10 Cara Ampuh Agar Makanan Tidak Didekati Semut, Pakai Bahan Alami yang Murah Meriah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 17 Oktober 2022 13:13
10 Cara Ampuh Agar Makanan Tidak Didekati Semut, Pakai Bahan Alami yang Murah Meriah
Tahu nggak sih kalau ternyata menaburkan tepung dan bubuk kopi bisa jadi cara agar makanan tidak didekati semut lho!

Apa yang paling bikin kesel ketika menyimpan makanan di meja? Yup, salah satunya adalah serangan semut. Nggak kayak tikus ataa kucing yang mencuri makanan dan membuat jumlahnya hilang dalam jumlah besar dan waktu singkat, semut merusak makanan dengan cara berbeda. Ukurannya yang kecil membuatnya sulit dihilangkan dari makanan sehingga berpotensi tertelan.

Saat semut berhasil dihempas dari makanan, boleh nggak sih makan makanan yang sudah terkena semut? Makanan yang sudah terkontaminasi semut emang nggak menginfeksi makanan secara langsung, tapi mereka juga sangat mungkin membawa penyakit bawaan. Soalnya nih kan kita nggak tau ye kan dari mana semut tersebut berasal.

Kamu penasaran nggak sih kira-kira gimana caranya gerombolan semut dapat menyerang sumber makanan?

Jadi nih semut tuh ternyata punya indera penciuman yang tajam. Kemampuan penciuman mereka lima kali lebih kuat dibandingkan serangga lainnya. Gara-gara ini deh semut jadi seolah gampang banget kan nemuin makanan.

1 dari 6 halaman

Cara Agar Makanan Tidak Didekati Semut © Diadona

Jadi nih semut tuh ternyata punya indera penciuman yang tajam. Kemampuan penciuman mereka lima kali lebih kuat dibandingkan serangga lainnya. Gara-gara ini deh semut jadi seolah gampang banget kan nemuin makanan.

Saat semut pekerja mencari makanan, mereka bakalan meninggalkan jejak feromon dari sejak dia keluar sarangnya. Setelah makanan ditemukan, dia bakalan berbalik mengikuti jejak feromon ketika dia berangkat tadi buat kembali ke sarangnya. Saat perjalanan pulang, dia naruh lebih banyak lagi feromon di jalan yang dilaluinya yang pada akhirnya bisa ditemukan oleh semut lain. Pada akhirnya, semut-semut pekerja itu langsung ninggalin pencarian acak mereka terhadap makanan dan milih buat ngikuti jejak semut yang langsung ke sumber makanan.

Selain feromon ini, semut kayu juga menggunakan ingatan visual. Jadi nih saat perjalanan pertama m,engkuti jejak feromon temannya, mereka berjalan dengan lambat karena antena yang berguna buat menangkap feromon, tertunduk ke tanah. Di perjalanan pertama ini mereka menyimpan gambar rute. Trus di perjalanan berikutnya kembali ke sumber makanan yang sama, mereka memakai landmark dan memori dari seluruh lanskap untuk menemukan jalan mereka.

2 dari 6 halaman

Semut dikenal suka sama gula. Gimana mereka bisa menemukannya?

Seperti halnya dengan serangga lainnya, semut menggunakan common sense mereka buat mendeteksi gula dan makanan jenis lain. Semut punya kemampuan buat mendeteksi zat kimia di lingkungan mereka. Ketika bahan kimia ini ada bahkan dalam konsentrasi rendah sekalipun, bau ini bisa dideteksi oleh reseptor yang mereka miliki.

Cari tahu yuk gimana aja cara agar makanan tidak didekati semut seperti yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini:

3 dari 6 halaman

Cara Agar Makanan Tidak Didekati Semut © Diadona

Gunakan Wadah Kedap Udara

Wadah kayak gini akan menjauhkan makanan dari semut. Wadah kedap udara terbuat dari kaca dan plastik dan tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Dengan cara agar makanan tidak didekati semut ini, kamu tetap bisa meletakkan makanan di meja makan dengan rapi dan cantik.

Taburi Tepung

Kalau kamu searching di internet tentang gimana cara agar makanan tidak didekati semut tuh, kamu mungkin akan menemukan banyak bahan alami sebagai jawabannya dan salah satunya adalah tepung. Tapi beneran ampuh atau cuman hoax semata?

Nggak gaes, menrut Pests Banned, naburin tepun beneran ampun buat mengusir semut dan juga membunuhnya lho. Kayak yang udah dijelasin di atas kalau feromon semut sangat berguna sebagai pemberi sinyal kemana semut harus berjalan. Nah, tepung punya kemampuan buat mengacaukan jejak semut ini sehingga mereka bingung harus kemana. Tapi kok bisa ya? Bukannya tepung nggak punya zat asam atau racun yang berbahaya?

