Cara Membuat Ayam Krispi ala KFC dan Tips Rahasia Agar Tepung Renyah Berjam-Jam

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 30 Desember 2020 15:03
Cara Membuat Ayam Krispi ala KFC dan Tips Rahasia Agar Tepung Renyah Berjam-Jam
Salah satu tips dan cara membuat ayam krispi yakni penggunaan tepung maizen dan baking soda yang nggak boleh di-skip

Tepungnya keriting, berbumbu dan renyah banget dengan daging yang juicy dan lembut. Hmm.. Pernah nggak sih kamu penasaran gimana cara membuat ayam krispi yang renyah itu?

Ada banyak banget tips dan resep cara membuat ayam krispi di internet. Beberapa bahkan menyatakan resep mereka mirip banget dengan ayam dari gerai fastfood ternama. Alhasil kamu jadi bingung deh mau mau resep yang mana nih karena tentu sayang bahan-bahannya dong bila uji coba resep tersebut berakhir dengan kegagalan.

Dikutip dari berbagai sumber, langsung aja nih yuk cari tahu gimana cara membuat ayam krispi berikut ini:

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Ayam Krispi KFC

Cara Membuat Ayam Krispi © Diadona

Dua orang chef youtuber udah bocorin gimana cara membuat ayam kripsi. Ketiga menyuguhkan bahan dan cara yang kurang lebih sama kok. Secara singkat, coba deh cermati dalam uraian berikut ini:

Willian Gozali dalam akun youtube menyarankan buat memarinasi ayam dengan buttermilk, yakni susu yang telah dicampur dengan sedikit asam seperti cuka atau jeruk nipis. Buttermilk ini bakalan membuat ayam terasa empuk dan juicy.

Ada delapan macam bumbu bubuk yang ditambahkan pada campuran tepung protein sedang dan baking powder. Kunci dari cara membuat ayam krispi ala Wilgoz berada dalam proses berikut ini : angkat ayam, tiriskan sedikit, letakkan dalam tepung krispi terlebih dulu, balurkan tipis, angkat, tepuk sedikit trus masukkan dalam adonan basah, angkat, trus masukkan lagi ke adonan kering atau adonan tepung. Pijat dan cubit tepung sampai terlihat lapisan tepung yang keriting. Keberadaan lapisan tersebut bakalan menandakan tepung ayam yang krispi banget.

Sementara itu menurut Devina Hermawan, tepung untuk cara membuat ayam kripsi merupakam campuran dari tepung terigu protein sedang, tepung maizen sepertiga bagian, baking powder dan bumbu lainnya.

Masukkan ayam ke adonan basah yakni adonan tepung tak terlah diberi air, trus gulingkan ke adonan kering. Pijit-pjit sampai keriting ya. Agar tetap keriting, usahakan goyang-goyangkan ayam di minyak panas menggunakan sumpit atau capitan sebelum kemudian melepaskannya pada minyak seutuhnya. Lakukan sampai seluruh ayam tergoreng.

Lebih lengkapnya kamu bisa simak dalam ulasan berikut ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Ayam Goreng Krispi

Cara Membuat Ayam Krispi © Diadona

Atau kalau kamu masih belum puas dengan dua resep di atas,coba dh kepoin resep dan cara membuat ayam krispi dari Wardat El Ouyun berikut ini. Dijamin nih rasanya mirip banget sama KFC plus renyahnya tepung yang keriting bisa tahan hingga 8 jam lho!

Bahan A
- 1 kg ayam, potong sesuai selera
- 1 butir telur, tambahkan sedikti garam

Bumbu halus
- 10 siung bawang putih
- 1 ruas kunyit
- 1 ruas jahe
- 1/2 sdt ketumbar
- 1 sdt merica bubuk atau butiran
- secukupnya kaldu ayam
- 1 sdt garam

Bahan Tepung
- 450 gram terigu protein tinggi merk Cakra
- 150 gram maizena
- 2 sdt bubuk paprika atau bisa juga bubuk cabe merah. Kalau nggak suka pedas,skip
Kaldu bubuk secukupnya atau garam,
- 1 sdt bubuk basil, opsional
- 1 sdt bubuk oregano, opsional
- 1 sdt bubuk lada, opsional

Cara membuat ayam kripsi

Pertama, aduk seluruh bahan tepung hingg atercampur rata. Trus sisihkan.

