Kenapa ya Anak Cowok Malah Lebih Dekat dengan Ibunya?

Reporter : Audila Rima Ndani
Minggu, 17 Mei 2020 07:37
Kenapa ya Anak Cowok Malah Lebih Dekat dengan Ibunya?
Kira-kira apa ya alasannya?

Hubungan setiap ibu dan anak memang selalu punya sisi yang istimewa. Terutama hubungan ibu dan anak laki-laki mereka. Banyak yang bilang anak laki-laki biasanya lebih dekat dengan ibunya, sementara yang perempuan cenderung lebih dekat dengan sang ayah. Tapi penasaran nggak sih kenapa bisa begitu?

Dilansir dari Boldsky.com, mitos mengatakan bahwa seharusnya seorang ibu nggak terlalu dekat dengan anak laki-laki supaya mereka bisa lebih kuat, tangguh, dan mandiri. Padahal sebuah penelitian membuktikan bahwa hal itu nggak benar sama sekali.

1 dari 4 halaman

ilustrasi ibu dan anak sehat © Diadona

Ibu merupakan sosok yang kuat dalam keluarga. Jika anak laki-laki dekat dengan ibunya justru hal itu bisa membuat mereka lebih kuat dan mandiri. Makanya secara ilmiah terbukti bahwa hubungan sehat antara ibu dan anak laki-laki memiliki banyak manfaat.

Kedekatan anak dengan orang tua yang berbeda jenis kelamin dengan mereka biasanya terjadi secara alami. Misalnya, ayah akan terlihat sangat melindungi anak perempuan mereka. Sementara ibu melihat anak laki-laki sebagai sosok pria yang harus diasuh.

2 dari 4 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Pengalaman yang buruk antara ibu dan anak laki-laki bisa menyebabkan masalah perilaku pada mereka. Ketika anak laki-laki nggak mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang layak dari sang ibu maka sikap mereka akan berubah. Beberapa menjadi lebih agresif dan sulit diatur.

Penelitian bahkan telah membuktikan bahwa anak laki-laki yang memiliki hubungan nggak baik dengan orangtuanya cenderung membuat banyak masalah. Pada umumnya mereka sulit patuh pada aturan dan suka berbuat buruk. Ikatan yang baik dengan ibu bisa mencegah anak melakukan kenakalan hingga mereka dewasa.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Sementara anak laki-laki biasanya lebih dekat dengan ibu karena hal itu baik untuk kesehatan mental mereka. Bersama dengan ibu, mereka bisa terbuka secara emosional.

Anak akan lebih mudah memahami bahwa mereka nggak harus bertindak tangguh, melakukan semuanya sendiri, atau membuktikan bahwa mereka jantan di depan sang ibu. Hubungan yang akrab antara ibu dan anak laki-laki bisa membantu mereka untuk lebih mudah berteman hingga menghilangkan kesepian, depresi, dan kecemasan.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi keluarga © Diadona

Meskipun hal ini bagus tapi terkadang ada efek buruk yang bisa terjadi. Ayah terkadang bisa cemburu ketika ibu lebih memperhatikan anaknya. Ibu pun juga bisa merasa kurang mendapatkan perhatian saat anak perempuan mereka lebih mendapat sorotan.

Itu adalah kondisi yang wajar bagi psikologi manusia. Hal ini biasanya nggak terjadi secara permanen dan menghilang seiring berjalannya waktu.

Untuk itu kita harus tetap berusaha menjadi dekat dengan anak kita yang laki-laki maupun yang perempuan ya!

Beri Komentar