Cara Membuat Pasta Macaroni dan Coklat dengan Saus Sederhana yang Enak Bikin Nagih

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 13 Mei 2020 02:49
Cara Membuat Pasta Macaroni dan Coklat dengan Saus Sederhana yang Enak Bikin Nagih
Olahan enak bisa dibuat dengan resep cara membuat pasta macaroni dan coklat berikut ini. Moms juga bisa kok sekalian membuat saus pasta gurihnya!

Cara membuat pasta sangatlah mudah Moms. Banyak sekali jenis pasta mulai dari masta macaroni, saus tomat, dan coklat manis. Untuk membuat coklat macaroni sendri, Moms tentunya harus menyiapkan bahan macaroni serta bahan saus dengan ciri khas bahan oregano serta basilnya. Pasta macaroni akan semakin nikmat dengan parutan keju permanen.

Pasta sendiri secara umum merupakan olahan makanan untuk masakan khas Italia. Nah, pasta ini biaanya dibuat dari bahan adonan tanpa ragi, dari tepung gandum yang dicampur air dan telur. Di Indonesia pasta yang terkenal adalah spageti, lasagna, dan makaroni. Pata sendiri juga banyak jenisnya loh Moms, mulai dari vermiseli, fetucini, fusilli, penne, ravioli, dan sebagainya. Dalam artian yang lebih luas lagi, pasta dapat diartikan sebagai semua adonan seperti adonan roti, pastry, atau cake.

Moms juga bisa loh membuat pasta sendiri di rumah. Tentunya menggunakan bahan sederhana yang enak dan sangat cocok dinikmati bersama keluarga. Yap, makan enak ala restoran bisa dinikmati dengan mempraktikkan sendri resep cara membuat pasta macaroni dan coklat dengan saus sederhana yang enak bikin nagih. Berikut Diadona telah merangkumnya, selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Pasta Macaroni

Cara Membuat Pasta © Diadona

Salah satu olahan pasta yang bisa Moms buat sendiri di rumah adalah macaroni. Yap, olahan pasta ini adalah salah satu yang populer dan banyak disukai, loh. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat pasta macaroni berikut ini.

Bahan cara membuat pasta macaroni:
- 200 gram macaroni
- 1 sdm garam
- 1 sdm minyak
- 2 sdm mentega
- 2 liter air
- 1/2 buah bawang bombai iris tipis
- 6 siung bawang putih cacah halus
- 2 sdm minyak
- 250 gram daging sapi giling
- 1/2 bagian wortel ukuran besar parut halus
- 5 buah tomat lumatkan
- 1 kaleng kecil Tomato Paste
- 300 ml air
- Kaldu sapi secukupnya
- 1/2 sdt daun oregano kering
- 1/2 sdt daun basil kering
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Merica secukupnya
- Keju permanen yang diparut halus

Cara membuat pasta macaroni:

a. Cara membuat pasta macaroni pertama yang harus Moms lakukan adalah dengan menyiapkan saus bolognaise dulu. Cairkan mentega di atas wajan lalu tumis bahan bawang hingga layu. Masukkan juga bawang putih dan tumis lagi.

b. Tambahkan bahan daging kemudian tumis hingga berubah warnanya. Masukkan juga bahan wortel dan tomat yang sudah dipotong dan dilumatkan. Aduk rata bahan hingga tercampur rata.

c. Masukkan Tomate Pasta, kaldu bubuk sapi dan air. Masak lagi bahan ini hingga matang dan mendidih. Kecilkan api lalu tambahkan bumbu basil, oregano, merica, dan garam.

d. Masukkan macaroni dan tunggu hingga matang, tiriskan minyak dan tuang ke dalam mangkuk. Susun pasta di atas piring dan taburi dengan parutan keju. Pasta macaroni siap disajikan.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Saus Pasta

Cara Membuat Pasta © Diadona

Olahan pasta ala Italia akan semakin enak dengan saus tomat yang gurih, asam, dan asin. Dengan bahan oregano, daging cincang, dan beberapa bumbu bahan bawang, Moms sudah bisa membuat sendiri saus pasta kekinian. Yuk simak langsung resep cara membuat pasta untuk sausnya berikut ini.

Bahan cara membuat saus pasta:
- 1 buah bawang bombay
- 3 siung bawang putih
- 250 gram daging cincang
- 1 kaleng pasta tomat
- 6 buah tomat ukuran sedang
- Secukupnya garam
- Secukupnya gula
- Secukupnya oregano

Cara membuat saus pasta:

a. Cara membuat pasta untuk sausnya yang pertama adalah dengan kerat-kerat tomat kemudian masak di dalam air yang mendidih. Diamkan hingga kulit tomat terkelupas ya, Moms. Kupas kulit tomat setelah dingin. Blender hingga halus bahan tomat, saring dan sisihkan.

b. Tumis bahan bawang bombay dan bawang putih di atas minyak panas dalam wajan hingga harum. Masukkan daging dan masak hingga air berkurang. Masukkan juga jus tomat, tambahkan garam dan oregano.

c. Beri pasta tomat kemudian aduk rata. Masukkan gula, Moms bisa melakukan tes rasa sesuai selera, ya. Nah, rasa dari saus pasta ini lebih dominan gurih asam, dan sedikit asin.

d. Setelah bahan meletup-letup, bisa langsung matikan apinya. Masukkan dalam wadah tertutup setelah saus dingin. Saus juga bisa langsung disiramkan di atas pasta.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Pasta Coklat Sederhana

Cara Membuat Pasta © Diadona

Selain pasta dengan sausnya yang gurih, asam, dan asin, Moms juga bisa membuat olahan pasta manis dari bahan bubuk coklat. Pasta coklat ini sangat cocok dinikmati sebagai topping serta olesan kue dan cake. Simak langsung resep cara membuat pasta coklat berikut ini.

Bahan cara membuat pasta colat sederhana:
- 3 sdm tepung terigu
- 5–6 sdm gula pasir
- 1 bungkus susu kental manis, Moms bisa menggunakan susu coklat atau putih
- 3 sdm coklat bubuk
- 1 sdt vanili
- 1 sdm margarin
- 250 ml air

Cara membuat pasta coklat sederhana:

a. Masukkan semua bahan dalam panci. Jangan masukkan margarin dulu ya, Moms.

b. Aduk rata semua bahan hingga tidak ada yang menggumpal. Masak di atas kompor menggunakan api kecil.

c. Aduk-aduk bahan hingga meletup-letup dan bertektur kental padat.

d. Matikan api, masukkan margarin dan aduk cepat hingga tercampur.

e. Angkat pasta, tunggu dingin dan siap untuk digunakan.

Itulah beberapa resep cara membuat pasta macaroni dan coklat dengan saus sederhana yang enak bikin nagih. Makan olahan ala resto kekinian nggak perlu mahal. Yuk buat sendiri olahan pasta di rumah, Moms.

Beri Komentar