12 Tips Supaya Anak Mau Makan Sayur dengan Lahap

Reporter : Riza Umami
Jumat, 16 Juni 2023 21:00
12 Tips Supaya Anak Mau Makan Sayur dengan Lahap
Di antara tips supaya anak mau makan sayur yakni membacakan dongeng tentang sayuran sampai memasakkan sayuran kesukaannya

Banyak anak tidak suka makan sayur karena anak tidak terbiasa dengan rasanya yang mungkin terasa asing bagi mereka. Beberapa anak bahkan menganggap sayur memiliki rasa pahit, dan ada banyak alasan lain yang membuat mereka enggan memakannya.

Sebagai orang tua, penting bagi Mom untuk mengetahui beberapa tips supaya anak mau makan sayur. Jangan biarkan pertumbuhan anak terganggu karena masalah ini.

Terdapat berbagai cara yang bisa Mom lakukan sebagai orang tua untuk membuat anak suka makan sayur. Selain itu, Mom juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mencari cara lain jika anak masih kesulitan makan sayur.

Dilansir dari laman bola.com, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan saat anak susah makan sayur atau bahkan tak menyukainya.

1 dari 12 halaman

1. Menerangkan Apa Saja Manfaat Sayur

ilustrasi anak makan © Diadona

Tips supaya anak mau makan sayur yang pertama adalah dengan menerangkan manfaatnya. Ini merupakan langkah yang penting untuk memastikan anak bisa memahami berbagai manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi sayur.

Mom dapat menjelaskan bahwa makan sayur dapat mencegah masalah sembelit dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Selain itu, jelaskan pula bahwa makan sayur dapat membuat tubuhnya menjadi lebih kuat dan membantu meningkatkan kemampuan bermain dan belajarnya.

2 dari 12 halaman

2. Menggunakan Dongeng untuk Bercerita tentang Sayur

Ilustrasi anak makan makanan sehat © Diadona

Tips supaya anak mau makan sayur yang kedua menggunakan dongeng. Mengisahkan dongeng-dongeng yang melibatkan sayur-sayuran dapat membangkitkan minat anak untuk makan sayur. Mom dapat mencari cerita tentang sayuran yang menjadi pahlawan dalam cerita tersebut.

Dengan begitu, anak dapat mengasosiasikan makan sayur dengan menjadi sehat dan kuat seperti pahlawan dalam dongeng tersebut.

3 dari 12 halaman

3. Masakin Sayuran Favorit Anak

Tips Supaya Anak Mau Makan Sayur © Diadona

Tips supaya anak mau makan sayur yang ketiga, masakin sayuran favorit anak. Sebab, percuma membujuk anak makan sayur bila anak tak menyukai rasanya, bukan? Pada tahap awal, berikan anak jenis sayuran yang ia sukai, seperti bayam atau wortel, dan masaklah sayur tersebut sesuai dengan preferensi anak, misalnya dengan merebus atau menumis.

Hindarilah jenis sayuran yang memiliki rasa pahit atau tekstur yang keras dan sulit dikunyah, karena biasanya anak tidak menyukainya. Setelah anak mulai menyukai makan sayur, barulah Mom dapat memberikan jenis atau variasi olahan sayur lain kepada mereka.

4 dari 12 halaman

4. Menggabungkan Sayur dengan Makanan Favorit

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Tips selanjutnya, Mom dapat mencampurkan sayur ke dalam makanan favoritnya. Untuk contoh, Mom bisa blender sayuran dan campurkan ke dalam adonan daging ayam dan tepung untuk membuat nugget atau bakso.

Dengan cara ini, anak akan secara tidak langsung mengonsumsi sayur dalam bentuk yang berbeda dan lebih menarik bagi buah hati.

5 dari 12 halaman

5. Ajak Anak untuk Memasak Bersama

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Selanjutnyam, Moms bisa mengajak anak untuk ikut memasak bersama. Hal ini dapat menjadi cara yang efektif agar mereka mau makan sayur.

Aktivitas memasak bersama juga dapat membangkitkan selera makan mereka. Kemungkinan besar mereka juga akan lebih menghargai makanan yang mereka bantu masak.

6 dari 12 halaman

6. Membuat Kreasi Makanan dari Sayur

Ilustrasi Sayuran © Diadona

Tips supaya anak mau makan sayur yang keenam yaitu dengan kreasikan serta masak berbagai jenis sayuran. Mom bisa mengolah sayur menjadi bentuk-bentuk unik dan menarik sehingga anak tertarik untuk memakannya.

Sebagai contoh Mom bisa menggunakan brokoli, asparagus, wortel, dan paprika, Mom dapat menyatukan semua sayuran tersebut menggunakan tusuk sate. Panggang sate sayuran tersebut dan tambahkan saus kesukaan anak. Tampilan yang unik dan kreatif dapat membuat anak tergiur untuk mencoba dan menyukai sayur.

7 dari 12 halaman

7. Makan Bareng Anak

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Tips supaya anak mau makan sayur yang ketujuh yaitu dengan mengajak anak makan bersama. Makan bareng-bareng merupakan cara yang efektif untuk membuat mereka senang makan sayur.

Saat anak makan, ikuti dan tunjukkan contoh bahwa Mom juga menikmati sayuran yang sama. Mom juga bisa menggoda anak dengan mengatakan betapa enaknya sayuran tersebut.

8 dari 12 halaman

8. Biarkan Anak Bebas Memilih

Tips Supaya Anak Mau Makan Sayur © Diadona

Tips supaya anak mau makan sayur yang kedelapan, berikan kebebasan kepada anak untuk memilih kapan ia ingin makan sayur, apakah sebelum atau setelah makan, atau bahkan sambil menikmati makanan lain.

Selain itu, izinkan juga buah hati untuk makan sayur bersama orang yang dia pilih sebagai teman makan, seperti ibu, ayah, atau kakak, atau mungkin teman dekatnya.

9 dari 12 halaman

9. Hindari Memaksa Anak

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Tips selanjutnya, jangan paksa anak ya Moms! Ternyata memaksa anak untuk makan sayur hanya akan memberikan negatif dalam jangka panjang.

Ketika anak dipaksa atau ditekan untuk makan sayur, mereka mungkin merasa terancam atau tertekan. Hal ini malah bisa membuat anak jadi trauma untuk makan sayur. Oleh sebab itu, lebih baik menggunakan cara yang lebih lembut.

10 dari 12 halaman

10. Jadikan Sayur sebagai Bagian Rutinitas Makan

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Biasakan anak untuk mengonsumsi sayur dalam setiap makan. Sediakan sayuran sebagai pilihan menu utama atau sebagai lauk pendamping.

Dengan memasukkan sayur dalam menu makanan sehari-hari, anak akan terbiasa dengan kehadiran sayur dan lebih cenderung menerimanya.

11 dari 12 halaman

11. Berikan Contoh yang Baik

ilustrasi anak makan © Diadona

Jangan lupa berikan contoh pada buah hati. Orang tua memiliki peran penting dalam membentuk kebiasaan makan anak.

Jadi, tunjukkan contoh yang baik dengan secara konsisten mengonsumsi sayur di hadapan anak. Anak akan lebih termotivasi untuk mencoba sayur jika melihat orang tuanya menikmatinya.

12 dari 12 halaman

12. Konsistensi dan Sabar

ilustrasi anak makan © Diadona

Tips supaya anak mau makan sayur yang ke-12 yaitu dengan bersabar dan konsisten. Berkembangnya kebiasaan makan sayur pada anak membutuhkan waktu dan kesabaran. Teruslah mengenalkan sayur kepada anak dengan cara yang positif.

Berikan pujian ketika buah hati mau mencoba atau menyukai sayur. Jangan menyerah jika anak menolak makan sayur beberapa kali, tetaplah konsisten dan memberikan dukungan positif.

Itulah beberapa tips supaya anak mau makan sayur yang bisa Mom lakukan. Memang tidak mudah dan butuh waktu, tetapi jangan menyerah dan terus berusaha ya Mom. Semoga ke depannya anak jadi suka makan sayur.

Beri Komentar