Cara Membuat Agar Agar Santan Coklat, Susu, Puding Pelangi, dan Gula Merah yang Menyegarkan

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 6 Mei 2020 19:19
Cara Membuat Agar Agar Santan Coklat, Susu, Puding Pelangi, dan Gula Merah yang Menyegarkan
Yuk Moms praktikkan resep cara membuat agar agar santan dengan bahan coklat, susu, dan gula merah ini. Moms juga bisa membuat puding pelangi yang tentunya menyegarkan. Simak resep berikut ini!

Cara membuat agar agar santan sangatlah mudah Moms. Yap, hanya dengan menggunakan bubuk agar agar kemasan yang dicampur dengan santan, gula, susu kental manis dan daun pandan untuk menambah cita rasa sedap. Semua bahan tersebut harus dimasak hingga mendidih dalam panci lalu dituangkan dalam cetakan. Agar agar santan ini akan semakin nikmat saat dinikmati dalam keadaan dingin yang menyegarkan.

Agar agar sendiri merupakan olahan olahan zat berupa gel yang diolah dari rumput laut atau alga. Nah, karena berbagai macam perkembangan dan pengaruh kebiasaan banyak sekali olahan agar agar yang dikembangkan, seperti halnya adalah olahan agar agar santan dengan rasa manis, sedap, serta bertekstur kenyal dan menyegarkan ini.

Moms harus membuatnya sendiri di rumah. Cocok sekali Moms dijadikan olahan pencuci mulut yang menyegarkan. Bisa juga dihidangkan sebagai sajian saat berbuka puasa. Yuk, langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat agar agar santan coklat, susu, puding pelangi, dan gula merah menyegarkan yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Puding Agar Agar Santan Coklat Susu

Cara Membuat Agar Agar Santan © Diadona

Agar agar santan pertama yang bisa Moms buat di rumah adalah dengan memanfaatkan bahan coklat dan susu. Perpaduan rasa coklat susu dalam agar agar puding ini sangat sayang jika dilewatkan. Yuk Moms langsung saja deh simak resep cara membuat agar agar santan puding coklat susu berikut ini.

Bahan cara membuat puding agar agar santan coklat susu:
- 1 bungkus agar agar swalow warna coklat
- 1 bungkus agar agar swalow tanpa warna
- 200 gram gula pasir atau sesuai selera
- 75 gram coklat bubuk
- 2 lembar daun pandan
- garam secukupnya
- Vanili bubuk secukupnya
- 250 ml santan
- 6 gelas belimbing air
- 4 sdm susu kental manis

Cara membuat puding agar agar santan coklat susu:

a. Masukkan 1 bungkus agar agar coklat, coklat bubuk, vanili, 100 gram gula pasir, 1 lembar daun pandan, garam, 3 gelas air, 2 sdm susu kental manis dan 125 ml santan. Masak dalam panci hingga matang dan mendidih.

b. Masukkan ke dalam loyang atau cetakan lalu tunggu hingga 45 menit. Masak juga puding yang berwarna putih dengan bahan sisanya. Lakukan hal yang sama seperti memasak puding yang berwarna coklat tadi.

c. Jika sudah matang, maka bisa dituangkan di atas puding warna coklat yang sudah mengeras. Biarkan dingin dan masukkan ke dalam kulkas. Cara membuat agar agar santan coklat sudah selesai dan siap untuk disajikan.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Agar Agar Santan Pelangi

Cara Membuat Agar Agar Santan © Diadona

Moms juga bisa loh membuat agar agar santan pelangi dengan warna cantik. Yap, dijamin semua akan suka, deh. Rasa manis, kenyal dan menyegarkan ini akan semakin nikmat dengan berbagai perpaduan tampilan warna puding yang cerah. Yuk, simak resep selengkapnya cara membuat agar agar santan pelangi berikut ini.

Bahan cara membuat agar agar santan pelangi:
Bahan lapisan pertama:
- 1 bungkus sebuk agar-agar
- 120 gram gula pasir
- 5 lembar daun pandan
- 1 liter air

Bahan lapisan kedua:
- 1 bungkus sebuk agar-agar
- 120 gram gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1 liter santan dari 1 butir kelapa

Bahan pelengkap:
- Pewarna makanan sesuai selera

Cara membuat agar agar santan pelangi:

a. Siapkan cetakan agar agar santannya. Moms bisa menggunakan loyang atau wadah bersih, ya.

b. Masak seluruh bahan agar agar lapisan pertama dan kedua secara terpisah. Masak sambil diaduk perlahan hingga merata, gula larut, dan mendidih.

c. Diamkan beberapa saat hingga uap panasnya menghilang. Tuang perlahan bahan agar agar pada wadah terpisah ukuran 250 ml.

d. Beri pewarna dan aduk segera hingga seluruh bahan tercampur. Selanjutnya, tuangkan adonan tersebut di dalam loyang atau wadah.

e. Lakukan hal yang sama untuk cairan agar agar yang tidak mengandung santan. Campurkan bahan pewarna yang berbeda lalu aduk hingga merata.

f. Setelah adonan agar agar yang telah dituangkan dalam cetakan tadi mengeras, masukkan campuran bahan kedua tadi di permukaan atasnya.

g. Lakukan hal yang sama hingga seluruh adonan habis serta gunakan jenis warna yang berbeda di setiap lapisan sesuai keinginan.

h. Diamkan adonan pada loyang atau cetakan hingga uap panas hilang. Masukkan ke dalam kulkas supaya tekstur agar agar menjadi kenyal. Cara membuat agar agar santan pelangi sudah selesai dan siap dihidangkan.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Agar Agar Santan Gula Merah

Cara Membuat Agar Agar Santan © Diadona

Rasa khas agar agar santan akan semakin sedap dengan menggunakan bahan pemanis gula merah. Dijamin Moms akan suka dengan rasa dan tekturnya yang menyegarkan. Simak langsung resep cara membuat agar agar santan gula merah berikut ini.

Bahan cara membuat agar agar santan gula merah:
- 2 bungkus agar agar Swallow plain
- 250 gram gula merah yang telah disisir
- 5 sdm gula pasir atau sesuai selera
- 1 bungkus bubuk vanili
- Sejumput garam
- 2 lembar daun pandan
- 2 bungkus santan instant
- 1 liter air

Cara membuat agar agar santan gula merah:

a. Larutkan bahan gula merah, gula pasir, bubuk vanili, garam dan daun pandan dengan 200 ml air. Masak bahan hingga gula larut dan mendidih. Jika sudah matang, angkat dan saring.

b. Masukkan sisa air dalam cairan larutan gula, agar-agar, dan santan. Masak lagi sambil diaduk hingga mendidih.

c. Masukkan dalam cetakan dan diamkan hingga dingin pada suhu ruangan. Masukkan ke dalam kulkas agar lebih kenyal. Cara membuat agar agar santan gula merah sudah selesai dan siap untuk disajikan.

Itulah beberapa resep cara membuat agar agar santan coklat, susu, puding pelangi, dan gula merah yang menyegarkan. Yuk Moms langsung praktikkan di rumah dan segera persiapkan bahan-bahannya, ya. Selamat mencoba!

Beri Komentar