Cara Membuat Puding Roti Tawar Kukus Sederhana, Marie, dan Pelangi

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 6 Mei 2020 16:43
Cara Membuat Puding Roti Tawar Kukus Sederhana, Marie, dan Pelangi
Resep cara membuat puding roti tawar kukus sangat sederhana Moms. Pas banget dijadikan menu takjil. Apalagi dibuat dengan roti marie dan warna pelangi. Yuk, simak resep berikut ini!

Cara membuat puding roti ini sangatlah mudah Moms. Yap, cukup dengan menggunakan bahan serbuk agar agar yang diolah dengan gula, susu, santan, telur dan vanili. Moms juga bisa menambahkan topping coklat, keju, dan kismis sesuai selera. Dijamin, rasanya akan enak dan cocok banget disajikan dalam keadaan dingin.

Puding roti merupakan salah satu olahan puding yang umumnya berbahan roti tawar dan dibuat dengan cara dikukus atau dipanggang. Nah, cara pengolahan puding ini terlihat hampir sama dengan bolu, namun memiliki tekstur yang lebih lembab dan mudah hancur, Moms.

Moms tentunya harus membuat olahan puding roti ini di rumah. Cocok sekali dijadikan salah satu menu camilan dan kudapan sebagaoi hidangan manis keluarga. Nggak perlu bingung, langsung saja simak resep cara membuat puding roti yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Puding Roti Tawar Kukus Sederhana

Cara Membuat Puding Roti © Diadona

Puding roti pertama yang bisa Moms buat adalah dengan memanfaatkan bahan roti tawar. Yaps, pada olahan puding ini akan dimasak dengan cara dikukus sederhana Moms. Dijamin akan menghasilkan perpaduan rasa manis, dan gurih dari santannya. Yuk simak langsung resep cara membuat puding roti tawar kukus sederhana berikut ini.

Bahan cara membuat puding roti:
- 10 lembar roti tawar
- 6 sdm gula atau sesuai selera
- 2 sdm susu bubuk
- 1 liter santan
- 2 butir telur
- Coklat atau kismis secukupnya
- Keju secukupnya

Cara membuat puding roti tawar sederhana:

a. Robek atau suwir roti tawar lalu campurkan dengan bahan santan, telur, gula, dan susu bubuk. Aduk semua bahan hingga rata membentuk cairan adonan.

b. Masukkan adonan ke dalam cetakan atau cup. Beri taburan coklat, kismis, atau keju sesuai selera.

c. Kukus adonan yang telah dicetak ke dalam kukusan selama kurang lebih 30 menit.

d. Cara membuat puding roti tawar sederhana sudah selesai. Setelah matang, angkat dan siap dihidangkan.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Puding Roti Marie

Cara Membuat Puding Roti © Diadona

Selain menggunakan bahan roti tawar, Moms juga bisa membuat olahan puding roti dengan bahan marie susu. Cara membuatnya cukup mudah kok Moms. Siapkan bahan roti marie dalam dasar cetakan dan disiram dengan beberapa lapisan puding di atasnya. Cocok banget Moms dinikmati untuk menu takjil dalam kedaan dingin. Yuk, simak langsung resep cara membuat puding roti marie berikut ini.

Bahan cara membuat puding roti:
- 1 bungkus biskuit Marie Roma susu

Bahan lapisan ke-1:
- 1 bungkus agar-agar Swallow Globe warna putih
- 100 gram gula pasir
- 1 gelas air

Bahan lapisan ke-2:
- 1 bungkus agar-agar swallow globe plain
- 100 gram gula pasir
- 1 bungkus vanili bubuk
- 50 gram margarin leleh
- 2 gelas susu cair putih
- 3 butir kuning telur

Bahan lapisan ke-3:
- 1 bungkus agar-agar swallow globe plain
- 150 gram gula pasir
- 1 sdm tepung maizena
- 4 sdm coklat bubuk
- 2 gelas susu cair coklat
- Sedikit garam

