Ini nih Waktu yang Tepat untuk Anak Mulai Les Renang

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 18 Desember 2021 07:17
Ini nih Waktu yang Tepat untuk Anak Mulai Les Renang
Kira-kira kapan ya Mom?

Berenang memiliki banyak manfaat untuk anak-anak. Olahraga yang satu ini memang makin digemari sekarang ini karena selain menyenangkan juga membuat anak makin bugar. Banyak anak mulai diajak berenang oleh orang tuanya sejak usianya masih kecil bahkan ada pula yang sejak bayi.

Sejumlah orang tua pun memilih untuk meleskan anaknya berenang sejak masih dini. Namun, perlu diperhatikan pula batasan usia minimal yang dianjurkan untuk mulai memberikan les berenang kepada si kecil.

1 dari 4 halaman

Lantas, kapan sih Mom sebenarnya waktu yang tepat  untuk mulai les renang bagi anak-anak? Kira-kira di usia berapa ya? AAP merekomendasikan anak untuk mulai pelajaran les renang yaitu di umur satu tahun.

ilustrasi anak berenang © Diadona

2 dari 4 halaman

Walau sebagian ibu mungkin berpikir anak masih terlalu kecil pada usia segitu, tetapi ternyata menurut sebuah studi terbaru belajar berenang mulai usia satu tahun hingga empat tahun dapat mengurangi risiko tenggelam.

Dilansir dari unggahan di akun Instagram @bicarasikecil, AAP tidak merekomendasikan les renang untuk anak yang masih bayi terutama di bawah satu tahun. Hal ini dikarenakan bayi belum bisa mengangkat kepala mereka dari air untuk mengambil napas waktu sedang berenang.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Berenang © Diadona

Namun, ibu bisa membantu membiasakan bayi untuk berenang yaitu dengan cara bermain air bersama buah hati di kolam renang yang dangkal. Tujuannya agar anak mulai terbiasa dengan air kolam yang dingin dan juga melihat aktivitas berenang.

4 dari 4 halaman

Kemudian, di atas usia empat tahun biasanya anak sudah siap untuk pelajaran berenang. Selanjutnya di usia lima sampai enam tahun, anak sudah bisa menguasai beberapa gerakan dasar dalam berenang.

Nah, dari ulasan ini kita jadi tahu ya Mom kapan waktu yang tepat untuk mulai memberikan les renang pada anak. Namun, kembali lagi pemberian les yang satu ini untuk anak merupakan pilihan orang tua sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi Mom dan juga buah hati.

Beri Komentar