Berani Jadi Ibu di Usia Muda? Pahami Dulu Untung Ruginya

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 19 Mei 2020 15:37
Berani Jadi Ibu di Usia Muda? Pahami Dulu Untung Ruginya
Yuk, pahami dulu sebelum memutuskan!

Akhir-akhir ini banyak pasangan yang memutuskan untuk menikah di usia muda. Nggak jarang mereka juga ingin segera memiliki keturunan dari pernikahan tersebut. Akhirnya banyak wanita yang sudah menjadi ibu di usia yang cukup muda.

Apakah itu adalah pilihan yang salah? Tentu kita nggak bisa langsung menyalahkan pilihan yang diambil oleh setiap orang. Punya anak merupakan keputusan yang besar dan tentunya hal itu sudah melalui diskusi dan pemikiran yang panjang dari setiap pasangan.

Jika kamu masih dalam tahap merencanakan punya anak di usia muda, dilansir dari Allwomenstalk.com, berikut beberapa keuntungan dan kerugian menjadi ibu muda yang bisa kamu pertimbangkan.

1 dari 6 halaman

Punya lebih banyak tenaga

Ilustrasi Ibu dan Bayi Berolahraga © Diadona

Nggak bisa dipungkiri bahwa usia muda membuat kita secara alami punya tenaga yang lebih banyak dibandingkan saat sudah tua. Hal ini menjadi salah satu keuntungan menjadi ibu muda. Ibu yang berusia lebih muda mungkin akan merasa lebih mudah secara fisik untuk merawat anak yang sedang aktif-aktifnya.

2 dari 6 halaman

Lebih mudah pulih

Seiring dengan bertambahnya usia, kondisi kulit seringkali menjadi kurang kencang dan membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali seperti semula. Sementara kulit di usia muda masih mampu mengatasi peregangan dengan lebih baik dan mungkin kurang rentan terhadap stretch mark. Selain itu bekas luka juga akan sembuh dengan lebih cepat.

3 dari 6 halaman

Jarak umur dengan anak nggak terlampau jauh

Wulan Guritno © Diadona

Memiliki anak di usia muda tentunya membuat jarak usia dengan anak nggak terlampau jauh. Dengan begitu kita bisa hadir sebagai sosok sahabat bagi anak dan lebih dekat dengan mereka.

4 dari 6 halaman

Kehilangan masa muda

Saat teman-teman sedang asyik bermain, mungkin menjadi ibu muda malah membuat kita harus berhadapan dengan tumpukan popok dan tangisan setiap hari. Jika belum siap untuk menghadapi hal itu sebaiknya pikirkan ulang untuk punya anak di usia muda.

5 dari 6 halaman

Dikomentari oleh orang lain

ilustrasi ibu dan bayi © Diadona

Nggak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang yang menganggap bahwa usia muda membuat kita nggak punya banyak pengalaman dalam dunia, terutama soal urusan rumah tangga. Tentunya hal ini menjadi sasaran empuk bagi orang lain untuk memberikan komentar nggak menyenangkan. Meski tentu kita harus mengabaikan komentar negatif dari orang lain, namun masih banyak orang yang sulit menghadapi kritik dan kometar kontra.

6 dari 6 halaman

Karir dan pendidikan tertunda

Jika masih ingin mengejar karir dan pendidikan, sebaiknya pikirkan lagi keputusan untuk punya anak di usia muda. Nyatanya banyak wanita yang memutuskan untuk berhenti mengejar karir dan pendidikannya setelah hamil. Selain itu akan sangat sulit juga melakukannya setelah kita punya anak. Pastinya kita akan terlalu fokus merawat anak.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian menjadi ibu muda. Semoga bisa membantu kamu untuk mempertimbangkan keputusan ya!

Beri Komentar