Anak Pertama Cenderung Jadi Sosok yang Paling Bertanggungjawab di antara Saudara-saudaranya

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 18 Mei 2020 13:15
Anak Pertama Cenderung Jadi Sosok yang Paling Bertanggungjawab di antara Saudara-saudaranya
Anak pertama harus jadi teladan kan?

Seringkali, anak pertama disebut-sebut memiliki kombinasi sifat baik. Meski terdengar menyenangkan, anak pertama justru seolah memikul beban untuk menjadi sosok yang patut diteladani oleh saudara-saudaranya.

Anak pertama biasanya dijadikan sebagai role model agar adik-adiknya pun bisa meniru hal-hal baik dari sang kakak. Perlakuan yang diberikan orang-orang terdekatnya pun pada akhirnya akan membentuk kepribadian sang anak pertama.

1 dari 2 halaman

Suatu penelitian mengungkap pengaruh urutan kelahiran terhadap kepribadian seorang anak. Melansir dari parents.com, ternyata anak pertama adalah sosok yang paling bertanggung jawab dibandingkan saudara-saudaranya.

Penelitian yang dilakukan oleh YouGov ini bahkan mengungkapkan bahwa anak pertama jauh lebih terorganisir dibandingkan adik-adiknya. Dari 1.782 warga Inggris yang menjadi responden, 54% anak sulung mengaku bahwa mereka memang memikul tanggung jawab yang lebih besar daripada saudaranya.

2 dari 2 halaman

Tak hanya dikenal sebagai pribadi yang bertanggung jawab, anak pertama juga dianggap lebih sukses dan percaya diri.

Sekitar 34% anak sulung cenderung lebih percaya diri, luwes dan terbuka dengan kehadiran orang lain. Hal ini juga yang membuat anak pertama cenderung lebih mudah meraih kesuksesan di masa depan. Sikapnya yang luwes dan percaya diri, membuat mereka lebih lihai dalam hal kepemimpinan.

Beri Komentar