Cara membuat puding roti marie:

a. Tata biskuit marie dalam loyang atau cetakan dengan rapi dan menumpuk lalu sisihkan dulu.

b. Siapkan bahan lapisan pertama dengan cara masak hingga mendiih semua bahan lapisan ke-1. Aduk rata dan angkat setelah matang.

c. Aduk-aduk bahan hingga uapnya berkurang. Tuang secara perlahan di atas permukaan lapisan biskuit.

d. Siapkan juga bahan lapisan kedua. Masak hingga mendidih bahan agar-agar, gula, susu cair dan vanili.

e. Masukkan 3 butir telur ke dalam 50 gram margarin yang telah dicairkan. Aduk rata bahan dan tuang 1 sendok sayur campuran agar-agar panas dalam adonan telur. Aduk bahan ini dengan cepat agar tidak menggumpal.

f. Tuang adonan telur ke dalam agar-agar danmasak lagi hingga matang dan mendidih. Angkat dan aduk-aduk hingga uap panasnya hilang.

g. Tuang adonan lapisan kedua ini di atas lapisan pertama secara perlahan. Sisihkan bahan lapisan ini lalu biarkan hingga dingin.

h. Siapkan bahan lapisan ketiga dengan mencampur bahan agar-agar, gula bubuk coklat, garam, dan susu cair coklat. Masak hingga mendidih.

i. Larutkan 1 sdm tepung maizena dengan sedikit air dan tuangkan larutan ini ke dalam cairan bahan lapisan ketiga. Aduk cepat hingga bahan mengental. Angkat dan aduk-aduk hingga tidak panas.

j. Tuangkan cairan adonan lapisan ketiga ini di atas lapisan kedua secara perlahan. Biarkan semua adonan lapisan ini dingin dan baru bisa dimasukkan ke dalam kulkas.

k. Cara membuat puding roti marie sudah selesai. Keluarkan lapisan yang sudah mengeras dari cetakannya, iris sesuai selera dan siap dihidangkan.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Puding Roti Pelangi

Cara Membuat Puding Roti © Diadona

Nggak hanya puding roti tawar dan marie saja, Moms juga bisa membuat olahan puding roti pelangi yang enak dengan berbagai warna yang cantik. Cara membuat puding roti pelangi ini sangatlah mudah kok. Yap, masih tetap memanfaatkan bahan roti tawar yang diblender dengan bahan susu, telur, dan vanili. Simak langsung resepnya berikut ini.

Bahan cara membuat puding roti:
Bahan A:
- 6 lembar roti tawar
- 3 bungkus vanili
- 4 saset susu kental manis putih
- 2 telur
- 2 gelas air
Blender semua bahan, sisihkan

Bahan B:
- 2 bungkus agar agar putih
- 12 sdm gula pasir atau sesuai selera
- 4 gelas air

Bahan C:
- Pewarna makanan

Cara membuat puding roti pelangi:

a. Masak semua bahan B hingga matang dan mendidih. Masak juga bahan A dalam wadah panci yang berbeda hingga mendidih lalu angkat. Bagi adonan menjadi 5 bagian, beri warna masing-masing sesuai selera.

b. Tuangkan cairan adonan ke dalam cetakan. Letakkan gelas ditengah cetakan. Tuang cairan puding di atas gelas secara perlahan satu per satu hingga habis dan tidak perlu untuk menunggu hingga membeku.

c. Angkat gelas secara perlahan dan jangan digoyang agar warna tidak tercampur. Diamkan hingga dingin dan masukkan ke dalam kulkas. Cara membuat puding roti pelangi sudah selesai dan siap untuk disajikan.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat puding roti tawar kukus sederhana, marie, dan pelangi. Cocok banget Moms dijadikan menu camilan manis dan menyegarkan di rumah. Yuk, segera praktikkan dan persiapkan bahan-bahannya, ya.

Beri Komentar