5 Tips Agar Anak Terbiasa Ngerjain PR Sendiri

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 3 Desember 2020 07:37
5 Tips Agar Anak Terbiasa Ngerjain PR Sendiri
Latih anak jadi mandiri sejak dini.

Sebagai orang tua, kita tentu ingin anak selalu mendapatkan yang terbaik dalam segala hal. Pemikiran ini kemudian membuat banyak dari kita yang masih sering memberikan bantuan pada anak untuk urusan pekerjaan rumah dari sekolah.

Nggak tanggung-tanggung, bahkan masih ada orang tua yang mengerjakan semua PR anak-anaknya. Padahal hal ini justru bisa bikin anak ketergantungan dan nggak mandiri.

Dilansir dari Brightside, peneliti telah menemukan bahwa PR dari guru bisa meningkatkan disiplin diri dan kemampuan memecahkan masalah secara mandiri pada anak. Makanya penting untuk menciptakan lingkungan yang tepat bagi anak untuk belajar di rumah, termasuk dengan nggak terlalu menginterupsi mereka.

Berikut beberapa tips yang bisa membantu anak terbiasa mengerjakan PR sendiri.

1 dari 5 halaman

Beri ruang tertentu untuk mengerjakan PR

Ilustrasi Anak Belajar © Diadona

Ciptakan area khusus untuk belajar agar anak menjadi terbiasa. Di ruangan itu, anak harus terhindar dari gangguan, seperti TV, yang bisa merusak kinerja mereka.

Semua kebutuhan yang diperlukan saat anak belajar harus ada di tempat tersebut. Jangan lupa sediakan minum di dekatnya untuk menjaga anak tetap terhidrasi.

2 dari 5 halaman

Atur jadwal untuk mengerjakan PR

ilustrasi anak belajar © Diadona

Kita harus membantu anak membuat rutinitas dalam mengerjakan PR. Punya jadwal akan membantu anak terbiasa menyelesaikan pekerjaannya.

Misalnya, anak bisa mengerjakan tugasnya di sore hari sebelum makan malam atau sesudahnya. Dengan begitu anak akan terbiasa dengan rutinitas hariannya.

3 dari 5 halaman

Beri bantuan hanya jika anak benar-benar nggak bisa

Ilustrasi anak belajar di rumah © Diadona

Membuat anak mandiri bukan berarti dengan benar-benar tutup mata saat dia mengalami kesulitan. Saat anak benar-benar nggak bisa menyelesaikan sesuatu kita bisa memberinya sedikit bantuan.

Tapi jika kita tahu kalau mereka sepertinya bisa menyelesaikan sendiri, maka sebaiknya jangan memberi bantuan. Saat memberi bantuan, minta anak untuk menjelaskan apa yang membuat mereka bingung.

4 dari 5 halaman

Sarankan istirahat sejenak saat anak lelah

ilustrasi anak belajar © Diadona

Saat kondisi tubuh lelah, tentu akan sulit bagi anak untuk menyelesaikan tugasnya. Jika anak sedang buntu, sarankan agar dia mengambil waktu untuk beristirahat sejenak.

Para ahli menyarankan agar anak beristirahat selama 10 menit sebelum melanjutkan belajar mereka. Hal ini akan membantu mereka kembali fokus menyelesaikan tugas.

5 dari 5 halaman

Ajak anak menyusun tugas berdasarkan urutan yang diinginkan

Ilustrasi Anak Belajar Berhitung Pakai Jari © Diadona

Sangat penting untuk mendorong anak-anak menjelaskan cara berpikir mereka. Mengajak anak menyusun tugas berdasarkan urutan yang mereka inginkan akan membuat anak punya kendali atas tugas dan gaya kerja mereka sendiri.

Kita bisa mendiskusikan tugas mana yang ingin mereka selesaikan lebih dulu. Dengan begitu mereka akan merasa lebih ringan mengerjakannya.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar