5 Ciri Makanan Basi yang Bisa Bikin Keracunan, Jangan Dimakan ya!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 10 Oktober 2022 21:55
5 Ciri Makanan Basi yang Bisa Bikin Keracunan, Jangan Dimakan ya!
Berlendir dan berbau adalah salah satu ciri makanan basi yang nggak boleh dikonsumsi.

Nggak cuman gimana mengolahnya dengan benar agar enak disantap, menyiapkan makanan juga harus dilengkapi dengan pengetahuan agar makanan aman dikonsumsi. Salah satunya dengan tahu gimana ciri makanan basi agar tak masuk ke dalam sistem pencernaan kita dan bikin masalah kesehatan.

Umumnya nih makanan jadi akan aman disimpan di suhu ruang selama beberapa jam tergantung pada bahan dan cara mengolahnya. Makanya nih ibu-ibu suka menyimpan makanan sisa ke dalam kulkas atau dihangatkan kembali, bukan? Nah tapi kadang nih sudah terlambat. Makanan terlanjur basi dan kudu dibuang. Gimana ciri makanan basi ini?

Dikutip dari berbagai sumber, kondisi berikut ini menjadi ciri makanan basi dan nggak boleh dikonsumsi lagi.

1 dari 3 halaman

Berbau

Ciri Makanan Basi © Diadona

Salah satu cara yang efektif sekaligus merupakan ciri makanan basi yang paling mudah diketahui adalah melalui bau. Umumnya sih setiap makanan punya bau khas yah tapi ketika basi, bau yang keluar cenderung tak sedap. Kadang bau tersebut tercium dalam jarak dekat tapi ada juga nih yang cukup strong sehingga tercium oleh orang-orang di sekitarnya.

Penasaran nggak kenapa bau ini muncul?

Jadi nih makanan bisa jadi basi karena adanya pertumbuhan mikroba pembusuk seperti bakteri, ragi dan jamur. Nah bau sebagai ciri makanan basi ini berasa dari dua sumber, yakni bahan kimia yang dilepaskan dari makanan saat mikroba menguraikannya, atau bahan kimia yang diproduksi langsung oleh mikroba itu sendiri.

Dan bau dari makan basi itu juga beda-beda lho. Misalnya nih bakteri penyebab susu basi mengeluarkan bau asam seperti strawberry sementara beberapa mikro lainnya ngasih bau busuk seperti belerang. Penting banget nih mengenali bau-bau tak sedap ini sebagai alarm awal kalau makanan udah nggak boleh dimakan lagi.

2 dari 3 halaman

Perubahan Tekstur

Ilustrasi memasak © Diadona

Sebagian besar makanan mengalami perubahan tekstur ketika basi. Konsistensi mereka merubah menjadi lembek, berair, lembut, cekung, melunak dan lainnya. Gimana cara mengetahui ciri makanan basi ini? Ya tentu dengan mengentuhnya menggunkan tangan telanjang.

Lapisan Lendir pada Makanan

Biasanya nih ciri makanan basi ini muncul pada jenus makanan bersantan, seperti gulai, kare, opor. Kamu bisa mengeceknya dengan menuangkan kuah trus lihat deh bagaimana konsistensinya. Kuah yang berlendir biasanya cenderung mengalir tak terputus dan juga lebih kental. Lendir ini juga biasanya akan terlihat ketika diantara bahan makanan padat yang berada di dalamnya atau di permukaan.

Kamu pasti bisa mengecek ciri makanan busuk ini dengan mudah, bukan?

3 dari 3 halaman

Rasa Asam

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Kalau kamu nggak bisa memastikan apakah makanan tersebut masih layak dikonsumsi dari ciri makanan basi di atas, well, satu-satunya cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencicipinya. Makanan yang sudah basi akan berasa lebih asam daripada makanan yag masih segar sebab kemungkinan kandungan minyak atau lemak di dalamnya telah teroksidasi dan menghasilkan asam sebagai produk akhirnya.

Ketika kamu mencicipinya dan terasa asam, langsung muntahkan makanan tersebutd an cuci mulut kamu dengan air bersih ya! Jangan ditelan please karena makanan itu udah mengandung mikroba pembusuk yang bisa bikin kamu sakit perut.

Mengental atau Menggumpal

Salah satu ciri makanan basi pada produk minuman yang gampang banget kamu temukan yakni munculnya gumpalan, salah satu contohnya yakni pada yogurt dan juga susu. Kedua jenis bahan pangan ini mengandung protein dalam jumlah tinggi yang ketika basi, protein akan rusak dan membentuk gumpalan.

Kalau makanan kau sudah menampakkan ciri makana basi di atas, langsung buang saja ya!

Beri Komentar