Beberapa Manfaat Memasak Bersama Buah Hati di Hari Libur

Reporter : Riza Umami
Senin, 14 Desember 2020 17:17
Beberapa Manfaat Memasak Bersama Buah Hati di Hari Libur
Ini manfaatnya.

Ada banyak kegiatan yang bisa ibu lakukan bersama dengan anak, salah satunya adalah memasak. Memasak bersama buah hati di hari libur atau akhir pekan tentu akan sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Selain itu, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari memasak bersama dengan anak. Dilansir dari laman klikdokter.com, berikut ini sejumlah manfaat baik dari memasak bareng-bareng sama anak.

1 dari 3 halaman

Membangun Kepercayaan Diri

Ternyata, memasak bisa meningkatkan kepercayaan diri buah hati terutama ketika Mom banyak melibatkannya ketika sedang memasak misalnya meminta anak untuk menyiapkan alat dan bahan serta ikut dalam proses pembuatan makanan tersebut.

Dengan melibatkan anak ini, berarti ibu sudah percaya kepadanya dan menunjukkan kalau anak juga bisa melakukan kerja sama dalam sebuah tim. Kemudian, saat memasaknya sudah selesai, jangan lupa untuk memuji anak agar rasa kepercayaan dirinya pun makin meningkat.

2 dari 3 halaman

Memberikan Pengalaman Sensorik

Ilustrasi Memasak Makanan Sehat © Diadona

Anak biasanya punya rasa ingin tahu yang sangat tinggi dan dia senang mengeksplorasi hal-hal baru. Bila dia belum pernah memasak, pasti akan senang saat diajak memasak dan melihat banyak bahan makanan yang baru dia lihat.

Kegiatan yang satu ini pun ternyata bisa digunakan untuk melatih kemampuan sensorik yaitu pancaindra di tubuh agar lebih peka misalnya indra pendengaran saat mendengar arahan dari ibu, indra penciuman dengan mencium aroma makanan, indra penglihatan saat memasak dan yang lainnya.

3 dari 3 halaman

Mempererat Hubungan Keluarga

Tentunya saat memasak bersama anak ini pun ibu bisa menjadi lebih dekat dengan buah hati karena menghabiskan banyak waktu ketika memasak dengannya. Makin banyak waktu yang dihabiskan dengan anak, tentu ibu akan makin dekat dengannya.

Selain itu, ibu pun bisa mulai mengajarkan anak tentang resep-resep keluarga yang sudah turun-menurun sehingga tradisi keluarga pun tak akan hilang begitu saja. Setelah masak bersama, tentunya yang paling enak makan bersama dengan keluarga dan menikmati makanan yang sedari tadi sudah dimasak bareng. Wah, seru ya.

Beri Komentar