Ternyata nih kemampuan tepung sebagai cara agar makanan tidak didekati semut yaitu ketika tepung masuk ke dalam tubuh semut, tepung bakalan bercampur dengan cairan tubuh mereka yang kemudian menyebabkannya mengembang. Ketika perut semut mengembang terlalu banyak, ia akan meledak, sehingga membunuh semut. Hmm, menarik bukan?

Meskipun sebagai cara agar makanan tidak didekati semut yang populer, belum ada nih bukti ilmiah yang mendukung pernyataan tersebut.

4 dari 6 halaman

Cara Agar Makanan Tidak Didekati Semut © Diadona

Cuka

Kalau kamu menaruh makanan di atas meja makan, coba deh bersihkan meja makan kamu menggunakan cuka. Semut nggak tahan dengan cuka dan biasanya mereka akan menjauhi area tersebut. Nggak cuman semut aja nih tapi serangga lainnya juga bakalan jauh-jauh darinya.

Sebagai cara agar makanan tidak didekati semut, gunakan campuran cuka/air 1 banding 1 untuk membersihkan permukaan yang keras, termasuk lantai dan meja, di mana pun semut cenderung berkeliaran. Ketika smeut mendekta, semprot semut menggnakan semprotan campuran air dan cuka lalku bersihkan dengan lap atau tissue. Tenang aja, bau cuka gampang hilang dan nggak mengganggu makanan kok.

Lemon

Nggak cuman cuka, lemon juga bisa sebagai cara agar makanan tak didekati semut dengan cara yang sama. Proses yang terjadi yakni bau asam lemon akan menutupi feromon dan menghilangkan jejak makanan. Campirkan satu bagian lemon dengan tiga bagian air trus gunakan sebagai semprotan.

5 dari 6 halaman

Minyak Peppermint

Minyak peppermint mengandung mentol, senyawa yang dikenal dapat mengusir berbagai serangga – termasuk semut! Caranya yakni dengan meneteskan minyak pepperment ini di sepnajang jalan yang akan dilewati semut dalam rangka mengerubuti makananmu. Atau biar lebih irit, sapukan minyak ini di pinggir meja makan.

Sabun

Sebagai cara agar makanan tidak didekati semut, sabun bekerja dengan menghancurkan jejak aroma yang digunakan semut untuk berkomunikasi satu sama lain, sehingga semut tak bisa memanfataakannya untuk mendekati makanan. Gunakan sabun berjenis cairan pembersih dapur yang food grade ya sehingga aman untuk makanan.

Borax

Bahan kimia ini punya kemampuan buat merusak sistem pencernaan semut dan kerangka luar dari perut. Bila termakan, semut akan mati secara bertahap atau sekejap. Hati-hati menggunakannya ya dalam cara agar makanan tidak didekati semut.

6 dari 6 halaman

Wadah Berisi Air

Cara Agar Makanan Tidak Didekati Semut © Diadona

Cara agar makanan tak didekati semut ini kaykany udah buanyak banget dilakukan ya! Caranya yakni dengan menepatkan wadah makanan di wadah yang lebih besar lalu isi wadah besar tersebut dengan air secukupnya. Tujuannya biar semut nggak bisa meraih wadah makanan karena harus melewati lautan air yang bisa bikin mereka mati.

Nggak cuman bahan makanan, wadah isi air juga bisa digunakan di bawah kaki-kaki meja makan. Biar nggak malah jadi sarang nyamuk nih, ganti air tersebut secara rutin ya!

Bubuk Kopi

Kerap jadi bahan perawatan kecantikan, bubuk kopi juga bisa sebagai cara agar makanan tidak didekati semut nih! Penjelasan ilmiah kenapa bubuk kopi bikin semut ngacir sih belum ditemukan yah, namun beberapa pembuktian sudah mengarahkan pada kebenaran teori tersebut. Saat bubuk kopi ditaburkan di dekat makanan, semut akan berjalan ke arah mereka trus putar balik. Menjanjikan sekali bukan?

Kapur Semut

Ini adalah cara yang simple, efektif dan juga murah untuk menghindarkan semut dari area makanan. Cara penggunannya cukup dengan menarik garis menggunakan kapur di area yang sering didatangi semut. Untuk melindungi makanan, tuliskan kapur semut mengelilingi area makanan. Atau agar tak menganggu penyajiannya, kamu bisa menggoreksan garis kapur semut pada bagian kaki meja.

Ternyata banyak baget kan cara agara makanan tidak didekati semut? Kamu tertarik pengen nyoba yang mana nih?

Beri Komentar