Dapat Suntikan Dana Besar, Kopi Kenangan Auto Jadi Unicorn Baru di Indonesia

Reporter : Yoyok
Selasa, 28 Desember 2021 14:00
Dapat Suntikan Dana Besar, Kopi Kenangan Auto Jadi Unicorn Baru di Indonesia
Jumlah dana yang diterima Kopi Kenangan mencapai triliunan lho.

Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak perusahaan startup yang menjamur di tengah masyarakat. Mulai dari yang bergerak lewat digital sampai makanan (F&B).

Startup yang bergerak di bidang F&B di Indonesia dan namanya cukup dikenal adalah Kopi Kenangan. Perusahaan satu ini pun baru saja mendapatkan suntikan dana yang sangat besar.

Karena hal itu, Kopi Kenangan pun kini menjadi salah satu perusahaan unicorn di Indonesia.

1 dari 5 halaman

Kopi Kenangan mendapatkan suntikan pendanaan Seri C Tahap Pertama yang jumlahnya berkisar 96 juta Dollar atau sekitar Rp1,3 triliun.

Melalui suntikan dana tersebut, valuasi Kopi Kenangan kini telah menembus 1 miliar Dollar di mana pendanaan Seri C tersebut dipimpin oleh Tybourne Capital Management. Gak cuma dari Tybourne Capital Management, ada juga sejumlah investor yang turut andil dalam pendanaan tersebut, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

Kopi KenanganKopi Kenangan © instagram.com/@kopikenangan.id

2 dari 5 halaman

Edward Tirtanata, CEO dan juga Co-Founder Kopi Kenangan, mengklaim bahwa perusahaan yang ia pimpin berhasil menjadi New Retail F&B unicorn pertama di Indonesia dan juga Asia Tenggara.

" Merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat mengumumkan pendanaan yang menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara," ucap Edward yang dikutip dari Kompas.

3 dari 5 halaman

" Dukungan dari para investor kami, baik mereka yang telah mendukung kami sejak awal maupun para investor baru, merupakan bukti sekaligus memotivasi kami untuk terus fokus dalam meningkatkan produktivitas gerai dengan memanfaatkan teknologi demi mewujudkan pengalaman terbaik bagi setiap pelanggan," imbuhnya.

Edward juga mengatakan bahwa suntikan dana tersebut didapatkan setelah Kopi Kenangan mengukuhkan posisinya sebagai brand dengan permintaan domestik yang tinggi. Gak cuma itu, Kopi Kenangan juga hadir dengan beragam produk terbarunya, seperti brand roti bernama Cerita Roti, ayam goreng Chigo, soft-cookies Kenangan Manis, sekaligus menghadirkan berbagai inovasi baru seperti menu topping Sultan Boba.

4 dari 5 halaman

Kopi Kenangan juga tercatat memiliki pertumbuhan pendapatan yang sangat baik selama setahun terakhir. Bahkan, dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Dengan suntikan dana tersebut, Kopi Kenangan berencana untuk mempercepat ekspansi Cerita Roti dan juga Kenangan Manis ke seluruh Indonesia. Kopi Kenangan juga akan terus memperluas jaringannya sampai merambah pasar internasional.

Beri Komentar