5 Tips Agar Mie tidak Lengket dan Lembek saat Dimasak, Mudah banget Tenyata Guys

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 18 Oktober 2022 15:04
5 Tips Agar Mie tidak Lengket dan Lembek saat Dimasak, Mudah banget Tenyata Guys
Tips agar mie tidak lengket dan lembek yang bisa kamu praktikkan di rumah nih

Mie dan orang Indonesia adalah dua hal yang terpisahkan layaknya dua mata koin. Mie dimasak dengan kuah atau goreng yang penting nggak lengket dan lembek. Lantas seperti apa tips agar mie tidak lengket dan lembek saat dimasak? Gampang kok.

Mungkin kita sepakat jika mie buatan warung Burjo atau Warmindo adalah bentuk mie terbaik. Tenyata ada loh cara membuat mie dengan tekstur yang pas seperti mie Burjo. Bahkan, ada beberapa tips agar mie tidak lengket dan lembek saat Dimasak yang bisa kamu lakukan.

Diadona telah merangkum tips agar mie tidak lengket dan lembek saat dimasak. Caranya mudah banget kok. Jadi, langsung saja kita simak bareng-bareng deretan tipsnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

1. Tambahkan Tepung Beras

Tips Agar Mie tidak Lengket © Diadona

Beberapa waktu lalu viral di media sosial tentang tips agar mie tidak lengket dan lembek saat dimasak. Tips ini disampaikan oleh akun Twitter @lintingdhewek. Jadi tipsnya adaah dengan memberi tepung beras sedikit pada air rebusan mie.

Alasannya adalah minyak pada mie tidak lepas dan mie tidak akan menyerap banyak air. Jadinya mie akan lebih kenyal dan pastinya tidak lembek. Oh iya, akun tersebut ternyata adalah miliki orang yang dulunya pernah bekerja sebagai penjual mie.

2. Tambahkan Minyak

Tips agar mie tidak lengket dan lembek saat dimasak atau direbus yang kedua adalah dengan memberikan minyak. Jadi air rebusan yang digunakan harus dikasih minyak. Bebas, bisa menggunakan minyak goreng, minyak zaitun, atau pun minyak sayur.

Jangan lupa gunakan minyak yang baru ya jangan minyak bekas memasak. Pasalnya, nanti akan sedikit mempengaruhi citarasa dari mie yang direbus.

2 dari 4 halaman

3. Durasi Merebus

Tips Agar Mie tidak Lengket © Diadona

Tips agar mie tidak lengket dan lembek yang selanjutnya adlah terletak di di durasi merebus. Yang jelas jangan rebus mie berlama-lama karena hanya akan merusak tekstur mie. Pun, setelah dimasak agar hendak disantap agar mie tidak mengembang.

Oh iya, ketika hendak memasak mie pastikan kamu memasukkan mie saat air benar-benar mendidih. Jadinya, kamu tidak perlu memasak mie terlalu lama. Untuk merebusnya maksimal waktu yang dibutuhkan sekitar 3-5 menit.

4. Gunakan Air Dingin

Selanjutnya untuk tips agar mie tidak lengket dan lembek saat direbus adalah dengan menyiramnya dengan air dingin. Begini maksudnya, didihkan air untuk merebus mie lalu rebus mie hingga setengah matang. Jika sudah, tiriskan mie dan masukkan ke dalam mangkok atau wadah yang berisi air dingin.

Nah, kemudian aduk rata dan di sini lah mie akan terpisah. Lalu, kemudian kamu bisa merebus lagi mie sebentar saja dan bisa langsung dicampung dengan bumbu dan siap untuk disantap.

3 dari 4 halaman

5. Olesi dengan Minyak

Tips Agar Mie tidak Lengket © Diadona

Tips agar mie tidak lengket dan lembek yang terakhir adalah mengolesi mie dengan minyak setelah direbus. Jadi kamu tidak perlu memasak mie berlama-lama kemudian tiriskan.

Tetap, usahakan untuk menggunakan minyak yang baru. Lalu, aduk mie dengan minyak dengan merata agar mir tidak lengket.

Jadi itulah beberapa tips agar mie tidak lengket dan lembek saat dimasak. Semua tip di atas bisa kamu coba dan pilih mana yang hasilnya paling yahud. So, selamat mencoba ya Diazens!

Beri Komentar