Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Takut Menghadapi Tantangan?

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 4 Desember 2020 07:37
Apa yang Harus Dilakukan Saat Anak Takut Menghadapi Tantangan?
Beberapa tips membantu anak menghadapi masalah.

Menjalani kehidupan nggak selalu mudah. Banyak tantangan dalam hidup yang harus kita hadapi sebagai manusia. Begitu juga dalam kehidupan anak-anak.

Orang tua memang harus mendidik anak dengan baik dan menyiapkan mereka untuk menghadapi dunia di masa depan. Namun nyatanya beberapa dari kita masih nggak tega membiarkan anak melakukan semua sendiri dan memberikan terlalu banyak pertolongan pada mereka.

Padahal hal ini bisa bikin anak jadi nggak mandiri. Bahkan bisa saja anak merasa takut untuk menghadapi tantangan dalam hidup.

Untuk itu, dilansir dari Psychology Today, berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membantu anak.

1 dari 4 halaman

Hindari memecahkan masalah anak

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Nggak ingin melihat anak merasa kesulitan adalah reaksi alami kita sebagai orang tua. Namun faktanya mempelajari keterampilan baru memang akan selalu melibatkan perasaan nggak nyaman.

Perjuangan yang nggak buruk atau berbahaya bagi anak adalah bagian dari proses belajar dalam hidup mereka. Kesulitan yang mereka alami saat mereka menghadapi tantangan adalah apa yang kita sebut stres " positif" karena itu mengarah pada pertumbuhan.

2 dari 4 halaman

Posisikan diri sebagai teman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Buat anak kita tahu bahwa kita percaya pada kemampuannya untuk belajar memecahkan masalah yang dihadapi. Kita bisa membantunya berpikir tentang masalah yang dihadapinya, namun nggak menyelesaikan masalahnya secara langsung.

Sebagai orang tua, kita harus menahan diri untuk nggak langsung memecahkan masalah yang dihadapi anak. Posisikan diri sebagai teman untuk berdiskusi dengan anak.

3 dari 4 halaman

Bantu anak memikirkan cara kreatif untuk memecahkan masalah

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Mulailah dengan menanyakan ide pada anak tentang apa yang mungkin bisa menjadi solusi unuk memecahkan masalahnya. Sebelum memberikan masukan, pastikan untuk bertanya pada anak apakah dia ingin mendengar beberapa ide untuk memecahkan masalahnya.

Meminta izin untuk memberikan masukan menunjukkan rasa hormat kita pada batasan yang dimiliki anak. Hal ini juga bisa membuatnya lebih mungkin memahami ide yang kita berikan.

4 dari 4 halaman

Berikan dukungan pada anak

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Jangan melakukan sesuatu untuk anak yang bisa dia lakukan sendiri. Menyelesaikan masalah untuknya nggak hanya membuat anak jadi nggak mandiri tapi juga kehilangan rasa percaya diri.

Biarkan anak berusaha dengan kemampuan mereka. Dengan begitu, anak akan merasa lebih kompeten dan percaya diri menghadapi tantangan.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

 

Beri Komentar