Cara Membersihkan Udang dengan Cepat dan Tepat Sebelum Diolah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 22 Desember 2022 15:16
Cara Membersihkan Udang dengan Cepat dan Tepat Sebelum Diolah
Cara membersihkan udang yakni dengan menghilangkan kotoran yang ada di bawah kepala serta punggung udang. Cangkang dan ekor boleh dihilangkan tergantung jenis olahan

Saat membelinya di pasar, udang masih memiliki cangkang, kaki dan bagian kepala. Udang harus dicuci dan dibuang kotorannya dengan baik sebelum diolah. Memang sih udang juga bisa dijual dalam keadaan sudah dibersihkan, namun membersihkan sendiri di rumah memungkinkan kamu untuk mengambil bagian kulit dan kepalanya untuk kemudian dimasak sebagai kaldu.

Cara membersihkan udang tidak sesederhana ketika membersihkan ayam atau sayuran. Namun dengan banyak berlatih, udang bisa bersih dengan cepat dan rapi.

Sebelum diolah, udang harus dibersihkan dengan baik untuk menghilangkan kotoran dan bau amis sehingga makin sedap disantap. Amati juga ciri-ciri udang yang sudah tidak segar, yakni berbau amis menyengat, berlendir dan tubuh yang rapuh. Bila sudah demikian, sebaiknya buang udang.

Saat membersihkan udang, Buang juga bagian tubuh udang lain sesuai dengan selera dan jenis olahan, misalnya kepala, kulit, kaki dan juga ekor udang. Kotoran udang terletak pada punggung udang. Coba perhatikan di bagian punggungnya terdapat benang hitam yang memanjang dari bagian atas hingga ekor. Kotoran ini harus dibuang ketika proses membersihkan udang. Kotoran udang juga ada di bagian kepalanya.

1 dari 2 halaman

Cara Membersihkan Udang © Diadona

Apakah Kulit Udang Harus Dibuang saat Dibersihkan?

Udang kadang diolah tanpa menghilangkan bagian kulitnya. Meskipun terasa agak keras, tapi ini nggak apa-apa kok sebab tak akan menimbulkan masalah. Hanya saja ini tergantung pada resep olahan udang yang akan digunakan.

Dikutip dari Bon Appetit, begini nih cara membersihkan udang :

Bersihkan Cangkang Udang 

Pertama, lepaskan bagian cangkang. Caranya yakni gunakan kekuatan untuk menarik cangkang yang berada di sepanjang lekukan bagian dalam udang. Robek dengan menggunakan ibu jadi di bawahnya dan lepaskan cangkang seolah sedang melepas mantel pada udang. Cara membersihkan udang juga bisa dilakukan dengan menggunakan gunting kecil. Caranya, masukkan salah satu ujung bila gunting di bawah cangkang pada bagian atas lekukan, trus potong memanjang ke arah ekor. 

Bersihkan Kepala Udang

Bersihkan juga bagian kepala udang ya. Di sebelah kepala terdapat kotoran udang berwarna kuning atau sedikit kehijauan yang mudah hilang ketika bagian kepala dicabut dari tempatnya. Mencabut bagian kepala udang cukup mudah, hanya saja harus berhati-hati karena beberapa bagiannya yang tajam bisa melukai kulit jari.

Jepit bagian kepala udang dengan menggunakan telunjuk dan ibu jari, lalu putar. Cangkang kepala akan tertarik sekaligus dengan bagian kotorannya.

2 dari 2 halaman

Cara Membersihkan Udang © Diadona

Menghilangkan Kotoran Udang

Cara membersihkan udang selanjutnya yakni dengan menghilangkan kotoran yang ada di bagian punggung. Pada bagian punggung udang terdapat semacam pembuluh darah berwarna ungu atau hitam yang sebenarnya merupakan kotorannya. Pembuluh darah ini aman sih untuk dikonsumsi hanya saja tetap saja, itu adalah kotoran udang.

Untuk udang berukuran kecil, kotoran ini biasanya tak terlalu terlihat jadi bisa kamu abaian aja. Namun untuk udang berukuran besar, begini cara membersihkannya :

  • Buat irisan yang tidak terlalu dalam di salah titik pada pembuluh ini.
  • Tempatkan ujung pisau atau gunting di bawah pembuluh ini trus tarik perlahan ke atas. Hati-hati ya agar pembuluh darah ini tidak terputus.

Membersihkan Ekor Udang 

Bagian ekor ini juga bisa disisakan pada beberapa sajian misalnya udang goreng atau dibuang untuk udang yang dimasak tumis atau sup. Untuk menghilangkannya cukup mudah, yaitu cukup balikkan badan udang ingga bagian bawah menghadap ke atas. Selanjutnya tarik kaki ujung dekat kepalanya ke bawah.

Bila seluruh bagian yang ingin dihilangkan pada udang sudah terbuang, cuci udang menggunakan air mengalir bersih. Cuci dengan hati-hati karena daging udang sangat rapuh menggunakan air dingin. Jangan pakai air panas ya karena daging udang mudah sekali matang.

Setelah dibersihkan, udang siap diproses dengan berbagai resep olahan udang.

Beri Komentar