Bagaimana Cara Mencuci dan Menjemur Reusable Diaper dengan Benar?

Reporter : Riza Umami
Rabu, 15 Desember 2021 20:17
Bagaimana Cara Mencuci dan Menjemur Reusable Diaper dengan Benar?
Ini nih tipsnya Mom.

Reusable diaper atau yang biasa disebut dengan clodi ini memang makin menjamur. Banyak ibu yang beralih menggunakan jenis diaper yang satu ini karena bisa dipakai berulang kali dan juga banyak bayi yang cocok memakainya.

Salah satu sebabnya karena clodi ini terbuat dari kain sehingga lebih ramah untuk kulit bayi terutama yang mempunyai kulit yang sensitif. Selain itu, penggunaan clodi ini pasti akan lebih hemat di kantong.

1 dari 4 halaman

Dilansir dari laman mamaschoice.id, cara mencuci dan menjamur clodi ini perlu dilakukan dengan baik dan benar karena diaper ini akan digunakan langsung dan menempel ke area vital si kecil. Bila mencucinya tidak benar, maka reusable diapernya mungkin masih kurang bersih dan bisa menyebabkan ruam popok pada anak.

Namun, mungkin sebagian ibu masih bingung bagaimana sih cara mencuci dan menjemur reusable diaper ini dengan benar apalagi untuk yang baru pertama kali menggunakannya. Nah, berikut ini ada tips tentang bagaimana cara mencuci dan menjamur reusable diaper dengan benar.

2 dari 4 halaman

1. Bersihkan Kotoran Dulu

Ilustrasi DiaperIlustrasi Diaper © https://www.shutterstock.com/id/g/Igisheva

Biasanya anak yang minum ASI eksklusif, kotorannya jauh lebih encer daripada anak yang mengonsumsi susu formula. Ketika hendak mencuci reusable diaper, ibu sebaiknya membersihkan kotorannya dulu dengan air yang mengalir hingga bersih.

3 dari 4 halaman

2. Pakai Air Dingin Dulu Kemudian Air Hangat

Agar clodinya bisa tercuci dengan bersih, ibu sebaiknya membilasnya dengan air dingin dulu untuk menghilangkan kotoran. Setelah itu, pakaikan deterjen yang khusus bayi. Terakhir, bilas diaper dengan air hangat.

Ilustrasi DiaperIlustrasi Diaper © https://www.shutterstock.com/id/g/Goncharov_Artem

4 dari 4 halaman

3. Jemur Diaper di Tempat yang Tidak Terkena Sinar Matahari secara Langsung

Sejumlah ibu biasanya lebih memilih untuk mengangin-anginkan reusable diapernya agar lebih awet dan daya serapnya pun tetap terjaga. Namun pastikan, clodi digunakan kalau sudah benar-benar kering dan tidak setengah basah.

Itulah beberapa tips dalam mencuci dan menjemur reusable diaper. Nah, sekarang udah gak bingung lagi kan Mom? Kalau Mom tim pakai reusable diaper atau popok sekali pakai nih Mom?

Beri Komentar