8 Tips Memilih Buah Semangka yang Manis dan Segar, Perhatikan Bagian yang Ini!

Reporter : Arifina
Jumat, 27 Oktober 2023 18:03
8 Tips Memilih Buah Semangka yang Manis dan Segar, Perhatikan Bagian yang Ini!
Buah semangka yang manis bisa dilihat dari ciri-ciri berikut ini lho!

Tips memilih buah semangka yang manis dan memiliki banyak kandungan air di dalamnya ternyata hanya perlu dilihat dari luarnya saja. Buah semangka yang manis dapat membantu kita untuk memenuhi kebutuhan hidrasi sehari-hari. Kandungan air tersebut juga bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan.

Memiliki kulit berwarna hijau dan bagian dalamnya berwarna kuning dan merah serta memiliki biji berwarna hitam menjadikan buah ini banyak digemari. Tak hanya rasanya yang segar, tapi buah berwarna merah ini memiliki manfaat akan kesehatan tubuh.

Dilansir dari hellosehat.com, buah semangka memiliki khasiat yang berasal dari serat, mineral, vitamin, dan antioksidan. Satu buah semangka memiliki 7 mg kalsium, 6 mg vitamin, hingga 7 mg natrium.

Kandungan nutrisi tersebut tentunya mampu membantu menjaga kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan jantung, mencegah pembentukan batu ginjal, membantu mengendalikan gula darah, hingga mengatasi nyeri otot.

1 dari 9 halaman

Ilustrasi Semangka © Diadona

Buah yang memiliki kaya kandungan nutrisi serta rasa yang manis yang lezat ini didapatkannya pun cukup mudah. Kamu bisa menjumpainya di berbagai toko buah.

Namun, biasanya orang akan kesulitan untuk memilih orang buah semangka yang manis dan memiliki daging berwarna merah. Padahal kamu hanya perlu memperhatikan beberapa ciri-ciri dan tips yang ada pada tampilan luar buah semangka lho! 

Nah, agar mendapati buah semangka yang manis berikut ini diadona.id rangkumkan tipsnya buat kamu!

2 dari 9 halaman

Perhatikan Bentuk Semangka

Langkah pertama yaitu, perhatikan bentuk buah semangka. Cermatilah buah semangka yang bentuknya bulat, bukan oval ataupun lonjong.

Semangka yang berbentuk lebih bulat memiliki rasa yang lebih manis daripada buah yang berbentuk oval atau lonjong memanjang. Buah semangka yang berbentuk lonjong cenderung memiliki kadar air yang tinggi dan aroma yang kurang kuat. Selain itu, hindari semangka yang memiliki gumpalan yang tidak beraturan pada bagian permukaanya.

3 dari 9 halaman

Ketuk Buah Semangka

Selanjutnya, cara terbaik untuk memilih buah semangka yang manis adalah dengan mengetuk-ngetuk lembut permukaan buahnya. Hal ini dapat membantu untuk memilih buah yang terbaik dan memeriksa kepadatan buah.

Perhatikan suara ketukannya, bila terdengar berat maka semangka tersebut matang merata dan sempurna. Namun, semangka yang banyak rongga akan menghasilkan suara yang nyaring saat diketuk pada permukaanya.

4 dari 9 halaman

Perhatikan Bercak pada Kulit Semangka

Ilustrasi Semangka © Diadona

Bercak pada permukaan buah semangka yang berwarna kuning biasa disebut sebagai field atau ground spot. Tapi, jangan dulu menilai itu tidak baik, justru bercak kuning tersebut menunjukkan bahwa semangka telah matang memiliki rasa yang manis.

Namun, jika bercak yang ditemukan lebih putih, artinya buah semangka tersebut belum matang dan terlalu cepat untuk dipetik. Jika memilih buah semangka yang memiliki bercak putih, maka kemungkinan rasa semangka tidak terlalu manis.

5 dari 9 halaman

Pilih Semangka yang Paling Berat

Semangka yang manis juga bisa dilihat dari berat yang dimiliki. Buah semangka yang berkualitas baik akan memiliki bobot yang sesuai dengan ukurannya.

Saat buah semangka diangkat, semangka yang memiliki rasa manis akan lebih berat daripada yang terlihat. Jika semakin padat ukurannya, maka kandungan airnya semakin tinggi dan menghasilkan buah semangka yang lebih manis.

Pastikan untuk tidak memiliki semangka dengan ukuran yang besar atau terlalu kecil, karena ukuran semangka tersebut tidak menentukan beratnya.

6 dari 9 halaman

Perhatikan Bagian Garis Hijau Semangka

Buah semangka yang manis juga dapat dilihat dari garis yang dimiliki pada bagian kulitnya. Jika warna garis hijau semakin gelap dan tajam, maka itu adalah salah satu tanda bahwa buah semangka tersebut memiliki rasa yang manis.

Pilihlah semangka yang warna garisnya tampak kusam. Jika semangka itu kilap, kemungkinan besar buah tersebut kurang matang. Perhatikan ciri-ciri ini agar mendapat buah semangka yang manis.

7 dari 9 halaman

Periksa Bagian Tangkai Semangka

Tips Memilih Buah Semangka yang Manis © Diadona

Jika kamu membeli buah semangka yang masih utuh atau belum dipotong-potong, perlu juga periksa bagian tangkainya. Tangkai buah yang menghubungkan buah dengan bunga dan tanaman ke akarnya berfungsi mengangkut air dan nutrisi buah semangka saat proses pertumbuhannya.

Bila tangkainya kering dan berwarna kuning kecoklatan, kemungkinan buah semangka tersebut sudah matang dan memiliki rasa yang manis. Bila tangkainya berwarna hijau maka menandakan bahwa semangka tersebut belum matang dan kurang manis.

8 dari 9 halaman

Pastikan Ketebalan Kulit Semangka

Semangka yang manis dan matang umumnya memiliki kulit yang tebal dan tidak mudah pecah saat ditekan atau di ketuk. Sementara itu, jika buah semangka memiliki kulit yang lembek, artinya buah tersebut terlalu matang dan akan lebih cepat membusuk jika tidak langsung dikonsumsi.

Jika Kamu membeli pada penjualnya langsung, mintalah untuk memberikan contoh hasil buah semangka miliknya apakah berkulit tebal atau tidak.

9 dari 9 halaman

Beli Ketika Musim Semangka

Tips yang terakhir, yaitu belilah buah di waktu yang terbaik. Waktu terbaik untuk membeli buah semangka adalah selama musim puncaknya.

Biasanya waktu ini berlangsung selama bulan Mei-September. Kamu bisa membelinya di waktu tersebut agar buah masih memiliki kualitas yang bagus dan baik.

Selain itu, dengan membeli semangka selama musim panen akan dapat dengan mudah mendapatkan rasa yang manis dan segar. Kamu juga bisa mendapatkan harga buah yang lebih terjangkau.

Itulah beberapa tips memilih buah semangka yang manis. Bisa kamu praktikkan saat akan membelinya di pasar atau supermarket yang menjual buah-buahan. Selamat mencoba!


Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar