Kapan Si Kecil Mengenali Namanya Sendiri? Perhatikan Tandanya

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 11 Desember 2021 17:17
Kapan Si Kecil Mengenali Namanya Sendiri? Perhatikan Tandanya
Siapa nih Mom yang suka manggil-manggil nama anaknya, tetapi bayi masih belum noleh-noleh hehe?

Mempunyai bayi newborn memang menyenangkan ya Mom apalagi melihat tumbuh kembang anak yang begitu cepat. Kalau di usia dua bulan, biasanya anak sudah bisa senyum, melihat orang dan mengikuti ke mana arahnya, genggamannya makin erat, mulai mengoceh dan masih banyak lagi.

Lalu, kapan ya kira-kira anak bisa tahu namanya sendiri? Misalnya ketika ada yang memanggil namanya, maka si kecil pun akan menoleh ke arahnya. Itu merupakan salah satu tanda saat anak sudah bisa tahu namanya sendiri.

1 dari 5 halaman

Dilansir dari laman healthline.com, mengenali namanya sendiri seperti ini adalah salah satu tonggak perkembangan bahasa bayi. Biasanya, perkembangan bahasa bayi ini mulai terjadi ketika ia berusia 4-9 bulan.

ilustrasi bayi merangkakilustrasi bayi merangkak © Shutterstock/ Nina Buday

2 dari 5 halaman

Namun, itu bukanlah patokan karena perkembangan dan pertumbuhan setiap anak bisa berbeda-beda. Oleh karena itu, Mom juga tak perlu terlalu khawatir bila pada usia 4 bulanan anak masih belum bisa mengetahui namanya sendiri.

Lantas gimana ya biar Mom tahu kalau anak sudah bisa tahu namanya sendiri? Dilansir dari laman id.theasianparent.com, ada beberapa tanda yang bisa Mom sadari ketika si kecil sudah mulai bisa mengenali namanya sendiri.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © https://www.shutterstock.com/g/famveldman

Yang pertama yaitu dari usia bayi. Biasanya, anak sudah bisa mengenali namanya sendiri di usia 4-6 bulan. Namun, ada pula yang mencapai titik ini secara konsisten di usia 7-9 bulan.

4 dari 5 halaman

Tanda yang kedua yaitu anak akan menoleh ketika ada yang memanggil namanya dan mencari sumber suara tersebut. Kalau udah begitu, tandanya anak udah bisa mengenali namanya sendiri Mom.

Untuk membantu anak agar bisa segera mengenali namanya sendiri, Mom bisa sering-sering memanggil nama anak. Pastikan konsisten menggunakan satu nama panggilan dan tidak berubah-ubah agar nama itu semakin anak kenali sebagai namanya sendiri.

5 dari 5 halaman

Ilustrasi Bayi TertawaIlustrasi Bayi Tertawa © unsplash.com / The Honest Company

Selain itu, Mom juga bisa menggunakan media cermin untuk membantu anak mengenali namanya sendiri. Ibu bisa bercermin bersama anak, lalu mengatakan pada si kecil bahwa yang ada di cermin itu adalah Mom dan dirinya sembari menyebut namanya. Semakin sering dilakukan pun akan bagus untuk anak. Itulah ulasan mengenai kapan anak mengenali namanya sendiri, semoga cukup membantu ya Mom.

Beri Komentar