Dorman Borisman Meninggal Dunia Usai Idap Diabetes, Sempat Diamputasi Hingga Alami Stroke

Reporter : Kurnia
Rabu, 8 Mei 2024 12:25
Dorman Borisman Meninggal Dunia Usai Idap Diabetes, Sempat Diamputasi Hingga Alami Stroke
Satu minggu sebelum meninggal dunia, Dorman sempat menjalani amputasi kaki

Dorman Borisman dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (7/5) pukul 19.18 WIB di usia 73 tahun. Dorman meninggal dunia di Rumah Sakit Moh Ridwan Meuraksa, Kecamatan Makasar, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Sebelum meninggal dunia, Dorman diketahui mengalami komplikasi penyakit hingga harus menjalani amputasi kaki kanan.

1 dari 5 halaman

“ Kemarin sudah diamputasi, baru dikubur (bekas amputasinya) kemarin. Belum lama ini,” kata Sukowati, istri Dorman Borisman yang dikutip pada Rabu, (8/5/2024).

Sukowati juga menjelaskan jika sang suami sudah mulai didiagnosis diabetes pada tahun 2018. Akibat penyakit tersebut, Dorman juga sempat mengalami stroke. Kondisi Dorman sempat membaik dan sudah bisa berkegiatan kembali, bahkan bisa bersepeda.

Namun, kondisi tersebut tidak berlangsung lama karena kembali mengalami stroke. Suatu ketika Dorman pingsan dan pernah menjalani perawatan intensif di Intensive Care Unit (ICU) selama tiga minggu.

2 dari 5 halaman

“ Stroke kembali yang kedua, tapi saya lupa lah di tahun berapa gitu ya terus kena lagi. Tapi yang pasti yang paling parah ini dari puasa pertama 2024 dia drop pingsan, itu di ICU itu tiga minggu,” kata Sukowati.

Sebelum itu, salah satu sahabat Dorman, Eddie Karsito menyebut jika sang aktor selama lima tahun terakhir harus bolak-balik ke rumah sakit akibat komplikasi sejumlah penyakit yang diidapnya.

Eddie sebut Dorman mengidap penyakit diabetes, stroke, dan terindikasi anemia. Selain itu, Eddie juga mengatakan penyakit stroke yang diidap Dorman sudah terjadi beberapa kali.

 

Kabar Duka, Aktor Senior Dorman Borisman Meninggal Dunia © Diadona© MEN

3 dari 5 halaman

" Abang ini (Dorman) kan pertama stroke, stroke pertama aman, stroke kedua bikin kondisinya kurang membaik lah. Ya rawat berjalan," kata Eddie.

Karena penyakitnya, Dorman sudah kesulitan untuk melakukan komunikasi verbal sejak September 2023. Dorman hanya bisa berinteraksi dengan menggunakan gesture. Selebihnya, aktor senior tersebut hanya dapat duduk, tidur, dan bangun.

Tapi masih bisa interaksi dengan gesture lah. Sejak puasa kemarin abang kondisinya makin menurun, kemudian jempol kakinya mulai bengkak dan membiru akibat gula," jelas Eddie.

4 dari 5 halaman

Selain itu, Eddie sebut jika selama bulan ramadan tahun ini kondisi Dorman semakin memburuk, bahkan sudah diamputasi. Mulanya, Dorman masih bimbang tentang keputusan untuk melakukan amputasi.

Namun setelah dipertimbangkan, Dorman akhirnya memutuskan diamputasi dan meninggal dunia sekitar satu minggu setelahnya.

“ Baru sekitar tiga hari yang lalu dioperasi, kaki yang kanan diamputasi. Dari amputasi sampai tadi meninggal di ICU. Sampai tadi abang dinyatakan meninggal," ungkap Eddie.

Beri Komentar