7 Cara Memasak Keong Sawah Agar Tidak Amis, Siap Diolah Jadi Hidangan Lezat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 22 Desember 2022 14:31
7 Cara Memasak Keong Sawah Agar Tidak Amis, Siap Diolah Jadi Hidangan Lezat
Agar tidak amis, keong sawah harus dikucuri jeruk nipis atau cuka lalu dicuci berulang dan direbus dengan rempah.

Keong sawah banyak dikonsumsi oleh masyaakat secara luas di berbagai wilayah Asia Tenggara. Menurut literatur, keong sawah adalah sejenis siput air tawar dan keberadaannya mudah ditemukan di sawah. Bentuknya menyerupai siput namun dengan cangkang yang berwarna hijau sampai hitam pekat.

Seperti namanya, keong sawah hidup di parit sawah sebaga hama bagi tanaman. Umumnya keong mas merusak tanaman padi yang baru ditanam dengan cara memarut jaringan tanaman lalu memakannya.

Kandungan gizi keong sawah tuh bagus banget karena memiliki protein yang tinggi hingga sekitar 15%. sementara itu kandungan lemaknya sekitar 2.4%. Keong sawah dikenal juga dengan sebutan tutut. Keong sawah memiliki rasa manis dan kenyal, mirip seperti kerang laut. Keosng sawah biasa dimasak dengan cara ditumis sebagai lauk atau jadi jajanan pinggir jalan.

Keong sawah biasanya kotor dan penuh lumpur, sehingga rawan membawa parasit, bakteri, bahkan pestisida yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sama seperti bahan protein nabati lainnya, keong sawah juga memiliki bau amis alami yang akan mengganggu cita rasa masakan bila tak dibersihkan secara tepat. Bila kamu berniat mengolahnya, cari tahu dulu nih bagiamana cara memasak keong sawah agar tidak amis seperti yang Diadona kutip dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 3 halaman

Cara Memasak Keong Sawah agar Tidak Amis © Diadona

Kucuri dengan Cuka atau Jeruk Nipis

Menambahkan bahan asam sudah dikenal sebagai cara untuk mengurangi bau amis pada berbagai bahan masakan, contohnya ayam, membersihkan amis pada ikan, udang. Sumber asam yang digunakan juga beragam, mulai dari cuka, jeruk nipis, jeruk lemon.

Cuci dan Bilas Berulang Kali

Keong yang masih bercangkang sebaiknya dicuci dan dibilas berulang kali. Gosok bagian cangkangnya sesekali dengan menggunakan tangan sampai benar-benar bersih. Kamu mungkin  memerlukan tiga sampai empat kali pencucian berulang agar bagian  cangkang benar-benar bersih dari pasir atau lumpur.

Rendam di Air Bersih

Agar lumpur dan pasir pada keong sawah hilang secara maksimal, rendam keong sawah dengan air bersih selama minimal 2 jam atau bisa juga semalaman. akhiri prendaman dengan menggosok bagian cangkangnya hingga bersih.

2 dari 3 halaman

Rebus dengan Garam

Keong selnajutnya bisa direbus. didihkan air di panci lalu tambhakan edikti garam. Masukkan keong sawah dan rebus selama kurang lebih 30 menit.

Ambil Daging dengan Garpu

Setelah direbus, dinginkan keong sawah. Cungkil bagian dagingnya dengan menggunakan garpu. Keosng sawah memilih benjolan berwarna oren kehitaman yang terletak di bagian tengah daging yang mengandung racun. Bila termakan, bagian ini bisa menyebabkan mual, pusing atau sakit. Jadi jangan lupa buang bagian ini ya!

Langkah-langkah tersebut dilakukan bila kenog sawah yang kamu miliki masih berada dalam cangkang. Namun untuk keong sawah yang sudah tak bercangkang, cara membersihkannya adalah sebagai berikut ini:

3 dari 3 halaman

Lumuri dengan Cuka atau Jeruk Nipis

Semua jenis ikan atau bahan laut berbau amis karena mengandung zat yang disebut dengan amina. Zat ini akan hilang bila terkena asam. Makanya itulah kenapa dalam cara memasak keong sawah agar tidak amis, digunakan bahan asam untuk menghilangkan baunya seperti cuka, jeruk nipis atau lemon. Diamkan selama kurang lebih 20 menit menunggu asam bekerja. Pastikan untuk membilas dengan bersih sesudahnya ya agar asam tidak tertnggal dan mengganggu cita rasa masakan.

Rebus Keong Berulang

Selanjutnya didihkan air dan masukkan keong, rebus selama kurang lebih 10 menit. Kemudian matikan api, buang air rebusan dan ganti dnegan air baru. Lalu rebus kembali keong sawah dengan tambahan bumbu rempah misalnya potong jahe geprek atau daun salam. Rebus selama kurag lebih 30 menit an keosng sawah bisa diolah selanjutnya dengan bumbu masakan sesuai dengan jenis olahan seperti salah satu resep keong paling populer berikut ini :

Resep Keong Rica © Diadona

Bahan :

  • 500 gr keong
  • 5 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 3 buah cabai setan
  • 6 buah cabai rawit
  • 4 buah miri
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang daun sereh
  • lengkuas 2 jempol besar
  • 1 sacet merica / lada
  • Gula
  • Garam
  • Kecap 1 sacet kecil

Cara Membuat

  • Cuci bersih keong dengan air mengalir, potong keong dengan ukuran sesuai selera
  • Ulek bumbu halus : bawang putih, bawang merah, miri, cabai. Goreng diwajan. Tambahkan lengkuas, daun jeruk, daun salam, sereh. Goreng sampai wangi.
  • Masukkan keong yang sudah dicuci dan ditiriskan. Tambahkan lada, gula, garam, kecap manis. Koreksi rasa.

Udah tahu kan cara memasak keong awah agar tidak jadi yuk warnai meja makanmu dengan bahan tinggi protein ini.

Beri Komentar