Kapan Sebaiknya Bayi Berhenti Dibedong?

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 7 Desember 2020 07:37
Kapan Sebaiknya Bayi Berhenti Dibedong?
Terlambat berhenti membedong bayi bisa berbahaya lho!

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan orang tua saat bayi baru lahir adalah dengan membedongnya. Membedong bayi sudah menjadi tindakan wajib yang harus dilakukan pada bayi.

Seiring berjalannya waktu, bayi akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang bisa dikatakan cukup pesat. Saat menghadapi hal ini, kita mungkin bertanya-tanya, kapan sebaiknya kita berhenti membedong bayi?

Dilansir dari Mom.com, dr. Rachel Moon yang tergabung dalam tim American Academy of Pediatrics (AAP), menjelaskan bahwa kebanyakan bayi suka dibedong karena cara itu meniru lingkungan rahim yang nyaman. Membedong bayi bisa membantu menenangkan bayi dan membuatnya tidur lebih lama.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Tapi membiarkan bayi dibedong terlalu lama juga bisa membahayakan bagi bayi. Kita tentu ingin membedong bayi dengan benar dan mengetahui kapan harus berhenti melakukannya.

Menurut AAP, sebaiknya bayi berhenti dibedong saat mereka sudah mulai berguling. dr. Moon menjelaskan bahwa bayi bisa " dengan sengaja" mulai berguling sejak memasuki usia 2 bulan.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Jadi sebaiknya kita berhenti membedong bayi pada usia itu. Jika bayi masih dibedong dan digulingkan, mereka mungkin nggak bisa berguling ke belakang, menggerakkan kepala, atau menggunakan lengan untuk mengangkat kepala.

Bahkan hal ini juga bisa meningkatkan risiko mati lemas pada bayi. Meski waktu mulai berguling pada setiap bayi berbeda-beda, namun kita harus berhenti membedongnya saat itu juga.

3 dari 4 halaman

ilustrasi bayi © Diadona

dr. Danette Glassy, ??ketua AAP bagian pendidikan usia dini dan perawatan anak, mengungkapkan bahwa membedong bayi dengan benar saat lahir bisa membantu menghibur dan menenangkan mereka untuk segera tidur. Tapi saat anak sudah tumbuh lebih besar, dia akan belajar berguling dan melepaskan bedongannya akan membuatnya lebih bebas dan terhindar dari risiko berbahaya.

Jika kita punya bayi yang suka dibedong, mungkin sulit bagi mereka untuk lepas dari kebiasaan itu. Tapi kita bisa perlahan-lahan membantunya keluar dari bedong agar anak ngga ketergantungan.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Bicara © Diadona

Berikut beberapa rekomendasi membedong bayi agar tidurnya lebih aman:

1. Selalu baringkan bayi untuk tidur telentang

2. Memastikan agar bedong nggak terlalu panas

3. Menggunakan dot, jika bayi mau

4. Pertimbangkan untuk menggunakan kipas angin di dalam ruangan untuk sirkulasi udara

5. Pastikan pinggul mereka nggak terbungkus terlalu ketat

6. Jangan pernah menggunakan selimut longgar di boks bayi, termasuk selimut bedong yang bisa lepas

7. Jangan berbagi tempat tidur dengan bayi

8. Jangan pernah menidurkan bayi di tempat lain selain di permukaan tempat tidurnya yang terpisah

9. Jangan merokok di dekat bayi

Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu ya!

Beri Komentar