Beberapa Tips Memilih Sabun Mandi untuk Si Kecil

Reporter : Riza Umami
Kamis, 3 Desember 2020 06:17
Beberapa Tips Memilih Sabun Mandi untuk Si Kecil
Ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sabun untuk anak.

Ada berbagai macam hal yang perlu ibu perhatikan untuk kebutuhan anak, bahkan yang terkecil sampai sabun mandi. Mom tentu tak boleh sembarangan dalam memilih dan membeli sabun mandi untuk si kecil karena biasanya kondisi kulitnya masih sensitif dan mudah teriritasi.

Kulit bayi ini memang jauh lebih halus dan lembut dibandingkan dengan orang dewasa. Selain itu, kulit si kecil ini memiliki beberapa sifat seperti cepat menyerap air sehingga mudah kering, pelembab alami di dalam kulit masih sedikit diproduksi, dan lebih tipis dan rapuh dibandingkan orang dewasa.

Ilustrasi Bayi Mandi

1 dari 2 halaman

Nah, tentu Mom perlu benar-benar memperhatikan dalam memilih sabun mandi untuk bayi ini. Jika ibu sampai memilih produk yang sembarangan, anak bisa saja mengalami masalah kulit seperti ruma kemerahan, kulitnya jadi kering bahkan sampai mengelupas.

Beberapa tips dalam memilih sabun mandi untuk anak, yang pertama yaitu pilihlah sabun dengan tingkat keasaman yang seimbang. Tingkat keasaman ini biasa disebut dengan pH. Kadar pH kulit bayi yaitu sekitar 5,5 - 7 sehingga ibu sebaiknya mencari sabun dengan pH yang mendekati kondisi kulit bayi tersebut.

ilustrasi bayi mandi © Diadona

Kemudian, pastikan tak ada kandungan alkohol di dalam sabun mandi anak karena alkohol ini bisa membuat kulit bayi makin kering bahkan bisa sampai iritasi. Oleh sebab itu, ibu pun harus benar-benar jeli melihat komposisi dari sabun mandi tersebut. Jangan sampai ada kandungan ethanol atau ethyl alcohol.

2 dari 2 halaman

Mom pun perlu menghindari sabun dengan zat antibakteri seperti tricolsan yang sudah tak disarankan penggunaannya oleh Food and Drug Administration. Hal ini disebabkan karena sejumlah studi mengungkapkan bahwa zat itu bisa menyebabkan infertilitas (tidak subur) dan pubertas prekoks (pubertas dini).

Terakhir, ibu sebaiknya memilih sabun yang hipoalergenik dengan kandungan canola oil dan vitamin E. Sabun mandi yang mengandung canola oil ini memang baik untuk menjaga kelembapan pada kulit bayi. Selain itu, vitamin E ini juga bermanfaat sebagai antioksidan agar kulit anak pun tidak terpengaruh dengan kondisi lingkungan di sekitarnya.

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih sabun mandi untuk anak. Semoga artikel ini bermanfaat ya Mom.

 

Beri Komentar