Citra Kirana Sudah Ajak Bayinya Naik Pesawat, Berapa sih Usia Amannya?

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 1 Desember 2020 11:37
Citra Kirana Sudah Ajak Bayinya Naik Pesawat, Berapa sih Usia Amannya?
Usia dan hal yang harus dipertimbangkan saat mengajak bayi baik pesawat.

Tepat pada 28 Agustus 2020 lalu, Citra Kirana melahirkan putra pertamanya dengan Rezky Aditya. Bayi tampan itu diberi nama Keene Atharrazka Adhitya atau yang akrab dipanggil Baby Athar.

Citra dan Rezky tentu kini sedang menikmati peran baru mereka sebagai orang tua. Kini Baby Athar telah berusia kurang lebih tiga bulan dan sedang aktif-aktifnya.

Baru-baru ini, Citra dan Rezky mengajak Baby Athar untuk pergi naik pesawat. Citra pun membagikan momen itu di akun Instagram miliknya.

1 dari 4 halaman

Baby Athar pertama kali naik pesawat

Citra Kirana © Diadona

Citra mengunggah foto dirinya bersama dengan Rezky dan Baby Athar saat sedang berada di pesawat. Dia menuliskan bahwa ini adalah momen pertama bagi Baby Athar untuk naik pesawat. Dia pun merasa gemas karena sang bayi sangat pintar dan nggak nangis sama sekali.

" Pertama kali athar naik pesawat ko cemberut nak? Hahaha gemesss...tapi athar pinter bgtt ga nangis sama sekali, waktu take off dan landing nen sama mama ketawa2 terus selama di atas awan niihh...," tulis Citra.

2 dari 4 halaman

Usia aman bagi bayi untuk naik pesawat

Baby Athar © Diadona

Dilansir dari Parents, kebanyakan dokter anak percaya bahwa bayi sudah bisa naik pesawat di usia 4-6 minggu. Tapi ini hanya berlaku pada bayi sehat yang sudah mendapat izin dari dokter.

Bayi prematur atau yang mengalami masalah pernapasan dan kesehatan lainnya, mungkin nggak direkomendasikan untuk naik pesawat. Sebaiknya jika ingin bepergian, gunakan perjalanan darat agar lebih aman.

Sementara itu, beberapa maskapai penerbangan juga punya aturan sendiri tentang hal ini. Mereka mungkin menetapkan usia minimun serta perlu surat izin dokter agar anak bisa ikut penerbangan.

3 dari 4 halaman

Hal yang perlu dipertimbangkan saat mengajak bayi naik pesawat

Citra Kirana © Diadona

Meskipun perjalanan udara umumnya aman bagi bayi, namun orang tua perlu mempertimbangkan beberapa faktor berikut:

1. Kuman dan penyakit

Banyak pesawat yang menggunakan udara resirkulasi sehingga saat ada satu orang yang terkena flu, kumannya akan disebarkan ke seluruh pesawat melalui sistem ventilasi. Hal ini mungkin nggak masalah bagi orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Namun hal ini bisa menjadi masalah bagi bayi karena sistem kekebalan tubuh mereka yang belum sempurna. Untuk itu, pastikan untuk mencuci tangan secara teratur dan hindari duduk di dekat penumpang yang sakit.

4 dari 4 halaman

2. Tekanan udara dan telinga

Tekanan kabin biasa dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat pada telinga bayi. Hal ini bisa dialihkan dengan meminta bayi menyusu atau minum saat naik dan turun.

3. Masalah pernapasan

Pesawat memiliki tekanan udara yang lebih rendah. Beberapa bayi mungkin mengalami kesulitan bernapas, terutama jika mereka lahir prematur atau punya masalah jantung, paru-paru, atau pernapasan.

4. Rewel

Suasana pesawat yang mungkin nggak biasa, serta tekanan telinga yang menyakitkan mungkin membuat bayi terkejut. Mereka bisa berteriak, menangis, dan rewel di tempat umum. Untuk itu, pastikan kita siap untuk menghadapi hal ini.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

 

Beri Komentar