 14 halaman

Manfaat Buah Nanas

Buah nanas adalah sumber vitamin dan antioksidan yang baik. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit scurvy. Selain itu, masih banyak lho manfaat buah nanas ini.

1. Mengobati radang sendi

Manfaat buah nanas yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam mengurangi peradangan sendi dan otot. Kamu bisa merasakan manfaat nanas yang satu ini dengan rutin mengonsumsi buah nanas secara teratur.

2. Meningkatkan Imunitas

Manfaat buah nanas selanjutnya adalah untuk meningkatkan imunitas. Satu porsi buah nanas memiliki lebih dari 130 persen kebutuhan vitamin C setiap hari bagi manusia. Hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan. Dengan begitu, manfaat nanas yang satu ini juga bisa melindungi efek dari radikal bebas.

 

 

12 dari 14 halaman

3. Menciptakan kolagen

Manfaat buah nanas juga untuk menciptakan kolagen. Vitamin C dalam nanas penting dalam menciptakan kolagen. Kolagen merupakan protein yang membentuk pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Manfaat nanas ini bisa kamu rasakan dengan rutin makan buah nanas ini.

4. Solusi efektif untuk jerawat

Manfaat buah nanas yang lainnya ternyata efektif untuk mengatasi jerawat. Lagi-lagi kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah nanas ini. Selain itu, bromelain, atau enzim anti inflamasi dapat meningkatkan daya penyembuhan pada kulit berjerawat.

5. Mencegah rambut rontok

Manfaat buah nanas selanjutnya ternyata juga dapat mencega rambut rontok. Kamu bisa merasakan manfaat nanas yang satu ini jika rutin mengonsumsi buah yang satu ini. Vitamin C dan antioksidan bisa membantu mencegah kerusakan rambut akibat radikal bebas. Kamu bisa menjadikannya jus segar dan minum secara rutin.

13 dari 14 halaman

Demikianlah beberapa cara memilih buah nanas yang bagus dan matang. Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, kamu bisa memastikan membeli nanas yang segar dan nikmat. Jangan lupa, selalu beli nanas dari penjual yang terpercaya dan pastikan buah yang kamu pilih tidak terlihat cacat atau rusak. Selamat mencoba!

Beri Komentar