Kenali Perbedaan Kepribadian Anak Laki-Laki dan Perempuan Saat Beranjak Remaja

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 3 Desember 2020 11:37
Kenali Perbedaan Kepribadian Anak Laki-Laki dan Perempuan Saat Beranjak Remaja
Yuk, pahami anak kita yang beranjak remaja!

Masa remaja merupakan masa yang membuat sebagian besar orang tua merasa khawatir. Di masa ini, anak akan mulai mencari jati diri mereka.

Nggak heran kalau anak mulai banyak melakukan kegiatan di luar rumah dan mencoba banyak hal baru. Lingkungan mereka bergaul tentu akan sangat menentukan perkembangan mereka di masa remaja.

Meski sebagai orang tua kita khawatir akan hal ini, namun sebaiknya kita nggak terlalu mengekang anak. Justru saat dikekang anak akan merasa nggak nyaman dan nggak mendapatkan kebebasan.

Yang bisa kita lakukan adalah berusaha memahami mereka. Dilansir dari Psychology Today, sebuah riset yang diterbitkan di Journal of Personality and Social Psychology, mengungkapkan ciri-ciri kepribadian remaja laki-laki dan perempuan.

Berikut beberapa perbedaan dan persamaan keduanya.

1 dari 5 halaman

Perbedaan: Kesadaran

ilustrasi remaja © Diadona

Conscientiousness adalah ciri yang menggambarkan orang yang punya disiplin diri tinggi, metodis, dan tertib. Para peneliti menemukan remaja perempuan menunjukkan tingkat kesadaran yang lebih tinggi daripada laki-laki. Anak perempuan menunjukkan peningkatan kesadaran yang lebih besar dari usia 9 hingga 13 tahun daripada pria.

2 dari 5 halaman

Perbedaan: Neuroticism

Ilustrasi Remaja © Diadona

Neuroticism menggambarkan orang-orang yang murung dan lebih mungkin mengalami emosi negatif seperti kecemasan, ketakutan, frustrasi, dan kesepian. Para peneliti menemukan bahwa anak laki-laki dan perempuan menunjukkan tingkat neurotisme yang rendah pada usia 9 tahun. Namun laki-laki yang menunjukkan lebih banyak penurunan sifat tersebut dari waktu ke waktu daripada perempuan.

3 dari 5 halaman

Kesamaan: Keterbukaan terhadap pengalaman

ilustrasi remaja sedih © Diadona

Keterbukaan terhadap pengalaman mencerminkan sejauh mana seseorang terbuka dan menerima pengalaman baru. Para peneliti menemukan sifat ini menurun secara bertahap dari usia 9 ke usia 13 tahun pada anak perempuan dan laki-laki.

4 dari 5 halaman

Kesamaan: Hubungan dengan orang lain

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Extraversion menggambarkan seberapa ramah, mudah bergaul, dan positifnya seseorang. Para peneliti menemukan ekstraversi tinggi pada saat anak laki-laki dan perempuan beranjak remaja. Meskipun hal itu menunjukkan sedikit penurunan dari usia 9 ke 13 tahun.

5 dari 5 halaman

Kesamaan: Persetujuan

Ilustrasi Ibu dan Anak Remaja © Diadona

Persetujuan mengacu pada sejauh mana seseorang itu hangat, ramah, bijaksana, dan optimis. Remaja laki-laki dan perempuan menunjukkan tingkat keramahan sedang yang meningkat secara bertahap dari usia 9 hingga 13 tahun.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar