Beberapa Hal Penting dalam Membesarkan Anak Berkebutuhan Khusus

Reporter : Riza Umami
Selasa, 14 Desember 2021 06:17
Beberapa Hal Penting dalam Membesarkan Anak Berkebutuhan Khusus
Apa saja ya?

Membesarkan anak bukanlah hal yang mudah apalagi merawat anak yang berkebutuhan khusus, tentu perlu tenaga dan kesabaran ekstra. Meski demikian, merawat anak adalah hal yang membahagiakan dan salah satu kado terindah dalam hidup.

Anak berkebutuhan khusus memerlukan perhatian ekstra dari orang tuanya untuk mendampingi dan mendukungnya dalam kehidupan sehari-hari agar mereka pun lebih percaya diri. Jangan sampai orang tua justru melukai perasaan anaknya sendiri dengan mencemooh atau hal lainnya.

1 dari 5 halaman

Anak berkebutuhan khusus ini bahkan diperhatikan oleh pemerintah. Menurut Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 10 tahun 2011, anak berkebutuhan khusus memperoleh perlindungan serta pelayanan secara penuh dari negara.

Terlebih dahulu, ibu perlu memahami anak berkebutuhan khusus. Mereka dengan kebutuhan khusus ini adalah anak dengan keterbatasan mental, fisik, sosial atau emosional yang mungkin akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Dilansir dari laman alodokter.com, ada beberapa hal penting yang perlu ibu ketahui dalam membesarkan dan mendukung anak berkebutuhan khusus. Kira-kira apa saja hal penting tersebut?

2 dari 5 halaman

Selalu Memberikan Anak Motivasi

Ilustrasi Anak dengan AutismeIlustrasi Anak dengan Autisme © https://www.shutterstock.com/g/olesiabilkei

Sangat mungkin anak berkebutuhan khusus merasa berbeda dari anak-anak sebayanya, mereka mungkin merasa stres. Apalagi kalau ada temannya yang malah membully anak karena dirinya yang berbeda, pasti anak akan makin terasa terpuruk. Oleh sebab itulah, dia sangat membutuhkan motivasi dan semangat dari orang tuanya.

3 dari 5 halaman

Sekolahkan Anak di Tempat yang Tepat

Ilustrasi Anak dengan AutismeIlustrasi Anak dengan Autisme © https://www.shutterstock.com/id/g/olesiabilkei

Untuk anak berkebutuhan khusus memang sebaiknya disekolahkan di SLB (Sekolah Luas Biasa) yang memang dikhususkan untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Selain itu, bisa juga dengan homeschooling, tergantung kondisi dan kebutuhan anak.

4 dari 5 halaman

Memberikan Anak Keterampilan Hidup

Ilustrasi Anak dengan AutismeIlustrasi Anak dengan Autisme © https://www.shutterstock.com/id/g/Doro+Guzenda

Meski banyak bergantung kepada orang tua, ibu juga perlu memberikan anak keterampilan hidup disesuaikan dengan minat dan potensinya. Ini bisa membuat anak belajar untuk mandiri karena mau tak mau tentu pada akhirnya nanti anak akan hidup tanda orang tua lagi.

5 dari 5 halaman

Bergabung dalam Komunitas Tertentu

Ilustrasi Anak dengan AutismeIlustrasi Anak dengan Autisme © https://www.shutterstock.com/id/g/Maliutina+Anna

Terakhir, ibu bisa mengajak anak untuk bergabung dalam komunitas anak berkebutuhan khusus di mana di sana anak bisa bermain dan bersosialisasi dengan anak lainnya tanpa merasa berkecil hati. Biasanya, akan banyak informasi yang didapatkan pula seputar kegiatan atau seminar yang berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus.

Beri Komentar