Cuci bersih daging aya trus campur dengan bumbu halus, masukkan kulaks semalaman. Ini dilakukan biar bumbu meresap ke dalam daging ayam.

Bikin bahan pencelupnya dulu ya yakni dengan mencampurkan air es dengan 5 sdm campuran tepung. Jangan lupa tambahkan soda kue. Suhu dingin bahan pencelup bakal bikin bahan lebih menempel di ayam.

Bila sudah waktunya menggoreng, keluarkan ayam dari kulkas trus tambahkan kocokan telur dan aduk sampai rata. Selanjutnya balurkan ayam ke dalam tepung, kibas-kibaskan ayam utnuk menghilangkan tepung yang nggak menemel, trus celupkan lagi ke air es sebentar aja, trus balurkan lagi ke tepung pelapis. Dalam cara membuat ayam krspi, cubit-cubit bagian teping pelapis biar saling menempel dan keriting. Gireng dalam minyak panas berjumlah banyak sampai kuning kecoklatan.

3 dari 3 halaman

Tips dan Cara Membuat Ayam Krispi

Secara umum sih cara membuat ayam krispi hampir sama di beberapa resep. Tapi jangan ketinggalan lakukan tipsi berikut ini ya!

Lakukan dengan Segera

Dalam cara membuat ayam kripsi, usahakan waktu penepungan dilakukan sesaat sebelum digoreng. tujuannya biar tepung nggak lama didiamkan karena bikin tepung jadi keras.

Tepung Protein Tinggi

Beberapa resep mungkin menggunakan tepung protein sedang. Nggak masalah kok, hasilnya memang sama-sama krispi namun tepung terigu protein tinggi akan enghasilkan kerenyahan yang lebih lama.

Gunakan Baking Soda

Jangan ganti baking soda dengan baking powder dalam cara membuat ayam krispi ya karena baking powder akan membuat tepung jadi menggumpal.

Dua Kali Pelapisan

Cara terbaik untuk memastikan lapisan tepung menemepl sempurna di ayam adalah dengan melakukan dua kali pelapisan. Emang sih ini bakalan bikin tangan kamu jadi penuh dengan tepung-tepung tapi begitu juga dengan ayam gorengmu.

Rendam di Buttermilk

buttermilk adalah susu yang telah diberi campuran asam berupa cuka atau air jeruk nipis. Perendaman ini penting banget untuk menghasilkan ayam goreng yang gurih dan juicy karena asam dan enzim buttermilk bakalan memecah protein pada ayam dan membuatnya jadi ekstra empuk.

Goreng di Suhu Tepat

Memasukkan ayam dalam keadaan minyak kurang panas bakalan bikin lapisan tepungnya jadi berminyak. Menurut catatan dari Taste of Home, goreng di minyak panas dengan api sedang cenderung kecil, trus naikkan sedikit suhunya begitu ayam masuk penggorengan.

Jangan Sampai Wajan Penuh

Salahs atu kesalahan umum dalam cara membutat ayam krispi adalah menggorengnya terlalu banyak dalam satu wajan. Ini bakalan bikin suhu minyak turun dan berakhir dengan lapisan tepung yang basah dan berminyak

Tepung Maizena

Penambahan tepung maizena bakalan bikin lapisan tepung jadi renyah trus menghasilkan warna produk yang lebih terang. Tapi penggunaannya yang tak boleh berlebihan karena bakalan bikin gorengan jadi terasa keras.

Beri Komentar