7 Resep Sponge Cake Lembut dan Moist Irit Bahan beserta Tipsnya Anti Gagal

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 21 November 2022 13:47
7 Resep Sponge Cake Lembut dan Moist Irit Bahan beserta Tipsnya Anti Gagal
Selain resep sponge cake yang tepat, perhatikan juga teknik pembuatannay untuk menghasilkan cake yang lembut dan lembab. Misalnya nih teknik pengaduk, mencampur adonan hingga coatingnya

Bikin kue yang sempurna merupakan sebuah seni. Misalnya nih untuk menghasilkan sponge cake yang lembut dan moist, yang dibutuhkan bukan cuman resep yang pas. Namun juga proses yang tepat. Tahukah kamu kalau bahkan teknik mengaduk adonan telur hingga cara menuangkan tepung ke dalam adonan juga sangat berpengaruh?

Secara definisi, sponge cake adalah jenis cake yang ringan dengan pori-pori yang seperti sponge. Ini adalah jenis cake paling jadul dan paling terkenal di seluruh dunia. Sponge cake biasanya digunakan sebagai dasar untuk beberapa sajian misalnya dessert box, kue ulang tahun dan lainnya. Sponge cake sangat ringan di mulut dan kualitasnya ditentukan dari kelembutan serta kelembaban teksturnya.

Cake yang moist terasa sangat nyaman dan mahal di mulut juga nggak bikin seret. Rasa yang dibawa oleh sponge cake bermain dengan indah di lidah dan ngasih pengalaman makan kue yang menyenangkan.

Jadi sebelum Diadona kasih daftar resep sponge cake anti gagal, wajib banget nih pantengin tips berikut :

1 dari 9 halaman

Pastikan Suhu yang Tepat

Dalam membuat sponge cake yang lembut, gunakan telur di suhu ruang © Diadona

Bukan hanya suhu oven yah, melainkan suhu bahan yang digunakan. Tepung dan telur harus bersuhu ruangan, sedangkan mentega leleh harus hangat atau di kisaran suhu 36-37 derajat.

2 dari 9 halaman

Aduk Tepung dan Adonan dengan Hati-hati

aduk tepung dan adonan dengan hati-hati © Diadona

Saat mencampur adonan dengan tepung, buat gerakan angka 8. Pastikan kalau kamu nggak mengaduk secara berlebihan karena ini akan membunuh gelembung udara yang sudah terbentuk di dalam adonan trus jadi bikin adonan nggak mengembang.

3 dari 9 halaman

Gunakan Buttermilk

buttermilk memecah gluten dalam tepung © Diadona

Bila dalam resep sponge cake lembut dan moist disarankan menggunakan buttermilk, maka please jangan di-skip! Karena kandungan asam yang tinggi dalam buttermilk, kue menjadi lebih lembut karena buttermilk memecah gluten dalam tepung. Jangan lupa tambahkan sedikit baking soda karena baking soda ini akan bereaksi dengan asam dalam buttermilk.

Dalam suhu ruang, kedua bahan ini akan melepaskan gas karbon dioksida yang bikin cake jadi mengembang. Baking soda juga berperan menetralkan rasa asam buttermilk.

4 dari 9 halaman

Ayak Tepung

Ayak tepung untuk menambahkan udara pada adonan © Diadona

Kamu mungkin merasa tepung yang kamu gunakan baik-baik saja kok sehingga tidak perlu mengayaknya. Eits, ternyata mengayak tepung sebelum mencampurkannya ke dalam adonan bukan cuman untuk menghilangkan bagian yang menggumpal melainkan juga menambah udara dan membuat campuran lebih ringan.

Dalam membuat resep sponge cake lembut dan moist, campur tepung dan soda kue lalu ayak. Masukkan campuran tepung ini ke dalam adonan sedikti demi sedikit.

5 dari 9 halaman

Pakai Tepung yang Tepat

Menggunakan Tepung yang Tepat Penting Banget untuk Menghasilkan Sponge Cake Lembut dan Moist © Diadona

Gunakan tepung sesuai dengan resep dan kamu boleh tambahkan tepung maizen juga kok. Dalam resep sponge cake lembut dan moist, tepung maizena bikin tektur kue jadi kenyal.

6 dari 9 halaman

Campur Telur ke Adonan dengan Tepat

Mencampur adonan putih dan kuning telur harus dilakukan dengan cara yang tepat © Diadona

Sponge cake biasanya menggunakan metode di mana putih telur dan kuning telur dikocok terpisah. Bagian putih telur dikocok hingga mengkilap dan kaku. Di wadah lain, kuning telur dikocok dengan gula sampai kental berjejak kemudian ditambahkan tepung dan mentega cair. Selanjutnya nih baru dicampur dengan adonan dari putih telur.

Metode ini menghasilkan resep sponge cake yang lembut dan moist banget. Sayangnya, ada banyak titik kritis yang harus diwaspadai mulai dari teknik mengocok kedua jenis telur hingga ketika mencampurkannya.

Bila teknik mengocok telur salah, kue menjadi lebih berat. Tekniknya adalah campur kedua jenis adonan tersebut secara perlahan ya!

7 dari 9 halaman

Pakai Sugar Syrup

Sugar Syrup © Diadona

Sponge cake yang moist awalnya bisa menjadi kering lho bila disimpan dengan cara yang tak tepat. Menyimpannya di wadah tertutup adalah solusi, tapi ada tips lain yang tak kalah penting yakni dengan menuangkan atau mengoleskan sedikit sirup gula. Bahan ini akan 'mengunci' kelembaban pada kue dan bikin sponge cake jadi tetap moist.

Nah kalau tips bikin sponge cake lembut dan moist tersebut udah dikuasai, sekarang yok lanjut ke resep sponge cake nya yuk!

8 dari 9 halaman

Resep Sponge Cake Lembut Irit Bahan

Resep Sponge Cake Lembut Irit Bahan © Diadona

Bahan :

  • 4 butir telur
  • 100 gr terigu kunci / segitiga
  • 1 saccet dancow
  • 100-120 gr gula pasir
  • Sedikit garam + vanila
  • 100 gr butter / margarin

Cara Membuat

  • Campur terigu dan susu bubuk lalu ayak dan sisihkan
  • Lelehkan butter dengan api kecil tapi jangan sampai mendidih ya lalu sisihkan.
  • Panaskan oven lalu olesi loyang dengan mentega.
  • Mixer gula, telur, garam, vanila hingga kental berjejak.
  • Masukan terigu bertahap sambail dimixer pakai speed 1 tapi jangan terlalu lama karena bisa bikin cake jadi bantet.
  • Masukkan butter leleh dan mix sebentar hingga tidak ada butter yang mengendap
  • Tuang adoan di loyang lalu oven hingga matang

9 dari 9 halaman

Resep Sponge Cake Tradisional Jepang

Resep Sponge Cake Tradisional Jepang © Diadona

Sponge cake Jepang ini adalah cake jadul di Jepang yang dulunya nih dibawa oleh pedagang Portugis di abad 16 ke Nagasaki. Sampai pada akhirnya sponge cake ini jadi kue yang sangat populer. Sebelum disantap, kue diwrap dengan cling wrap lalu disimpan selama 1-2 hari. Cara ini bikin cake jadi sangat lembab dengan rasa yang rich dan intens.

Bahan :

  • 5 butir telur ukuran segar
  • 180 gr gula pasir butiran kecil
  • 200 gr tepung kunci/segitiga
  • 80 gr susu cair
  • 20 gr air lemon/jeruk + 1/2 sdt kulit parut
  • 4 sdm madu
  • 6 sdm minyak goreng

Cara Membuat

  • Kocok telur dan gula pasir sampai putih mengembang kental
  • Turunkan kecepatan mixer, masukkan tepung sampai rata disusul dengan susu cair yang sudah ditambah dengan parutan kulit lemon. Mixer kecepatan rendah atau aduk dengan spatula sampai merata
  • Matikan mixer. Masukkan campuran minyak serta madu,aduk rata pake spatula sampai homogen
  • Aduk secukupnya jangan berlebihan
  • Masukkan dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti.
    Panggang dalam suhu 170-180 derajat sekitar 40 menit atau sesuaikan dengan oven masing-masing.
  • Setelah matang,jangan kelupas kertasnya tapi biarkan aja tetep nempe
  • Dalam kondisi panas, segera bungkus cling wrap, inapkan minimal 1-2 malem baru dinikmati. Jangan salah ya, ini ritual wajib castella jepang, dinamakan hot wrap

Tertarik membuatnya?

Beri Komentar