Beberapa Kebiasaan Sehat Supaya Si kecil Terhindar dari Kuman Penyakit

Reporter : Riza Umami
Jumat, 4 Desember 2020 15:17
Beberapa Kebiasaan Sehat Supaya Si kecil Terhindar dari Kuman Penyakit
Kebiasaan sehat agar anak terhindar dari kuman.

Kita nggak bisa tahu kuman dan bakteri ada di mana karena memang ukurannya sangat kecil dan tak bisa dilihat dengan mata telanjang. Virus, kuman dan jamur ini bisa berada di mana pun atau di sekeliling anak yang bisa menyebabkan penyakit dan infeksi.

Mungkin ibu khawatir akan kesehatan si kecil apalagi di masa pandemi seperti ini karena anak biasanya sistem kekebalan tubuhnya belum sesempurna orang dewasa. Lantas, apa yang bisa ibu lakukan agar anak terhindar dari kuman penyakit ini?

Ilustrasi Anak-Anak

1 dari 2 halaman

Dilansir dari laman klikdokter.com, ada beberapa kebiasaan sehat yang bisa anak lakukan supaya terhindar dari kuman penyakit. Yang pertama yaitu dengan memenuhi kebutuhan gizi bagi anak dengan makan makanan yang sehat. Ibu sebaiknya memasakkan makanan yang bervariasi dari berbagai jenis makanan termasuk juga buah dan sayur untuk mencukupi kebutuhan gizi si kecil.

Selain itu, pastikan anak beristirahat dengan cukup dan nggak sampai kurang tidur karena hal ini bisa mengurangi jumlah sel daya tahan tubuh pada anak sehingga ia pun jadi lebih rentan terkena penyakit. Tentu Mom tidak mau anak sampai jatuh sakit.

Pada bayi yang baru lahir, biasanya mereka membutuhkan 18 jam tidur dalam sehari dan makin besar anak waktu tidurnya pun makin sedikit. Pada anak sekolah, biasanya mereka membutuhkan sampai 10 jam untuk tidur setiap harinya.

ilustrasi anak mandiri © Diadona

2 dari 2 halaman

Kemudian, imunisasi juga merupakan salah satu cara pencegahan penyakit yang efektif dan sangat penting untuk anak. Hal ini disebabkan karena saat anak diimunisasi, di dalam tubuhnya terbentuk sel-sel daya tahan tubuh yang bisa sangat membantu dalam menangkal bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh si kecil.

Terakhir, ibu pun harus membiasakan anak berperilaku sehat dan bersih di mana pun dia berada sejak dini misalnya dengan sering mencuci tangan, memakai masker di masa pandemi seperti ini, berolahraga dengan teratur, membuang sampah pada tempatnya, rajin bersih-bersih rumah dan masih banyak lagi. Semoga anak-anak senantiasa sehat dan terhindar dari kuman penyakit ya Mom.

 

Beri Komentar